Now Reading
5 Cara Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya

5 Cara Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya

Cara Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya – Anda yang sedang membaca artikel ini pastilah sepakat jika saya katakan bahwa ketombe sangatlah mengganggu kenyamanan. Bagaimana tidak, masalah rambut yang satu ini selain menimbulkan butiran-butiran putih (yang sayangnya bukan salju) juga membuat kulit kepala terasa sangat gatal.

Cara Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya

Ketombe disebabkan karena sel-sel di kulit kepala kita mengalami peradangan, sehingga menjadikannya tidak sehat, kering dan mengelupas. Sel-sel kulit kepala yang mengelupas ini berbentuk butiran halus berwarna putih yang kita kenal dengan sebutan ketombe.

green and gray bird perching on aloe vera plant
Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya Photo by Jean van der Meulen on Pexels.com

Ketombe merupakan salah satu problem rambut yang cukup merakyat, saya katakan demikian karena memang problem rambut ini tidak eksklusif menyerang orang tertentu saja, melainkan hampir semua orang pernah mengalami masalah ketombe ini.

Ada banyak cara dan solusi yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe, namun dalam artikel ini lebih fokus pada menggunakan bahan alami berupa tumbuhan lidah buaya untuk menghilangkan ketombe. Lidah buaya sudah sejak lama difungsikan untuk merawat kecantikan dan kesehatan rambut.

Dalam tanaman ini terkandung banyak sekali nutrisi. Selain itu, tanaman ini memiliki zat antiperadangan serta memiliki khasiat untuk melembabkan kulit kering, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengatasi masalah ketombe di kulit kepala.

Aplikasi lidah buaya untuk mengatasi ketombe dapat dilakukan dengan mencampurnya bersama bahan-bahan alami yang lain agar hasil yang didapat lebih maksimal. Bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk dicampur dengan lidah buaya antara lain sebagai berikut :

Bagaimana Mengatasi ketombe dengan menggunakan lidah buaya?

Campurkan lidah buaya dengan minyak zaitun

Cara mengatasi rambut ketombe
Photo by Pixabay on Pexels.com

Kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun memiliki sifat anti-mikroba, sehingga minyak yang satu ini sangatlah cocok digunakan untuk mengobati ketombe. Cara mengaplikasikannya yaitu ambil minyak zaitun sebanyak satu sdm lalu campurkan dengan gel lidah buaya sebanyak tiga sdm, aduk hingga merata. Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya

Kemudian Anda tinggal mengoleskannya ke rambut Anda, tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air! Lakukan ini setidaknya dua kali dalam seminggu!

See Also
Penderita Diare

Campurkan gel Lidah Buaya dengan Tree tea oil

Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk dicampur dengan gel lidah buaya yaitu tree tea oil atau minyak pohon teh. Cara mencampur kedua bahan tersebut yaitu ambil tiga sdm gel lidah buaya dan satu sdm tree tea oil, aduk merata, kemudian oleskan ke kulit kepala Anda kemudian diamkan selama 40 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Campurkan gel Lidah Buaya dengan Yogurt

Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya

Selain karena sifatnya yang anti-jamur dan anti-bakteri, di dalam yogurt juga terkandung lactic acid  yang sangat berguna sekali dalam membersihkan sel kulit kepala yang mati. Oleh karena itu campuran gel lidah buaya dengan yogurt dirasa sangat efektif untuk menghilangkan ketombe. Mengatasi Ketombe dengan Lidah Buaya

Ambil yogurt secukupnya kemudian campurlah hingga merata dengan gel lidah buaya, oleskan ke kulit kepala sambil dipijat dengan lembut, diamkan beberapa waktu lalu bilaslah dengan menggunakan air bersih. Lakukan hal ini dengan rutin hingga ketombe di kulit kepala Anda hilang.

Campurkan gel Lidah Buaya dengan Minyak kayu putih

wood dry glass cooking
Photo by Tara Winstead on Pexels.com

Anda bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai bahan campuran dengan lidah buaya, karena diketahui minyak kayu putih ternyata juga ampuh dalam mengatasi ketombe. Caranya sama seperti cara-cara yang di atas, cukup ambil seperlunya dan campurkan, kemudian oles merata ke kulit kepala Anda.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comment (1)

Leave a Reply

Scroll To Top