Now Reading
5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Avatar
Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut- Khasiat minyak zaitun untuk kesehatan rambut – siapa yang tidak kenal dengan minyak zaitun, minyak ini tidak hanya bisa menjadi minyak untuk menggoreng makanan tapi memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kesehatan rambut.

Manfaat Minyak Zaitun
Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Minyak zaitun telah digunakan selama ribuan tahun oleh orang Yunani kuno untuk kecantikan dan kesehatan. Padahal, karena pentingnya minyak ini dalam kehidupan mereka, ikon buah zaitun ditemukan di kuburan kuno atau koin sebagai simbol keabadian.

Seiring dengan perkembangan teknologi dalam mengolah bahan baku, salah satunya minyak zaitun. Saat ini minyak zaitun telah dijadikan berbagai produk kecantikan dan perawatan rambut. Berikut manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut, meliputi :

Apakah Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut?

Mengatasi Kulit Kepala Kering

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Kulit kepala kering bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari paparan sinar matahari yang tinggi hingga kekurangan nutrisi. Anda tidak perlu khawatir berurusan dengan kulit kepala yang kering.

Untuk mengobatinya, Anda hanya perlu mencampurkan minyak zaitun dengan jus lemon dan masing-masing dua sendok makan air. Aduk rata, lalu oleskan pada area kulit kepala yang diinginkan.

Pijat dengan lembut selama beberapa saat dan biarkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas rambut menggunakan sampo, lalu keringkan rambut dengan handuk. Ulangi perawatan ini secara rutin untuk hasil yang maksimal. Namun yang harus Anda ingat, kulit kering akan berpengaruh pada kesehatan rambut Anda.

Melembabkan Rambut

thoughtful female covering face with green leaf
Photo by Matteus Silva de Oliveira on Pexels.com

Banyak orang sudah membuktikan manfaat minyak zaitun untuk rambut kering. Ada dua cara mengaplikasikan minyak zaitun untuk membuat rambut lembut. Cara pertama adalah dengan mengoleskan minyak zaitun langsung ke rambut. Cara kedua dengan membuatnya menjadi masker rambut.

Caranya, campur setengah buah alpukat, satu butir telur, dan satu sendok teh minyak zaitun. Aduk semua bahan hingga tercampur rata, lalu oleskan pada rambut basah setelah keramas. Diamkan 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Mengatasi Rambut Sulit Diatur

Mengoleskan minyak zaitun dengan teknik perawatan minyak panas merupakan solusi untuk rambut sulit diatur. Panaskan tiga sendok makan minyak zaitun terlebih dahulu. Jumlah ini bisa disesuaikan dengan ketebalan rambut.

Setelah minyak zaitun dipanaskan, lalu oleskan ke rambut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu Anda bebas menata rambut sesuka Anda.

See Also
Kado Valentine

Mengatasi Rambut Rusak dan Pecah.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Jika Anda memiliki masalah dengan ujung bercabang dan mudah rontok? Atau pertumbuhan rambut yang terasa lambat? Anda bisa mengobatinya dengan sangat mudah dengan menggunakan minyak zaitun.

Caranya, tuangkan beberapa tetes minyak zaitun ke telapak tangan lalu usapkan pada rambut dari tengah hingga ujung. Minyak zaitun dapat membantu mengembalikan kelembapan rambut dan mengurangi potensi kerusakan dan ujung bercabang.

Mengurangi Ketombe

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Ketombe terjadi saat kondisi kulit kepala terlalu kering sehingga sel-sel mati terkelupas. Kandungan vitamin E dan asam lemak yang terdapat pada minyak zaitun dapat melembabkan kulit kepala yang jika digunakan secara teratur dapat menghilangkan ketombe.

Ketombe juga biasanya sangat mempengaruhi kesehatan rambut anda jika ketombe yang anda alami cukup parah sehingga cenderung menggaruk kepala dan menyebabkan rambut rontok.

Jika Anda tidak melakukan perawatan dengan minyak zaitun secara rutin, manfaat yang Anda peroleh tidak akan semaksimal yang diharapkan.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top