Now Reading
5 Bahan Pakaian Ramah Lingkungan untuk Selamatkan Bumi

5 Bahan Pakaian Ramah Lingkungan untuk Selamatkan Bumi

Mungkin sudah menjadi rahasia umum jika benang yang digunakan untuk membuat pakaian diambil dari alam. Jangan hanya terfokus pada model dan harganya, cobalah memikirkan dampaknya untuk lingkungan dari yang kamu beli. Tidak hanya berdiam saja, kita juga bisa membantu untuk menyelamatkan bumi dengan menggunakan pakaian ramah lingkungan lho! Yuk kita simak beberapa bahan pakaian ramah lingkungan di bawah ini.

Linen

Bahan pakaian ramah lingkungan pertama yaitu linen. Bagi kamu yang menyukai fashion pastinya tidak asing dengan bahan yang satu ini. Nyatanya bahan linen sudah digunakan sejak 6.000 tahun yang lalu. Linen sendiri terbuat dari tumbuhan flax atau rami yang dibuat menjadi serat-serat.

Linen merupakan bahan terkuat di antara bahan yang lainnya. Bahan linen lebih adem sehingga cocok digunakan saat udara panas. Sementara itu, pembuatannya tidak pakai bahan kimia yang menjadikan linen lebih ramah lingkungan.

Hemp

Sustainable hemp fabric as background, closeup

Bahan hemp ini mirip dengan linen. Hemp terbuat dari tumbuhan Cannabis yang proses panennya yang sama dengan linen, yaitu tidak memerlukan pestisida atau bahan kimia lainnya karena tahan hama yang membuat bahan ini 100 persen organik.

Hemp yang ramah lingkungan ini sangat adem dan memiliki daya serap yang tinggi. Tidak hanya pakaian, hemp juga dapat dipakai untuk membuat bahan makanan sehat, kosmetik, dan lain sebagainya. Wah multifungsi ya!

Katun Organik

Bahan katun mungkin sudah sering kamu temui dipasaran. Namun katun yang satu ini berbeda. Kartun organik ini memiliki proses pembuatan yang tidak merusak lingkungan serta tanpa bahan kimia sedikitpun. Keren banget kan? Tentunya bahan ini juga sangat nyaman untuk digunakan.

Wool

Bahan pakaian ramah lingkungan berikutnya yaitu bahan wool. Wool merupakan salah satu pilihan bahan yang favorit karena ramah lingkungan. Pasalnya bahan wool ini lebih tahan lama dibandingkan bahan katun dan tidak harus sering-sering di cuci.

See Also
Gamis Wanita Gemuk

Woold dijamin 100 persen ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan sintetis. Mengapa demikian? Sebab, bulu domba akan tumbuh secara terus menerus dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk menunggunya tumbuh lagi. Gimana? Tertarik untuk mencoba pakaian dengan bahan wool?

Polyester Daur Ulang

Bahan ramah lingkungan untuk membuat pakaian yang satu ini merupakan polyester hasil daur ulang. Cara membuatnya yaitu dengan menggunakan paduan kain polyester bekas dan botol minuman bekas. Perpaduan tersebut  akan menghasilkan 75 persen lebih rendah jejak karbon daripada polyester murni. Namun sayangnya, bahan kimia yang dimiliki plyester daur ulang ini sama seperti polyester aslinya.

Demikian beberapa bahan pakaian ramah lingkungan yang perlu kamu ketahui. Tetap jaga bumi kita ya! Jangan lupa untuk mengupdate informasi seputar fashion maupun kecantikan melali aplikasi BeauCo secara gratis!

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top