Now Reading
26 Manfaat Buah Naga Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

26 Manfaat Buah Naga Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan

Idntifia.com26 Manfaat Buah Naga. Buah naga adalah buah yang cukup populer di masyarakat karena mudah ditemukan baik di tukang buah atau buat yang sering membeli juice pasti juga tidak asing lagi. Selain memiliki rasa yang unik juga menyegarkan buah ini juga memiliki segudang manfaat dalam kehidupan kita, manfaat nya bisa digunakan pada bayi, pria dewasa, ibu hamil dan juga bisa digunakan dalam program diet.

Sebelum kita membahas manfaat dari buah naga ini, mari kita lihat kandungan apa saja yang terdapat dalam buah ini. Antara lain sebagai berikut :

  • Vitamin C
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Magnesium
  • Zat Besi
  • Kalsium
  • Antioksidan
  • Asam Folat
  • Biji Buah Naga Tedapat Omega 3 dan Omega 6
Dari kandungannya tersebut mungkin sobat semua sudah memiliki gambaran mengenai manfaat yang bakalan diberikan dari buah yang satu ini.

Manfaat Buah Naga Yang Luar Biasa Untuk Kehidupan

Manfaat Buah Naga Untuk kesehatan



Foto oleh Lovefood Art dari Pexels
Buah ini mudah di dapatkan baik itu dikota besar maupun di desa bisa didapatkan dari pembudidaya, penjual buah, dari tradisional market, hingga di supermarket, bisa di konsumsi dari berbagai usia baik dari bayi hingga orang tua.

A. Manfaat Buah Naga Bagi Bayi








1. Melindungi Kerusakan Sel Pada Bayi

Buah naga ini memberikan zat antioksidan bagi bayi sehingga bisa mendukung pertumbuhannya dan melindungi sel-sel bayi dari serangan bakteri jahat

2. Melindungi Kesehatan Jantung Bayi

Buah naga mempunyai nutrisi yang cukup bagi bayi sehingga mampu melindungi kesehatan jantung bayi, bayi dengan jantung yang sehat sangatlah penting karena akan berpengaruh pada kehidupannya ketika beranjak dewasa, jika dari bayi jantungnya sehat, saat dewasapun bisa sehat.

3. Menguatkan Tulang Bayi

Buah naga memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang bisa membantu pertumbuhan tulang pada bayi sehingga tulang bayi lebih kuat dan bisa tumbuh dengan maksimal.

4. Menyehatkan Pencernaan Bayi

Buah ini adalah buah yang mempunyai banyak kandungan serat sehingga sangat bagus buat pencernaan bayi. Menjaga percernaan bayi tetap sehat merupakan hal yang sangat penting karena bayi mempunyai pencernaan yang masih lembut dan rawan.

5. Membantu Proses Tumbuh Kembang

Dalam pertumbuhan bayi membutuhkan proses tumbuh kembang yang baik dan benar dan mendapatkan asupan vitamin yang cukup. Dengan memerberikan buah naga pada bayi akan memberikan asupan vitamin A dan C yang cukup bagi bayi yang mendukung pertumbuhannya.

6. Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Dari buah ini yang mengandung banyak zat besi bisa memberikan dukungan pada berkembangnya sel darah merah yang cukup untuk bayi. 

7. Pertumbuhan Rambut Yang Sehat Bagi Bayi

Selain meningkatkan jumlah sel darah merah, kandungan zat besi pada bayi tersebut juga mendukung tumbuh rambut pada bayi lebih bagus dan sehat.

8. Menjaga Kesehatan Ginjal Bayi

Efek dari zat antioksidan dalam kandungan buah naga bisa memberikan manfaat dalam detoksifikasi bayi dalam hal perncernaan sampai dengan ikut menjaga kesehatan ginjal bayi.
Yang perlu diperhatikan jika ingin memberikan buah pada bayi adalah apakah anak anda memiliki alergi atau tidak, karena kalau sampai memiliki alergi pastinya akan menimbulkan efek samping yang lain. Selain itu pastikan juga buah dalam keadaan bersih karena bagi bayi masih sensitif jika ada bakteri atau kuman yang masuk kedalam tubuh.
Sumber refrensi : Kumparan.com 

B. Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil





Gambar oleh Khusen Rustamov dari Pixabay 

9. Menangkal Radikal Bebas Untuk Ibu Hamil

Kandungan antioksidan dalam buah naga sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk menangkal segala macam bakteri jahat yang bakalan mengganggu kesehatan janin, selain itu juga bagi ibu hamil sendiri jika radikal bebas tidak ditangkal akan merambat menjadi penyebab kanker dan penyakit jantung

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Pada Ibu Hamil

Kekebalan tubuh pada masa hamil sangat diperlukan baik itu bagi ibu hamil atau bagi kesehatan janin. Buah naga yang mempunyai kandungan vitamin C yang cukup ini cukup membantu bagi kekebalan tubuh ibu hamil dan ikut menjaga pertumbuhan janin.

11. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Darah Merah Bagi Ibu Hamil

Ketersediaan sel darah merah yang cukup merupakan hal yang sangat penting bagi ibu hamil apalagi pada masa persiapan melahirkan. Jadi dengan konsumsi buah naga ini memberikan asupanzat besi dan vitamin C yang cukup guna merangsang pertumbuhan sel darah merah

12. Menghindari Bayi Lahir Cacat

Manfaat selanjutnya pada ibu hamil adalah pada kelahiran janinnya. Buah naga juga ikut mendukung agar bayi terlahir normal dan tidak cacat, hal itu dikarenakan buah ini memberikan kandungan asam folat yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

13. Merangsang Pembentukan Tulang Bayi

Diatas sudah disebutkan juga bahwa buah ini mengandung kalium dan juga fosfor yang bagus untuk menumbuhkan tulang dan gigi janin bayi.

14. Mencegah Konstipasi dan Wasir Pada Ibu Hamil

Pada ibu hamil seringkali mengalami masalah yang namanya buang air besar. Dan dengan buah naga ini mampu melancarkan percernaan dan buang air besar sehingga terhindar dari kemungkinan terkenan Konstipasi dan Wasir

15. Mencegah Infeksi Pada Ibu Hamil

Seperti di sebutkan diatas buah ini mengandung antioksidan yang mampu membunuh bakteri jahat dan jika ibu hamil mengkonsumsi buah ini akan menjadikan lebih terjaga dari berbagai macam infeksi.

16. Mencegah Diabetes Pada Ibu Hamil

Pada saat masa hamil biasanya akan mengalami peningkatan nafsu makan dan juga banyak mengalami keinginan makan yang beraneka ragam dan memungkinkan terkena obesitas dan diabetes. Dengan konsumsi buah naga ini kaya akan serat akan mencegah seorang ibu hamil mengkonsumsi makanan-makanan manis yang tidak menyehatkan

17. Menambah Energi Untuk Ibu Hamil

Mempunyai energi yang cukup adalah hal yang sangat penting bagi ibu hamil guna mempersiapkan masa kelahiran si buah hati. Dengan mengkonsumsi buah naga bisa membantu asupan energi yang cukup bagi tubuh dan menjaga tubuh tetap fit.

18. Membantu Tumbuh Kembang Otak Janin

Kandungan Omega 3 dan Omega 6 pada buah naga jika dikonsumsi oleh ibu hamil mampu merangsang pertumbuhan otak janin yang masih dalam kandungan.

19. Menghindari Dehidrasi Bagi Ibu Hamil

Seorang wanita yang sedang hamil akan lebih mudah dehidrasi karena mengeluarkan banyak tenaga pada saat mengandung. Dan dengan buah naga ini memberikan kandungan banyak sekali air yang bisa menghilangkan dehidrasi pada ibu hamil.
Sumber Refrensi : honestdocs.id 

Manfaat Buah Naga Untuk Menurunkan Diet

Manfaat Buah Naga Untuk Diet

20. Mempercepat Diet

Dengan mengkonnsumsi buah naga sebelum makan akan membantu cepat kenyang sehingga secara otomatis kondisi berat badan akan menurun

21. Membakar Lemak Lebih Efektif

Hal itu dikarenakan dengan menggunakan buah naga ini bisa mensuplay nutrisi yang cukup dan mempercepat pembakaran lemak pada tubuh

22. Menghaluskan Metabolisme dan Melancarkan Pencernaan

Pada saat melakukan diet yang namanya sistem metabolisme tubuh dan juga pencernaan sangat penting dan dengan buah naga yang kaya serat ini sangat bagus untuk melancarkannya.

23. Mengatur Pola Makan Dan Sebagai Cemilan Sehat

Dengan adanya buah naga yang dikosumsi pada saat anda sedang diet, anda bisa menjadikannya cemilan bebas lemak dan juga bisa menurunkan nafsu makan karena buah ini memberikan efek kenyang.

Sebenarnya yang namanya buah pastinya bakalan banyak memberikan manfaat untuk diet seseorang dan salah satunya adalah buah naga ini. Jadi dengan mengimbangi diet kamu dengan buah ini pastinya akan lebih maksimal

Sumber refrensi : Intisari.grid.id

Manfaat Buah Naga Untuk Perwatan Kulit

See Also

24. Membantu Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

Kelembaban kuli memang harus dijaga agar tetap sehat dan terawat dan jika kamu sedang menjalani perwatan  kulit, buah ini sangat bagus untuk kesehatan kulit karena mengandung Vitamin A, B, C dan E yang bagus untuk kesehatan kulit seseorang.

25. Mencegah Penuaan Dini

Masih ada hubungannya dengan point ke 24 tadi, jika kulit terjaga dengan kelembaban dan kehalusan, secara otomatis bakalan mencegah keriput-keriput wajah yang mungkin timbul berarti buah ini juga berperan untuk mencegah penuaan dini pada seseorang.

26. Mengobati Kulit Yang Terbakar Panas Matahari

Ketika seseorang berada di luar ruangan maka mereka rentan hitam dan kulit terbakar matahari, Dengan buah naga yang mengandung banyak vitamin B3 dan juga antioksidan ini bisa juga melindungi dan menyembuhkan kulit yang terbakar matahari.

Demikian adalah serangkaian manfaat yang diberikan oleh buah naga pada tubuh mulai dari balita hingga orang tua. selain itu juga ada manfaatny juda dalam meningkatkan gairah pada pria dewasa dan beberapa manfaat lainnya.

Pastinya dengan konsumsi yang teratur dan tidak berlebihan, karena jika kandungan zat-zat dalam buah naga diatas jika di konsumsi berlebihan akan menimbulkan kerugian atau efek samping. Terima kasih dan semoga bisa memberikan manfaat.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top