Now Reading
10 Tips Agar Rajin Menulis Di Blog Milik Kamu

10 Tips Agar Rajin Menulis Di Blog Milik Kamu

Idntifia.com10 Tips Agar Rajin Menulis Di Blog Untuk Para Blogger. Banyak sekali blogger yang ingin sukses tapi malas menulis artikel, bagaimana tips agar menjadi rajin menulis di blog kembali? Pada dasarnya semua orang mempunyai keinginan untuk mendapatkan kesuksesan, dan yang berhasil atau tidak adalah ditentukan pada prosesnya.

Seorang blogger yang menginginkan dirinya sukses, harusnya sudah tahu kalau menulis menjadi senjata utama yang bisa diandalkan. Terlebih lagi yang masih kurang paham mengenai SEO, dengan mempunyai bayak sekali artikel maka traffic blog pun akan tertolong.

10 Tips Agar Rajin Menulis Di Blog Milik Kamu

tips agar rajin menulis di blog
Ilustrasi : Foto oleh bongkarn thanyakij dari Pexels
Banyak orang yang ingin sukses termasuk dalam profesi yang satu ini, ketika ditanya apa keinginan kamu, jawabnya pun cepat sekali 
” Jadi blogger sukses!” 
Tapi ketika ditanya ” Sejauh mana potensi kamu mengenai dunia blog? 
Hal apa saja yang sudah kamu lakukan sebagai tanggungjawab atas impian kamu?
Sejenak terdiam, dan ternyata masih banyak kekurangan yang belum dilakukan. Nah salah satunya dalam hal menulis, agar kamu menjadi rajin. Yuk simak beberapa tips berikut ini.

10 Tips Agar Rajin Menulis Di Blog Milik Kamu

1. Punyai target dan tanggungjawab dalam menulis

Cobalah tekan diri kamu dengan target yang tinggi namun kamu harus tetap tanggungjawab dengan target yang sudah kamu tetapkan. Berapa artikel targetmu? 30 artikel? eh kurang, 100 artikel? masih kurang, 500 artikel? lumayan lah. Kemudian tetapkan jangka waktu yang harus kamu capai kemudian jawalkan dengan teratur setiap harinya.

2. Buang Obsesi Terhadap Uang dalam menulis

Banyak yang menjadi malas, khususnya untuk blogger pemula yang obsesi terhadap penghasilan blog, namun tidak kunjung ia dapatkan. Ini fakta dari beberapa blogger yang akhirnya stop dan usaha yang ia lakukan selama ini pun sia-sia, alhasil mimpinya tadipun cuma jadi cerita kosong yang tidak berguna.
Alihkan dulu perhatian kamu terhadap proses, karena dengan proses yang konsisten uang pun akan tertarik datang kepada kita dengan sendirinya, yakin aja dengan istilah proses tidak akan menghianati hasil. 

3. Memberi Manfaat karena menulis

Niatkan dulu pada memberi manfaat kepada orang lain. Yang namanya memberi manfaat semakin banyak yang kamu berikan, maka semakin baik. Memberikan manfaat untuk orang lain akan secara otomatis akan membuatmu lebih ikhlas dalam menulis, belum ada traffic pun santai saja, belum ada uang masuk pun santai saja, dan kamu akan tetap menulis selama itu bisa memberikan manfaat.

4. mengembangkan potensi diri dengan menulis

Dengan semakin banyak menulis kita jadi semakin paham dengan apa yang kita sampaikan, dengan semakin banyak menulis kita akan semakin luas pengetahuan. Jadikan menulismu sebagai ajang untuk meningkatkan potensi dalam diri. Semakin besar potensi dalam diri kita, maka semakin banyak pula kemungkinan kita untuk sukses. 

5. Menulislah Sesuai Dengan Yang Kamu Suka

Jika kamu malas menulis bisa jadi karena kamu tidak suka dengan apa yang kamu tulis. Ini terjadi pada blogger dengan niche tertentu. Makanya sebelum menulis juga perhatikan niche yang akan kamu muat, dan dalam niche tersebut seberapa dalam dan seberapa banyak yang akan kamu muat. Hal ini akan menjadikan kamu kaya akan ide dan juga tidak mudah bosan. 

6. Paksa Untuk Disiplin dan Konsisten untuk menulis

Disiplin menulis merupakan hal yang sulit kalau tidak dipaksa. Paksa dirimu untuk menulis minimal 1 artikel saja perhari, menulis apapun di blog kamu, meskipun hanya 1 paragraf. Namun jika melihatnya belum pantas di publish maka simpan dulu di draft, yang penting kamu menulis saja.
Lakukan itu secara konsisten setiap harinya hingga kamu berada pada titik kamu tiba-tiba menulis tanpa tidak sadar. Itu lah yang sesuai dengan ungkapan ” Latihlah sebuah kebiasaan, lalu kebiasaan itu akan mengembangkan dirimu”

7. Perluas ilmu yang sesuai niche blogmu.

Kalau saya pribadi masa bodoh dengan niche, karena memang saya ingin nya menulis apa yang saya suka aja atau yang saya bisa sehingga tidak menjadi beban. Ketika sobat semua menentukan sebuah niche namun pengetahuan terhadap niche tersebut terbatas, maka akan kekurangan ide.
Jadi coba perdalam lagi keilmuan atau pengetahuan mengenai niche yang sobat semua tentukan, dengan begitu ide menulis akan muncul lebih banyak lagi.

8. Melihat contoh orang yang sukses karena menulis

Kita bisa mencari formula atau penyemangat menulis dengan melihat orang orang yang sukses karena menulis. Dengan begitu kita jadi punya panutan dan juga bisa mengembalikan mood kita mengenai menulis. Contohnya siapa? Ketik aja di google “orang yang menjadi sukses karena menulis” disitu lebih lengkap dan kamu bisa belajar banyak dari kisah-kisah mereka.
Setelah melihat kisah sukses para penulis, kita bandingkan dengan kita, sudah samakah? jauhkah bedanya? kita masing-masing yang nanti tahu jawabannya. Dan sudah pantaskah kita jadi sukses seperti mereka kalau kita masih malas.

9. Berkumpul dengan satu komunitas

Berkumpul dengan satu komunitas akan menyadarkan kita pada point 1 yaitu target, kemudian akan bertemu dengan orang-orang point 8 yaitu orang-orang yang bisa sukses karena menulis. Dan juga akan mengingatkan kita pada jadwal menulis jika ada banyak yang posting artikel.
Banyak sih orang yang suka nongkrong di grup, suka lihat orang yang sukses, tapi gak ngefek sama kerajinan diri. Karena tidak mau melihat dan meniru prosesnya, cuma terkagum-kagum. “Wih mantap gan” “wih keren artikelnya sudah banyak pasti view banyak tuh” “berapa gan pendapatannya?” tapi tidak mau menerapkan proses yang sudah mereka lalui, akhirnya gabung grup pun percuma.

10. Jangan Banyak Alasan untuk rajin menulis

Setiap hari kita tanyakan pada diri kita, sudah nulis belum hari ini? eh belum. Ah ntar aja lah, masih siang ini, kan begini . . . .  kan begitu . . . Coba untuk setiap kali anda bertanya apakah sudah menulis atau belum, tutuplah semua alasan yang muncul. Pokoknya gak ada alasan lagi, dan saya harus menulis.
Ini semua berlaku jika kamu ingin sukses menjadi seorang penulis. Sukses itu bukan sebuah kebetulan, setiap sukses pasti ada pengorbanan yang kita persembahkan. Malas ya kita paksa, susah ya kita paksa. Kalau sudah terbiasa nanti juga tidak akan menjadi beban lagi.
Ketika rasa malas itu muncul segera sugesti fikiran kita dengan hal-hal yang pernah membuat anda rajin. Segera sugesti fikiran kita dengan tujuan kita, target kita, tanggungjawab kita, dan yang kalah penting seberapa manfaat kita. Kalau nyatanya anda sebenarnya pandai menulis namun malas kan jadi sia-sia bakat anda yang satu ini. 
Demikian mengenai tips rajin menulis yang dapat saya tulis hari ini dan disini saya bukan bermaksud merasa paling rajin dan paling pintar sehingga mengajari anda, namun ini saya tulis juga sebagai pengingat pribadi saya, dan jika bisa memberikan manfaat ya syukur alhamdulillah. Selain itu saya selalu menerima kritik dan saran dari tulisan-tulisan yang saya buat, barangkali ada yang salah atau saya bisa mendapatkan tambahan ilmu.
 
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top