Now Reading
5 Jenis Makanan Ibu Menyusui yang Dapat Menggemukkan Bayi

5 Jenis Makanan Ibu Menyusui yang Dapat Menggemukkan Bayi

Makanan Ibu Menyusui

Jenis Makanan Ibu Menyusui yang Dapat Menggemukkan Bayi- Banyak faktor yang dapat mempengaruhi berat badan bayi, diantaranya adalah kecukupan nutrisi ibu saat menyusui. Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi tidak hanya memberi energi pada ibu, tetapi juga menjaga kesehatan tubuh.

Makanan Ibu Menyusui
Jenis Makanan Ibu Menyusui yang Dapat Menggemukkan Bayi

Selain itu, makanan bergizi juga akan memberikan nutrisi yang cukup bagi bayi yang disusui. Ini karena nutrisi dari makanan ibu menyusui akan terkandung di dalam ASI yang diberikan kepada bayi.

Makanan ibu yang sedang menyusui memang berpengaruh pada berat badan bayi, namun sebenarnya tidak ada makanan khusus yang bisa dikonsumsi mama untuk membuat bayi gemuk.

Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi ibu. Berikut adalah rekomendasi jenis makanan untuk ibu menyusui yang dapat menggemukkan bayi

Bayam

Jenis Makanan Ibu Menyusui yang Dapat Menggemukkan Bayi

Bayam mengandung zat besi yang sangat berguna untuk mencegah anemia pada ibu menyusui. Selain zat besi, bayam juga mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin K. Mengkonsumsi bayam setiap hari bermanfaat untuk membersihkan otak bayi.

Kandungan kalsium pada bayam juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi bayi. Tak hanya itu, kandungan vitamin A pada bayam juga sangat bermanfaat untuk ibu dan bayi.

Vitamin A akan membantu perkembangan dan pertumbuhan mata dan kulit si kecil serta membantu dalam pemeliharaan mata dan kulit ibu. Sedangkan vitamin C pada bayam bermanfaat untuk penyerapan zat besi. Vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah infeksi, kesehatan tulang, gigi, ligamen, dan pembuluh darah.

Apa Saja Jenis Makanan untuk Ibu Menyusui ?

Gandum

Jenis Makanan Ibu Menyusui yang Dapat Menggemukkan Bayi – pixabay.com

Gandum kaya serat, sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Serat dalam gandum bisa membuat bayi kenyang lebih lama dan meningkatkan pencernaan. Selain itu, salah satu manfaat gandum lainnya adalah menjadi antioksidan aktif dan kuat yang dapat melindungi tubuh ibu menyusui dari radikal bebas seperti bakteri dan virus yang nantinya akan berdampak pada kualitas ASI sehingga kesehatannya lebih baik. terjamin

Brokoli

Jenis Makanan Ibu Menyusui yang Dapat Menggemukkan Bayi

Sayuran hijau lain selain bayam adalah brokoli, yang dipercaya sebagai salah satu sayuran hijau paling bermanfaat. Sayuran ini cocok dikonsumsi oleh semua orang. Sama seperti bayam, brokoli juga mengandung asam folat yang dapat menyehatkan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

Selain itu, sayuran ini juga dipercaya dapat mempercepat produksi ASI, terutama karena di lengkapi dengan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium dan mangan. Dan yang terpenting, kandungan fitoestrogen yang tidak kalah baik pada sayuran brokoli berpengaruh positif terhadap produksi ASI.

See Also
natural facial whitening mask

Ikan Salmon

Jenis Makanan Ibu Menyusui yang Dapat Menggemukkan Bayi

Ikan jenis ini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan bayi. Salmon kaya akan DHA, dan berguna dalam membantu mengembangkan sistem saraf. Padahal ASI sendiri sudah mengandung DHA, tapi kandungan pada ikan salmon lebih tinggi.

Jadi tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi ikan salmon setiap hari. Meski demikian, tetap saja ibu menyusui sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi salmon atau jenis ikan lainnya.

Banyak ikan yang diyakini mengandung merkuri yang tidak baik untuk tubuh. Jadi, dengan membatasi jumlah konsumsi ikan, ibu juga harus  membatasi jumlah merkuri yang masuk ke tubuh bayi.

Itulah yang dapat dijelaskan mengenai makanan ibu menyusui, semoga bermanfaat.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top