Now Reading
2 Bahaya Benjolan di Punggung

2 Bahaya Benjolan di Punggung

Benjolan di Punggung

Banyak orang mewaspadai adanya benjolan di punggung, biasanya benjolan yang terdapat di punggung bukan disebabkan oleh kanker. Namun, memiliki sikap waspada dan berhati – hati jika benjolan tersebut disertai oleh gejala – gejala lainnya.

benjolan Di Punggung
benjolan Di Punggung

Benjolan di punggung akrab dengan penyakit lipoma atua kista. Penyakit ini tentu mengerikan jika didengar.  Oleh sebab itu, jika Anda menemukan benjolan di punggung belakang, pastinya akan menjadi moment yang menegangkan.

Tetapi alangkah baiknya, Anda tidak panik terlebih dahulu. Karena benjolan tersebut umumnya tidak berbahaya. Namun, Anda disarankan agar dapat menghubungi dokter jika benjolan di punggung disertai dengan keluhan atau gejala lain yang di alami. Adapun penyebab benjolan di punggung, sebagai berikut :

Apakah Benjolan di Punggung Berbahaya?

Penyebab Benjolan di Punggung

Kondisi yang menyebabkan benjolan di punggung adalah lipoma atau kista. Kondisi ini tidak ganas karena bukan merupakan penyakit berbahaya seperti kanker. Sedangkan lipoma itu sendiri merupakan suatu benjolan berisi lemak yang tumbuh tepat di bawah lapisan kulit.

Ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan awam. Biasanya memiliki ukuran kecil berupa kacang polong hingga sebesar helm. Apabila lipoma tersebut ditekan, maka yang akan Anda rasakan adalah benjolan lunak yang berbentuk adonan, dimana secara fisik lipoma mirip dengan kista.

Tetapi, lipoma biasanya terletak pada lapisan kulit yang lebih dalam dibanding kista. Sedangkan kista adalah kantung di bawah permukaan kulit yang berisikan cairan yang berbentuk nanah. Namun cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kista adalah dengan membedahnya dan mengeluarkan cairan dari kantung tersebut.

Sementara Lipoma tidak perlu mendapat perawatan apa pun kecuali benjolan tersebut berukuran amat besar yang dapat mengganggu penampilan dan menekan jaringan lain di sekitarnya. Anda dapat menghilangkan lipoma dengan pembedahan demi mengeluarkan lemak di dalamnya.

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan lipoma tersebut adalah dengan sedot lemak. Ini dilakukan agar lemak pada lipoma keluar atau melalui metode pengobatan dengan menggunakan obat bernama asam deoxycholic yang disuntikkan ke benjolan. Selain lipoma dan kista, benjolan yang terdapat di punggung juga disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya.

See Also

Penyebab Benjolan di Punggung Selain Kista dan Lipoma

Benjolan di punggung disebabkan oleh cherry angioma, benjolan tersebut akan teraba lunak dan berwarna kemerahan. Anda dapat menghilangkan dengan melakukan perawatan laser, biopsi atau elektrokauteri, yaitu dengan menggunakan aliran listrik untuk menghancurkan jaringan kulit. Perawatan tersebut tentu akan meninggalkan bekas luka.

Selain itu, benjolan di punggung juga bernama keratosis Polaris, bentuk benjolan ini berada di punggung. Biasanya berukuran kecil, kasar, berwarna putih atau merah dan tidak gatal apalagi sakit. Hal tersebut dapat sembuh dengan menggunakan pelembab yang mengandung alfa hidroksi atau urea, oleskan secukupnya ke daerah tersebut.

Sejatinya, benjolan tersebut tidak berbahaya jika tidak diiringi gejala-gejala tertentu. Apabila terdapat gejala lainnya yang menyertai benjolan tersebut, Anda dapat langsung mengunjungi dokter dan meminta saran pengobatan. Benjolan yang berada di punggung biasanya tumbuh secara lambat dan tidak berbahaya, tetapi tak jarang dapat berubah menjadi kanker.

Informasi seputar kecantikan lainnya dapat diakses di aplikasi beauCo, aplikasi tersebut bisa didapatkan dan didownload di smartphone favorit Anda. Anda dapat mengunduh di AppStore atau Playstore, di sana terdapat informasi kecantikan dan konsultasi kecantikan gratis. Dapatkan cashback menarik dan gratis di marketplace beauCo.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top