Now Reading
11 Cara Merawat Mata Agar Tidak Cepat Rabun

11 Cara Merawat Mata Agar Tidak Cepat Rabun

Cara merawat mata agar tidak cepat rabun sudah seharusnya kita lakukan sejak dini. Karena segala macam aktifitas kita sehari-hari ternyata berpengaruh. Kalau orang yang memiliki pola hidup sehat yang baik pastilah mata akan menjadi terawat dan lebih sehat. Namun sebaliknya untuk orang yang tidak berperilaku hidup sehat, maka kesehatan pun juga akan cepat menurun. 

Ini merupakan hal yang cukup penting untuk kita perhatikan. Karena yang namanya mata merupakan sebuah panca indra yang sangat vital. Sebuah organ yang sangat berharga dalam tubuh kita ini jangan sampai kita sepelekan keberadaannya. 

Salah satu gangguan mata yang sering terjadi adalah rabun, entah itu rabun dekat atau rabun jauh. Suatu kondisi di mana mata kita kita menjadi kabur saat melihat objek tertentu. Dan sebelum semuanya terlambat, yuk kita perhatikan baik-baik tips dari idntifia.com kali ini mengenai perilaku keseharian kita agar kesehatan mata tetap terjaga. 

Cara Merawat Mata Agar Tidak Rabun

Cara merawat mata agar tidak rabun

Ilustrasi menjaga kesehatan mata by pixabay

1. Lakukan proses membaca tulisan dengan benar agar kesehatan mata terjaga

Yang paling menjadikan seseorang menjadi cepat rajin adalah membaca atau melihat gambar dengan cara yang salah. Misalkan membaca sebuah tulisan terlalu dekat secara berulang-ulang atau membaca tulisan dengan jarak yang terlalu jauh.

Jadi pastikan agar Anda membaca dengan jarak yang benar dan sewajarnya saja. Kemudian hindari membaca sambil tiduran karena hal tersebut juga tidak akan bagus untuk kesehatan mata.

Selain itu hindari membaca pada ruangan yang terlalu gelap atau terlalu terang. Karena hal tersebut akan memaksa mata kita untuk bekerja keras melewati batas normal. Yang akhirnya memicu mata kita megalami gangguan rabun.

2. Kurangi bermain handphone atau laptop berlebihan

Salah satu kebiasaan orang-orang di zaman sekarang adalah bermain handphone dan juga laptop. Dan hal ini sudah menjadi rutinitas bagi sebagian besar masyarakat kita.

Namun tahukah kamu bahwa bermain handphone terlalu lama bisa merusak kesehatan mata kita. Entah itu menjadi cepat minus atau mengalami rabun.

Jadi batasilah kegiatan melihat handphone atau laptop setiap harinya. Sehingga Anda menjadikan mata bekerja sesuai dengan standart normal yang lebih sehat. 

3. Gunakan kacamata pelindung untuk mata kita

Menggunakan kacamata juga merupakan sebuah upaya yang bagus untuk merawat kesehatan mata. Meskipun Anda belum minus atau belum rabun, tidak ada salahnya untuk memakai kacamata yang netral alias kacamata biasa.

Hal ini bertujuan untuk menghalangi debu dan juga kotoran yang memungkinkan masuk ke dalam mata kita. Selain itu juga untuk melindungi mata kita dari sinar-sinar yang menyilaukan.

Terutama pada saat keluar rumah, usahakan tidak lupa memakai kacamata atau jangan lupa menggunakan helm saat berkendara.

4. Melakukan olahraga secara teratur

Olahraga akan mempengarauhi seluruh kesehatan organ yang ada pada tubuh kita. Termasuk juga akan mempengaruhi kesehatan organ mata.

Karena dengan olahraga peredaran darah kita menjadi lancar. Termasuk peredaran darah yang menuju ke kepala otak dan juga organ mata kita.

Apalagi jika rajin melakukan olahraga di pagi hari, ini juga sangat bagus untuk mata karena udara pagi yang masih segar dan bersih.

Maka dari itu jangan lupa untuk melakukan aktifitas olahraga secara rutin. Minimal lakukanlah olahraga 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

5. Minum air putih yang cukup setiap hari

Minum air putih kadang disepelekan oleh sebagian orang. Padahal minum air putih bisa menjadikan organ tubuh seseorang menjadi jauh lebih sehat, termasuk juga berpengaruh untuk kesehatan mata.

Karena dengan kandungan air yang cukup akan mejadikan seluruh organ kita akan bekerja secara maksimal. Termasuk dalam melakukan suplly nutrisi untuk mata kita dari makanan yang kita konsumsi.

6. Istirahat yang cukup di malam hari

Selanjutnya untuk merawat mata kita tetap sehat dan tidak cepat rabun adalah beristirahat yang cukup di malam hari. 

Karena dengan kita istirahat dan tidur yang cukup maka seluruh organ tubuh kita juga akan beristirahat, termasuk organ mata kita.

Lalu untuk orang yang sering begadang, bahkan memaksakan diri untuk melek di saat mata ngantuk tentu akan cepat merusak kesehatan mata.

Jadi pastikan setiap hari kita mempunyai waktu istirahat dan waktu tidur yang cukup. Dengan begitu mata kita akan tetap sehat dan segar setiap hari.

7. Banyak mengkonsumsi buah-buahan yang menyehatkan mata

Buah-buahan adalah sebuah konsumsi yang kaya akan vitamin dan zat besi. Ditambah lagi banyak jenis buah yang mengandung vitamin A dan vitamin C yang bagus untuk mata kita. 

Jadi jangan lupa untuk rajin makan buah untuk merawat mata kita tetap sehat dari waktu ke waktu. Seperti halnya rajin makan buah apel dan wortel yang bagus untuk mata kita.

Ketika gajian jangan lupa untuk membeli buah sebagai stock dalam kulkas. Dengan begitu keseharian kita akan lebih mudah untuk sering makan buah-buahan.

8. Perbanyak makan sayuran hijau yang bagus untuk mata

Selain buah-buahan, jenis sayuran hijau juga cukup bagus untuk memberikan zat dan vitamin untuk mata kita.

Ada hloh orang yang sulit dan benci sekali makan sayur. Orang tersebut biasanya sangat suka dengan goreng gorengan. Padahal perilaku tersebut bisa merusak kesehatan tubuh dan mata kita.

Makanya jangan lupa juga untuk rajin makan sayur-sayuran hijau. Minimal seminggu 3 atau 4 kali mendapatkan asupan sayuran. Lebih bagus lagi jika setiap hari menu sayur dalam jadwal makan kita.

9. Rajin membersihkan mata setelah bepergian

Ketika seseorang bepergian, maka mata kita akan nampak dengan berbagai macam debu dan kotoran. Dan tanpa sadar debu tersebut bisa numpuk di bola mata kita.

Makanya setiap bepergian jangan lupa untuk memakai helm atau kacamata. Dan juga biasakan untuk cuci muka dan membersihkan mata kita setelah bepergian di jalanan.

Hal ini selain merawat kesehatan mata juga akan berpengaruh terhadap kesehatan muka kita. Jadi jangan malas untuk melakukan cuci muka setelah bepergian.

10. Lakukan senam mata secara berkala

Senam mata juga dipercaya bisa menyehatkan organ mata kita. Maka dari itu tidak ada salahnya jika ada waktu luang untuk melakukan senam mata.

Yakni menggerakkan mata untu fokus pada objek dekat dan objek jauh secara bergantian. Dengan begitu otot mata kita akan terlatih dan menjadi lebih sehat.

11. Jangan sering menggunakan mata untuk bermaksiat

Tips yang ke 11 ini mungkin berbeda dengan beberapa tips sebelumnya. Yakni cegah mata kita untuk melakukan banyak kemaksiatan. Meskipun tidak berdampak langsung pada kesehatan mata. Namun sangat disayangkan jika indra mata kita yang luar biasa berharga ini banyak digunakan untuk bermaksiat seperti halnya melihat sesuatu yang bisa membuat otak kita menjadi kotor.

Oke sobat diatas adalah beberapa tips dari saya mengenai cara merawat mata agar tidak rabun. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top