Now Reading
6 Cara Memutihkan Gigi yang Kuning

6 Cara Memutihkan Gigi yang Kuning

Mengatasi Gigi yang kuning

Cara Memutihkan Gigi yang Kuning- Salah satu problem pada tubuh kita yang bisa menurunkan rasa percaya diri yaitu gigi yang tampak kuning. Gigi kuning bukanlah indikator dari buruknya kesehatan mulut, namun ada faktor-faktor luar yang menjadi penyebab gigi yang awalnya putih menjadi kuning.

memutihkan gigi yang kuning
memutihkan gigi yang kuning

Faktor tersebut bisa berasal dari kebiasaan merokok, malas menyikat gigi sehingga tertimbunnya plak di gigi sisa dari makanan. Kebiasaan minum kopi dan teh ternyata juga bisa menyebabkan gigi berwarna kuning. Hal itu disebabkan oleh kandungan zat pada dua minuman ini, yaitu tanin yang ternyata mampu mengubah warna gigi.

Karena itu bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum kopi dan teh, mulai saat ini kurangilah dalam mengonsumsinya, atau jika memang berat untuk dilakukan, Anda bisa menggunakan sedotan. Sehingga cairan kopi maupun teh tidak kontak langsung dengan gigi Anda.

Lantas bagaimana jika gigi sudah terlanjur berwarna kuning, adakah cara yang dapat kita lakukan untuk kembali membuat gigi menjadi putih? Kabar baiknya adalah masih ada beberapa cara untuk menjadikan warna gigi menjadi putih. Berikut kami berikan ulasan mengenai cara memutihkan gigi yang kuning.

Sikat Gigi Menggunakan Campuran Hidrogen Peroksida dan Baking Soda

Cara Memutihkan Gigi yang Kuning

Kedua campuran bahan tersebut mampu untuk mengangkat plak-plak gigi yang mulai membandel. Selain itu campuran ini mampu untuk membunuh bakteri dan menghambat pertumbuhannya.

Memang dengan cara ini gigi tidak akan putih dengan instan, perlu waktu dan kedisiplinan untuk menjalankannya. Cara untuk membuat campuran dari kedua bahan ini terbilang mudah, gunakan perbandingan satu banding dua. Satu sendok untuk baking soda dan dua sendok untuk hidrogen peroksida.

Scalling Gigi

Cara Memutihkan Gigi yang Kuning

Ini adalah prosedur yang digunakan untuk membersihkan permukaan gigi dan bagian-bagian gusi dari karang gigi yang menempel. Seperti yang kita ketahui, dengan sekedar menyikat gigi saja itu tidak akan cukup untuk mengangkat karang-karang yang menempel di gigi.

Perlu alat khusus untuk melakukannya, seperti pengikis karang gigi manual ataupun ultrasonic scaler. Hanya dalam prosedur scalling gigilah Anda bisa menemukan itu.

See Also
Jenis Buah

Bagaimana Cara Memutihkan Gigi yang Kuning?

Bleaching Gigi

Cara Memutihkan Gigi yang Kuning

Bleaching gigi adalah proses untuk memutihkan gigi dengan instan. Biasanya prosedur ini memanfaatkan bahan kimia berupa karbamid peroksida dan hidrogen peroksida. Setelah bahan tersebut dioleskan ke gigi, dokter akan menyinarinya dengan sinar laser.

Namun yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan bleaching gigi, hasil dari proses pemutihan gigi ini tidak bersifat permanen, setelah beberapa bulan atau beberapa tahun, warna gigi lambat laun akan kembali ke warna asal. Jadi untuk tetap mempertahankan warna putihnya. Anda harus rutin melakukan prosedur bleaching gigi ini.

Veneer Gigi

Cara Memutihkan Gigi yang Kuning

Cara yang terakhir dan terbilang sangat instan dengan hasilnya yang bertahan lama yaitu veneer gigi. Prosedur medis yang satu ini dilakukan dengan cara menempelkan mahkota gigi. Sebelum dilakukan penempelan tersebut, sebelumnya dokter akan mengikis permukaan gigi Anda, kira-kira setebal satu hingga dua milimeter.

Selanjutnya dokter akan menempelkan mahkota gigi tersebut pada permukaan yang telah dikikis tadi. Biasanya veneer terbuat dari bahan resin. Yang perlu Anda ingat, jika dalam prosesnya veneer gigi perlu untuk merubah bentuk, maka itu akan bersifat permanen.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top