Now Reading
4 Cara Jitu Mengatasi Kulit Sensitif

4 Cara Jitu Mengatasi Kulit Sensitif

Secara umum, jenis kulit wajah terbagi menjadi beberapa tipe, yakni tipe kulit normal, kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Memiliki kulit yang sensitif bukan suatu penghalang untuk tampil mempesona dan percaya diri. Meskipun begitu, kulit sensitif membutuhkan perawatan yang lebih dibandingkan dengan tipe kulit lainnya. Nah jika kamu memiliki tipe kulit yang sensitif, maka kamu pelu merawat kulit dengan benar. Yuk simak cara untuk mengatasi kulit sensitive berikut ini.

Membersihkan Wajah Secara Rutin

Beautiful woman is washing her face on white background

Cara mengatasi kulit sensitive yang pertama yaitu membersihkan waja secara rutin. Supara kulit wajahmu bersih dan sehat, maka kulit wajah perlu dicuci 2 kali sehari pada pagi dan malam hari ketika menjelang tidur.

Gunakan sabun wajah berbahan kimia lembut dan jangan menggosok wajah terlalu kuat. Kemudian bilas dengan air bersih serta keringkan dengan handuk bersih dengan perlahan.

Gunakan Toner setelah Mencuci Wajah

Setelah mencuci wajah, maka kamu perlu menggunakan toner ke area wajah menggunakan kapas. Toner ini dapat membantu mengangkan minak, sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah. Selain itu, toner juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH kulit.

Untuk kulit sensitif dan berminyak, pilihlah toner yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi. Sebab, bahan-bahan tersebut dikenal mampu untuk mengurangi produksi sebum di wajah.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cara untuk mengatasi kulit sensitif berikutnya yaitu menghindari papara sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit semakin sensitif dan dapat mengalami iritasi.

Jika kamu harus beraktivitas di luar ruangan, maka kamu bida menggunakan sunscreen atau tabir surya. Untuk kulit sensitif, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Selain menggunakan sunscreen, gunakan pakaian yang tertutup

Jalani Pola Hidup Sehat

Selain cara yang telah disebutkan, perlu didukung dengan pola hidup yang sehat untuk menjaga kulit dari dalam. Kamu dapat mengonsumsi makanan bergizi seimbang, konsumsi vitamin dengan buah dan sayur maupun suplemen, serta minum air putih yang cukup.

See Also
wajah glowing

Selain itu, untuk mengatasi kulit sensitive juga dapat dilakukan dengan menghindari stres dan paparan polusi karena dapat menyebabkan kulit mudah iritasi dan tampak kusam.

Secara umum, perawatan kulit memerlukan waktu dan konsistensi agar hasil yang diperoleh pun maksimal. Terlebih lagi jika merawat kulit sensitive yang memerlukan ketelatenan dan kesabaran. Jika perlu, kamu dapat berkonsultasi konsultasi dengan doker kulit untuk menentukan perawatan wajah yang optimal.

Nah itulah cara untuk mengatasi kulit sensitif yang dapat kamu coba. Caranya cukup mudah dilakukan bukan? jangan lewatkan update terbaru seputar kecantikan lainnya melalui aplikasi BeauCo yang dapat kamu unduh secara gratis!

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top