Now Reading
3 Prosedur Mengatasi Borderline Personality Disorder

3 Prosedur Mengatasi Borderline Personality Disorder

Mengatasi Borderline Personality Disorder

Prosedur Mengatasi Borderline Personality Disorder – Masa remaja merupakan masa dimana seseorang dapat mengalami perubahan emosi yang cukup drastis. Sementara perubahan tersebut juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti lingkungan sosial dan tuntutan sosial.

Oleh karena itu, banyak sebagian seseorang yang rentan mengalami gangguan jiwa. Dimana, salah satu penyakit gangguan jiwa ini dapat terjadi pada masa remaja yang merupakan gangguan kepribadian ambang (Borderline Personality Disorder).Sedangkan gangguan kepribadian borderline atau BPD adalah gangguan kepribadian yang ditandai dengan seringnya perubahan suasana hati.

Sementara terjadinya penyakit ini, bukan hanya terjadi pada orang yang tidak mood dalam melakukan sesuatu, namun BDB ini juga dapat terjadi dengan cara berfikir tentang diri sendiri dan orang lain yang mengalami perubahan, sehingga hal ini dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari penderitanya.

Fakta Tentang Gangguan Borderline Personality Disorder

Prevalensi BPD ini tidak hanya dapat dibandingkan dengan gangguan mental atau kepribadian lainnya pada populasi global rendah, akan tetapi prevalensi juga di rangkaian perawatan tinggi. Perlu Anda ketahui, bahwa prevalensi pasien rawat inap psikiatri sebanyak 20% bagi pasien yang rawat jalan psikiatrik, sedangkan BPD pelayanan primer sebanyak 6,4.

Mengatasi Borderline Personality Disorder
Mengatasi Borderline Personality Disorder Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Sementara menurut penelitian epidemiologi skala besar dapat menunjukkan bahwa prevalensi BPD pada populasi global sebanyak angka 1,6% dengan prevalensi seumur hidup sebanyak 5,9%. Hasil dari dua survei epidemiologi pada populasi ini menunjukkan bahwa prevalensi BPD seumur hidup sebanding dengan perempuan dan laki-laki. Namun, lebih banyak wanita yang mengalami BPD dengan mencari pengobatan dibandingkan pria yang terkena penyakit BPD. Prosedur Mengatasi Borderline Personality Disorder

Oleh karena itu, telah dilaporkan bahwa sekitar 80% dari pasien yang menerima pengobatan BPD adalah perempuan. Sementara BPD pada populasi umum hanya menyumbang sebanyak 2-3% dari total kasus. Sedangkan untuk prevalensi BPD di Indonesia masih belum ada data yang jelas. Adapun prosedur untuk mengatasi Borderline Personality Disorder, sebagai berikut :

Bagaimana Cara Mengatasi Borderline Personality Disorder?

Pelatihan Sistem untuk Prediktabilitas Emosional

Terapi ini merupakan terapi kelompok yang melibatkan anggota keluarga, teman, pasangan, atau pengasuh untuk mendampingi penderitanya menjalani terapi selama 20 menit ini. Terapi ini biasanya digunakan sebagai terapi tambahan dengan psikoterapi lain.

Terapi Berbasis Mentalisasi (MBT)

Jenis psikoterapi lain yang dapat Anda gunakan untuk mengobati gangguan kepribadian BPD adalah terapi yang berbasis mentalisasi. Dimana, terapi ini didasarkan pada konsep bahwa penderita BPD memiliki kapasitas mental yang buruk. Sementara mentalisasi ini penting untuk memeriksa pikiran dan keyakinan Anda sendiri.

Selain itu, mentalization juga berguna untuk memberikan pemahaman bahwa orang lain juga memiliki pikiran, emosi, dan keyakinannya sendiri. Sehingga interpretasi Anda terhadap keadaan mental orang lain mungkin tidak selalu tepat. Melalui prosedur MBT ini, penderita diharapkan mampu mengenali perasaan dan pikirannya sendiri dan tidak memaksakan pikirannya kepada orang lain.

See Also

Sementara terapi ini dapat dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu sekitar 18 bulan. Oleh karena itu, untuk perawatan awal, pasien perlu tinggal di rumah sakit untuk menjalankan rawat inap sehari- hari. Prosedur Mengatasi Borderline Personality Disorder

Manajemen Psikiatri Umum

Terapi ini dapat membantu penderita Borderline Personality Disorder untuk memahami masalah emosional yang terjadi dengan mempertimbangkan perasaan interpersonal. Oleh karena itu, terapi ini dapat Anda gunakan secara bersamaan dengan pemberian obat seperti, terapi kelompok, konseling keluarga, atau bahkan secara individu.

Itulah prosedur psikoterapi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gangguan kepribadian ambang atau Borderline Personality Disorder, dan pastikan psikoterapi dilakukan oleh tenaga profesional yang terlatih, seperti psikiater, psikolog, atau pakar kesehatan mental lainnya.

Prosedur Mengatasi Borderline Personality Disorder

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top