Now Reading
6 Cara Mengatasi Ketombe pada Bayi

6 Cara Mengatasi Ketombe pada Bayi

Avatar
Mengatasi Ketombe

Cara Mengatasi Ketombe pada Bayi- Siapa bilang ketombe hanya bisa menyerang orang dewasa dan remaja-remaja puber, ternyata ketombe tidak pandang bulu, bahkan bayi pun bisa mengalami gangguan tersebut.

Jika pada orang dewasa umumnya ketombe merupakan gangguan dermatitis seboroik maka berbeda pada bayi, gangguan ini dikenal dengan sebutan cradle cap. Tentunya Anda para ibu yang balitanya pernah mengalami hal ini tidak akan asing dengan istilah tersebut.

 Mengatasi Ketombe pada Bayi

Umumnya bayi berusia dibawah satu tahun yang rentan terserang gangguan ini. Cradle cap sendiri disebabkan oleh kalenjar minyak yang bekerja terlalu aktif oleh sebab rangsangan hormon ibu yang terdapat pada bayi sehingga menimbulkan lapisan tebal di kulit kepala si bayi.

Mengutip pernyataan dokter, bahwasannya infeksi oleh bakteri dan jamur pada kulit kepala bayi juga bisa menyebabkan munculnya cradle cap. Tanda si bayi mengalami gejala cradle cap dapat dilihat dari permukaan kepala si bayi, jika terdapat kerak tebal dan sisik yang berwarna putih, maka dipastikan si bayi mengalami gejala tersebut.

Jangan paksa diri Anda untuk mengelupas kerak tersebut, karena dihawatirkan nantinya bisa menyebabkan luka dan iritasi. Adakah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketombe pada bayi?

Tentunya ada, karena setiap permasalahan tentu memiliki jalan keluarnya masing-masing. Berikut kami telah merangkum beberapa Cara Mengatasi Ketombe pada Bayi , sebagai berikut :

Mandikan bayi dua kali sehari

Anda perlu memperhatikan intensitas mandi bayi dalam sehari, jangan terlalu sering, cukup lakukan itu dua kali dalam sehari. Karena jika terlalu sering memandikan bayi, dihawatirkan nantinya Anda kurang bersih dalam membilas.

Sehingga sampo yang digunakan menumpuk di kulit kepala si bayi. Saat memandikan bayi, jangan lupa untuk memberikan sampo dalam jumlah yang sedikit saja, usapkan pada kepala si bayi dan berikan pijatan lembut!

Gunakan baby oil

Baby oil ternyata juga diketahui dapat mengatasi masalah ketombe pada si bayi. Teteskan sedikit baby oil, dan diamkan beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih!

Bagaimana Cara Mengatasi Ketombe pada Bayi?

Gunakan Tree tea oil atau baking soda

Salah satu dari segudang manfaat tree tea oil yaitu untuk mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Oleh karena itu Anda perlu untuk mencari sampo dengan kandungan bahan tree tea oil.

See Also
menghilangkan ketombe

Lalu aplikasikan shampo tersebut ke kepala si bayi, agar tidak terjadi penumpukan sel-sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyebabkan ketombe. Begitu juga dengan baking soda, khasiatnya yang mampu mengangkat sel kulit mati bisa Anda gunakan untuk membersihkan kepala si bayi agar tidak lagi berketombe.

Gunakan perasan lemon

Anda bisa menggunakan perasan lemon untuk mengobati kulit kepala bayi yang berketombe. Karena diketahui asam hidroksil yang dikandung oleh lemon mampu untuk membunuh jamur di kulit kepala dan meredakan gatal-gatal yang disebabkan oleh ketombe.

Cara pengaplikasiannya terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mencampur perasan lemon dengan yogurt, selanjutnya Anda tinggal oleskan ke kepala si bayi. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih, sambil lalu Anda pijat-pijat kulit kepala si bayi dengan lembut!

Itu tadi cara mengatasi ketombe pada bayi, dan selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top