Now Reading
3 Penyebab Keputihan Bau Pada Wanita

3 Penyebab Keputihan Bau Pada Wanita

Keputihan Bau

Penyebab Keputihan Bau Pada Wanita – Keputihan pasti kerap dialami oleh perempuan yang telah melewati masa pubertas. Hal ini merupakan sesuatu yang normal, karena ini juga merupakan sebuah reaksi alami tubuh untuk membersihkan vagina.

Penyebab keputihan Bau
Penyebab keputihan Bau

Namun, berbagai penyebab keputihan yang menjadi tanda suatu masalah adalah yang berbau busuk dan berwarna tidak wajar. Cairan dan sel mati yang keluar secara berkala untuk menjaga bagian dalam vagina tetap bersih dan sehat adalah keputihan.

Fungsi keputihan adalah sebagai pelumas alami yang melindungi organ kewanitaan dari infeksi dan iritasi. Pada umumnya, keputihan yang normal berwarna bening seperti putih telur atau putih susu jernih dan tidak berbau tajam. Adapun penyebab keputihan bau adalah, sebagai berikut :

Apa Saja Penyebab Keputihan Bau pada Wanita?

Infeksi Bakteri atau Infeksi Jamur

Infeksi vagina yang umum dan merupakan salah satu penyebab keputihan abnormal adalah BV atau bacterial vaginosis. Ini dapat terjadi akibat ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat di dalam vagina.

Penyebab keseimbangan tersebut belum pasti, namun banyak sekali faktor risiko yang dapat menjadi pemicunya. Adapun hal yang menjadi pemicunya yakni perilaku seks yang tidak aman dan penggunaan alat kontrasepsi bahkan kurang menjaga kebersihan vagina.

Tanda dan gejala bacterial vaginosis adalah keputihan yang berwarna abu – abu, putih atau hijau. Yang kedua adalah keputihan yang mengeluarkan bau tajam atau busuk,. Sehingga vagina terasa gatal serta organ kewanitaan tersebut serasa terbakar ketika buang air kecil. Selain infeksi bakteri, keputihan yang bau juga disebabkan oleh infeksi jamur.

Spesies candida albicans adalah jamur yang bercokol di keputihan. Pada umumnya, vagina mengandung jamur yang tidak akan menyebabkan masalah dalam keadaan normal. Tetapi jika dibiarkan berkembang biak, jamur itu dapat menginfeksi dan menyebabkan munculnya keputihan yang abnormal atau tidak normal.

Infeksi Jamur candidiasis pada vagina disebabkan oleh berbagai hal di antaranya adalah stress, mengidap diabetes, menggunakan pil KB, hamil, sistem kekebalan tubuh yang terganggu akibat HIV atau Aids atau terapi kortikosteroid. Keputihan yang muncul akibat infeksi jamur ditandai dengan keputihan yang berair, bongkahan kental berwarna putih keruh seperti keju,  gatal dan nyeri pada vagina.

See Also
Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Klamida

Infeksi bakteri penyebab keputihan abnormal yang menular lewat hubungan seks baik vaginal, oral atau anal adalah klamida trachomatis. Sebagian orang tidak menyadari telah terjangkit penyakit ini, gejala yang muncul akibat penyakit ini seringnya ringan dan hanya sesekali bahkan dianggap remeh.

Sebenarnya beberapa gejala yang muncul setelah satu dua minggu cukup memprihatinkan. Gejala yang timbul akibat terinfeksi bakteri klamida trachomatis ini adalah merasa sakit ketika buang air kecil, keputihan yang terjadi terus menerus, merasakan nyeri di perut bagian bawah.

Serta keputihan berwarna kuning dan berbau tidak sedap, sakit ketika berhubungan seks hingga pendarahan di antara waktu mens atau setelah berhubungan seks. Jika terjadi hal seperti ini, maka segera Anda melakukan pemeriksaan secara medis dan Anda wajib mendiskusikan dengan dokter.

Informasi lainnya seputar kecantikan dan kesehatan bisa diakses di aplikasi BeauCo, aplikasi beauCo dapat diunduh di AppStore atau Playstore. Di sana terdapat banyak sekali informasi seputar kecantikan, dapatkan cashback menarik serta konsultasi gratis ketika berbelanja di marketplace beauCo. Konsultasi gratis seputar masalah kecantikan wajah dapat didiskusikan dan didapatkan secara gratis di beauCo.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top