Now Reading
4 Penyebab Bayi Tidak Bisa Gemuk

4 Penyebab Bayi Tidak Bisa Gemuk

Avatar
penyebab bayu tidak bisa gemuk

Penyebab Bayi Tidak Bisa Gemuk- Memiliki bayi merupakan salah satu kebahagiaan bagi setiap pasangan. Menjaga, merawat dan melindungi bayi adalah suatu kewajiban bagi orang tua. Oleh sebab itu, hampir semua orang menjaga dan merawat bayi dengan berbagai cara agar bayi bisa bertumbuh dengan baik.

Bayi Tidak Bisa Gemuk
Penyebab Bayi Tidak Bisa Gemuk

Seiring bertambahnya usia, berat badan biasanya akan bertambah sehingga bayi menjadi gemuk. Namun perlu diketahui bahwa tidak sedikit bayi yang memiliki berat badan tetap dan sulit untuk gemuk. Ini bisa terjadi karena disebabkan oleh berbagai hal.

Bagi Anda sebagai orang tua harus mengetahui, apa penyebab bayi yang kesulitan dalam penambahan berat badan. Pada pembahasan kali ini, ada beberapa penyebab yang membuat bayi tidak bisa gemuk. Adapun beberapa penyebab tersebut, sebagai berikut :

1. Kurangnya Asupan ASI pada Bayi

Penyebab pertama bayi tidak bisa gemuk adalah kurangnya asupan ASI pada bayi. ASI merupakan salah satu susu yang diproduksi oleh manusia untuk dikonsumsi oleh bayi. Fungsi untama dari ASI adalah meningkatkan etahanan bayi dan mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang bayi.

ASI memiliki kandungan zat antibodi bentuk kekebalan tubuh yang memiliki banyak manfaat. Seperti membuat bayi tumbuh sehat dan cerdas, memperkuat ikatan emosional, menyediakan nutrisi lengkap dan lain sebagainya. Sehingga jika bayi kekurangan asupan ASI, tentunya tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup dari ASI sehingga sulit untuk menambah berat badan.

2. Bayi Sering Sakit

penyebab bayu tidak bisa gemuk
Photo by Daria Shevtsova on Pexels.com

Bayi sakit adalah salah satu hal yang membuat ibu khawatir. Karena bayi yang sakit tentunya tubuh menjadi lemah. Jika bayi sakit atau merasa tidak nyaman, seperti demam, diare, atau sariawan dimulut. Maka bayi tidak menyusu dengan benar atau nafsu makannya hilang.

Dengan begitu bayi akan kekurangan asupan nutrisi, dan tentu saja ini bisa membuat bayi kesulitan untuk menambah berat badan, atau bahkan menurun. Sehingga hal ini akan menyebabkan bayi tidak bisa gemuk.

Apa Saja Penyebab Bayi Tidak Bisa Gemuk?

3. Pemberian Susu Formula yang Tidak Tepat

Penyebab Bayi Tidak Bisa Gemuk

Penyebab Bayi Tidak Bisa Gemuk selanjutnya yang membuat bayi tidak bisa gemuk adalah pemberian susu formula yang tidak tepat. Jika ingin memberikan susu formula pada bayi, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tentang susu tersebut.

See Also
Menggunakan Lidah Buaya

Susu formula dikenal sebagai susu yang memiliki berbagai kandungan didalamnya. Seperti kalsium, magnesium fosfor, dan protein yang dapat mendukung pertumbuhan fisik pada anak.

Namun jika terjadi pemberian susu formula yang salah, maka hanya membuat bayi kurang gizi. Kekurangan gizi pada bayi membuat bayi kesulitan untuk menambah berat badan.

4. Sering Terjadi Masalah pencernaan pada Bayi

Ada beberapa maslaah percernaan yang terjadi pada bayi. Sepeti diare, intoleransi laktosa, dan penyakit celiac. Beberapa masalah ini dapat membuat sistem pencernaan bayi sulit menyerap ASI sehingga bayi tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dan membuat berat badan sulit bertambah. Bayi yang sering mengalami masalah pencernaan dapat membuat bayi tidak bisa gemuk.

Oleh sebab itu, bagi Anda seorang ibu, sebaiknya lakukan hal terbaik untuk menjaga dan merawat si bayi. Semakin Anda lebih memperhatikan kesehatan bayi, maka semakin mudah juga untuk membuat bayi sehat dan menghindari hal yang menyebabkan berat badan bayi menurun.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top