Now Reading
5 Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala

5 Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala

Avatar
Penyebab Munculnya Ketombe

Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala- Ketombe adalah adanya serpihan kulit kepala berupa butiran halus berwarna putih atau serpihan pada rambut dan kulit kepala, ketombe dapat muncul pada setiap orang dan menurut beberapa survey yang dilakukan oleh dokter kulit.

penyebab ketombe di kepala
Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala

Ketombe sudah menjadi masalah yang umum di masyarakat. dunia, lebih dari 50% populasi dunia memiliki masalah dengan ketombe. Secara umum, penyebab ketombe adalah kulit kepala yang kering atau berminyak, dan mikroba Malassezia globosa yang ada di kulit kepala semua orang.

Namun terlepas dari masalah mendasar tersebut, ketombe dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya. Walaupun sudah menjadi masalah yang umum, ketombe tidak menular dan dapat menular dari manusia ke manusia atau ke hewan, letombe memiliki beberapa jenis, baik yang ringan sampai yang parah.

Ketombe juga dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala jika kondisi ketombe terlalu parah dan paling sering berdampak pada seseorang yang memiliki masalah ketombe yaitu kurang percaya diri untuk melakukan aktivitas di tempat keramaian.

Agar bisa terhindar dari ketombe, sebaiknya ketahui penyebab ketombe di kepala. Berikut ini adalah penyebab ketombe di kepala :

Apa penyebab munculnya ketombe di kulit kepala?

Kulit Kepala Kering

Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala

Kulit kepala yang terlalu kering bisa disebabkan oleh suhu yang terlalu dingin, yang kemudian mengelupas dan menjadi ketombe. Biasanya orang yang tinggal di suhu dingin mudah sekali terkena ketombe di kulit kepalanya.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika tempat tinggal Anda bersuhu sangat dingin, Anda bisa mengatasi ketombe dengan rutin mencuci rambut menggunakan sampo anti ketombe.

Kulit Kepala Berminyak

Penyebab Munculnya Ketombe di Kepala

Kulit kepala bisa menghasilkan sebum (minyak) berlebih yang kemudian bereaksi dengan debu dan kotoran sehingga menimbulkan gatal dan ketombe.

Biasanya orang yang melakukan aktivitas di luar rumah akan meningkatkan kemungkinan seseorang terkena ketombe di kulit kepala.

Contoh aktivitas yang sering dilakukan oleh seseorang di luar rumah yaitu jogging, jogging merupakan aktivitas olahraga yang dapat menghasilkan minyak berlebih di kepala dan harus terkena debu saat berlari.

See Also

Anda tidak terlalu khawatir jika sering melakukan aktivitas di luar ruangan, Anda bisa mengantisipasi timbulnya ketombe dengan melakukan keram dengan air mengalir agar debu yang menempel di kulit hilang.

Infeksi jamur Malassezia globosa

Malassezia globosa menghasilkan asam oleat yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan memicu ketombe. Anda harus berhati-hati karena meski ketombe tidak menular, mikroba tersebut mudah menular melalui handuk, sisir, atau topi. Namun mikroba tersebut bisa dikendalikan dengan melakukan masker dengan sampo anti ketombe.

Pembilasan Tidak Bersih

Penggunaan berbagai produk juga membutuhkan pembilasan yang sempurna, agar tidak ada residu produk yang bercampur dengan debu dan kotoran yang kemudian mengakibatkan timbulnya ketombe.

Jika Anda menggunakan produk yang berhubungan langsung dengan kulit kepala seperti minyak rambut atau produk lainnya, Anda harus mengetahui cara membersihkan produk tersebut dengan sempurna agar dapat mengurangi munculnya ketombe.

Meski sering melakukan perawatan di kepala, namun jika tetap tidak bisa menjaga kebersihan kepala, potensi ketombe masih ada.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top