Now Reading
4 Tips Menanam Tanaman Keladi Tengkorak Yang Lagi Viral

4 Tips Menanam Tanaman Keladi Tengkorak Yang Lagi Viral

Tanaman keladi tengkorak menjadi tanaman yang viral akhir-akhir ini. Ini dikarenakan tanaman ini memiliki keunikan pada daunnya yang eksotis dan memiliki corak yang khas dibandingkan tanaman keladi jenis lainnya. Sekarang ini, banyak sekali masyarakat yang ingin membudidayakan tanaman jenis ini karena dinilai laku di pasaran. Berikut beberapa tips dalam menanam tanaman keladi ini.

Siram Untuk Menjaga Kelembapan

Tanaman Keladi

Pada dasarnya keladi tengkorak merupakan jenis tanaman yang hidup pada habitat yang lembab atau basah. Karena itu kamu perlu menjaga kondisi tempat tumbuh tanaman keladi ini agar sama dengan habitatnya yang lembab.

Kamu hanya perlu menyiram tanaman ini sebanyak satu kali sehari di musim kemarau. Sedangkan di musim penghujan, kamu bisa mengurangi intensitas penyiraman karena telah tertolong oleh air hujan. Pengurangan intensitas penyiraman ini juga berguna untuk menghindari pembusukan tanaman keladi akibat terlalu banyak menerima air.

Sterilisasi Media Tanam

Selain memperhatikan asupan air pada tanaman keladi tengkorak, kamu juga perlu memperhatikan media tanam yang kamu gunakan untuk menanam tanaman ini. Media tanam yang baik untuk tanaman ini yaitu terdiri dari bambu yang diiris halus, sekam, dan sekam bakar.

Kamu dapat mengukus wadah media tanam terlebih dahulu sebelum digunakan. Ini dilakukan untuk mensterilisasi wadah media tanam yang akan digunakan. Dengan begitu, resiko tanaman keladi ini terkontaminasi bakteri sangatlah kecil. Untuk perbandingan dari media tanam bumbu halus, sekam, dan sekam bakar bisa kamu gunakan sebanyak 1 : 1 : 1 untuk hasil yang maksimal. Kalaupun kamu kesulitan dalam mencari media tanam, kamu bisa menggunakan salah satunya saja.

Sinar Matahari

Untuk tanaman keladi tengkorak, sinar matahari sangatlah penting. Tanaman Ini membutuhkan pencahayaan sinar matahari yang teduh. Karena itu hindari meletakkan tanaman ini di bawah pencahayaan sinar matahari secara langsung.

See Also
jerawat membandel

Kamu bisa meletakkan tanaman jenis ini di tempat yang teduh, seperti teras rumah atau di samping jendela yang ditutupi gorden. karena tidak membutuhkan cahaya matahari yang terlalu banyak tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman indoor.

Pemberian Pupuk

Untuk kamu yang membudidayakan tanaman ini menggunakan media pot, pemberian pupuk merupakan hal yang penting sebagai sumber nutrisi bagi tumbuhan. Kamu bisa melakukan pemberian pupuk setelah tanaman ini berumur 5 minggu. Gunakan pupuk yang mengandung zat N yang lebih sedikit, karena kandungan zat N dapat merangsang klorofil dan membuat tanaman ini malah jadi tidak terlihat indah.

Nah itu tadi tips untuk merawat tanaman keladi tengkorak yang dapat kamu terapkan. Dengan perawatan yang sesuai dengan aturan maka kamu akan mendapatkan tanaman keladi jenis ini yang indah dan mungkin dapat laku dijual di pasaran. Membudidayakan suatu tanaman merupakan usaha penghijauan yang dapat dilakukan di sekitar lingkunganmu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top