Now Reading
5 Manfaat Buah Tamarin Untuk Kesehatan, Wajib Tau!

5 Manfaat Buah Tamarin Untuk Kesehatan, Wajib Tau!

Manfaat Buah Tamarin

Manfaat Buah Tamarin Untuk Kesehatan – Asam atau Tamarin merupakan tumbuhan khas tropis dan mudah ditemukan disekitar kita. Sebagai bumbu dapur, ternyata asam jawa mengandung banyak sekali nutrisi. Kombinasi buah asam dan manis ini sering digunakan sebagai pengobatan alternatif di seluruh dunia. Selain sebagai bumbu pilihan yang biasa digunakan dalam masakan, asam jawa bisa membawa banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Penasaran kan dengan manfaat asam? Simak  di bawah ini

Berikut adalah Manfaat Buah Tamarin yang wajib diketahui

1. Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan

Asam, dianggap sebagai obat pencahar alami karena kandungan seratnya. Asam jawa mengandung 6 gram serat tidak larut, yang memudahkan fases Anda melewati usus,

Menurut Shri Ram Institute of Technology Pharmacy Research tentang manfaat asam jawa bagi kesehatan manusia, asam memiliki adanya efek pencahar pada tanaman tersebut.

Manfaat Buah Tamarin
Manfaat Buah Tamarin Untuk Kesehatan

Selain itu, juga ditemukan bahwa anak-anak Afrika menggunakan asam jawa sebagai bagian dari sarapan mereka untuk mengatasi sembelit. Biasanya mereka mencampurkan buah eggart yang belum matang dengan air jeruk nipis atau madu.

Oleh karena itu, minum minuman yang mengandung asam jawa dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit pencernaan seperti diare dan sembelit.

2.      Menjaga kesehatan jantung

Manfaat Buah Tamarin
Manfaat Buah Tamarin Untuk Kesehatan

Manfaat asam jawa selanjutnya adalah membantu menurunkan kolesterol sehingga menjaga kesehatan jantung, hal ini karena asam jawa mengandung flavonoid. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Malaya yang melibatkan hewan laboratorium membuktikan keefektifan asam jawa dalam menurunkan kolesterol.

Tes ini menunjukkan bahwa kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol total dan trigliserida berkurang. Dengan Ekstrak asam yang diberikan pada hewan ini mampu menyerap dan membantu menghilangkan LDL dari jaringan saraf. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa antioksidan yang terdapat pada buah ini membantu mengurangi kerusakan oksidatif kolesterol berbahaya  yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

3.        Membantu mengontrol gula darah

Manfaat Buah Tamarin
Manfaat Buah Tamarin Untuk Kesehatan

Manfaat asam jawa selanjutnya adalah untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.Pada hewan percobaan, ekstrak asam jawa yang telah dicairkan dapat memainkan efek anti-diabetes yang cukup kuat.Masih dari penelitian yang sama, kandungan magnesium dari ekstrak asam jawa mampu menurunkan risiko hiperglikemia.Magnesium yang terkandung dalam asam jawa memiliki peran penting dalam fungsi 600 organ tubuh manusia, termasuk sebagai obat anti diabetes.

4. Membantu menurunkan berat badan

Selain bisa menurunkan risiko diabetes, ternyata dengan mengonsumsi asam jawa juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Buah Tamarin
Manfaat Buah Tamarin Photo by Pixabay on Pexels.com

“Asia Pacific Tropical Biomedical Journal” melaporkan bahwa asam jawa termasuk dalam buah tropis yang dapat menurunkan risiko obesitas.Obesitas adalah suatu kondisi peningkatan kadar lemak tubuh yang berlebihan, terutama pada jaringan adiposa.

Pengujian pada tikus gemuk menunjukkan bahwa ekstrak asam jawa dapat menurunkan berat badan.karena asam hidroksi tikit atau HCA dapat membantu menghambat penyimpanan lemak dalam tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan .

5. Membantu melindungi organ hati

Di Bangladesh, asam jawa dimakan sebagai buah karena manfaat kesehatannya. Obat ini dikenal dapat melindungi hati mereka.

See Also

Manfaat Buah Tamarin Untuk Kesehatan

Dalam studi eksperimental pada hamster, telah ditunjukkan bahwa ekstrak asam jawa yang berupa ekstrak hidroalkohol  membantu memperkuat sistem anti-inflamasi hati. Alkohol dan zat lain yang merusak organ hati meningkatkan risiko penyakit hati dan menjadi salah satu penyebab apoptosis, yaitu proses kematian sel-sel yang tidak diinginkan di dalam tubuh.

Karena itu, kebanyakan orang percaya bahwa asam jawa membantu mengurangi kerusakan hati. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan efek ini pada hati manusia.

Khasiat asam atau asam jawa sebenarnya sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Karena Mereka percaya dengan meminum jamu atau mengonsumsi makanan yang mengandung asam dapat meningkatkan kesehatan.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi fakta ini. Jika Anda memiliki keraguan, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum meminumnya.

Kalau masalah konsultasi, kamu bisa melakukan konsultasi di aplikasi BeauCo Apps. BeauCo Apps menyediakan tempat konsultasi gratis, dan sebuah marketplace produk kecantikan.

Selain itu kamu bisa melakukan pembelian dan bergabung dengan komunitas yang ada, kamu juga bisa melakukan diskusi tentang kecantikan. Kamu tertarik bukan, yuks langsung download aplikasi BeauCo apps di Playstore dan Appstore serta nikmatin berbagai fasilitas disana.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top