Now Reading
3 Cara Mengenal Produk Mengandung Merkuri

3 Cara Mengenal Produk Mengandung Merkuri

Avatar

3 Cara Mengenal Produk Mengandung Merkuri

3 Cara Mengenal Beberapa Produk Mengandung Merkuri-Apakah Anda sangat yakin jika krim pemutih wajah yang Anda pakai, atau produk maskara yang Anda gunakan tidak memiliki kandungan berbahaya di dalamnya? Merkuri contohnya?

Tentu Anda tahu apa pengertian merkuri, untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan secara rinci dan ringkas. Bernama lain raksa (Hg), merkuri merupakan logam berat yang secara alami berada di alam.

Mengandung Merkuri
Cara Mengenal Produk Mengandung Merkuri

Perlu diketahui bahwa zat ini beracun bagi lingkungan serta bagi kesehatan jika tidak benar mengontrol penggunaannya. Anorganik dan organik merupakan dua bentuk merkuri yang harus Anda ketahui. Merkuri organik dipakai sebagai bahan atau produk pembersih riasan.

sementara merkuri anorganik digunakan dalam beberapa produk sabun dan krim pemutih kulit.  Bagi sebagian orang yang telah mengidentikkan merkuri dengan produk pencerah wajah, sehingga nggak sedikit yang telah sadar akan bahaya jika terus digunakan.

Ditambah lagi dengan adanya peringatan dari Badan POM RI. Di negara lain, penggunaan merkuri pada kosmetik juga dilarang. Produk yang mengandung merkuri ini seringnya tidak pernah teridentifikasi karena terkemas dalam wadah tidak berlabel.

Hindari membeli produk kecantikan yang tidak memiliki daftar kandungan, tidak ada petunjuk penggunaan dalam bahasa Inggris, dan tidak memiliki reputasi legalitas BPOM RI. Waspadai juga karena ada istilah lain yang digunakan untuk menyebut merkuri, seperti mercurous chloride, mercuric, mercurio, atau calomel.

Cara Mengenal Produk Mengandung Merkuri
Cara Mengenal Produk Mengandung Merkuri

Apa saja ciri-ciri dari produk yang mengandung merkuri?

Akan kami uraikan beberapa kondisi yang dapat diduga menjadi ciri-ciri kosmetik yang memiliki kandungan merkuri, sebagai berikut:

Tidak memiliki label BPOM

Seluruh produk yang berhubungan dengan tubuh Anda pasti akan melewati perizinan dari BPOM atau Badan POM, jika tidak maka produk yang Anda pakai ilegal. Jadi pastikan di setiap produk yang Anda gunakan, legal atau ilegal.

Mengandung Merkuri
Cara Mengenal Produk Mengandung Merkuri

Efek yang Lebih Cepat

Anda jangan mudah percaya dengan produk kosmetik yang memiliki daya kerja cepat, di dunia yang penuh proses ini tidak ada yang instan. Begitupun pula dengan Anda, maka dari itu ikutilah proses jika ingin hasil maksimal. Khususnya pada produk anti aging dan pemutih

Aroma Menyengat

Biasanya warnanya akan lebih mencolok dari beberapa kosmetik lainnya. Anda juga perlu mencurigai hal ini, di bagian petunjuk penggunaan akan tertulis untuk menghindari kontak dengan barang perak, emas, karet, alumunium serta perhiasan. Aroma menyengat juga salah satunya.

See Also
Penderita Asam lambung

Merkuri adalah senyawa yang dapat larut dengan mudah pada banyak bahan dasar kosmetik. Oleh sebab itu, mendeteksi merkuri dalam produk kecantikan atau skin care dengan ‘mata telanjang’ terbilang sangat sulit.

Merkuri
Cara Mengenal Produk Mengandung Merkuri

Merkuri dapat mencerahkan warna kulit dan mengurangi bintik hitam pada wajah, tentu saja efek sampingnya pun akan berdampak serius untuk kesehatan Anda. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan pada tikus betina menunjukkan bahwa merkuri dapat memengaruhi ginjal, hati dan otak tikus tersebut. ( Cara Mengenal Produk Mengandung Merkuri )

Pada riset lain menyebutkan bahwa logam ini juga dapat menyebabkan gangguan kognitif, kerusakan ginjal, sakit kepala, kelelahan, tremor, depresi, dan keluhan lainnya pada pengguna.

Menurut seorang peneliti jika produk ini digunakan dari waktu ke waktu, merkuri dapat secara perlahan menguap ke udara. Bahan yang mengandung merkuri ini juga dapat  mencemari seluruh rumah dan memengaruhi anggota keluarga lain.

Itulah Beberapa Cara Mengenal Produk Mengandung Merkuri, Semoga Bermanfaat bagi Semuanya.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top