Now Reading
6 Tips Kelola Keuangan saat Ramadahan di Tengah Pandemi

6 Tips Kelola Keuangan saat Ramadahan di Tengah Pandemi

Kelola Keuangan

Tips Kelola Keuangan saat Ramadahan – Alih-alih menghemat pengeluaran, bulan puasa terkadang membuat pengeluaran semakin banyak. Hal tersebut biasanya akibat dari godaan yang muncul di bulan Ramadhan sehingga ingin membeli berbagai macam makanan maupun barang. Terlebih lagi kini bulan puasa hadir di tengah pandemic yang mengharuskan kita untuk lebih berhemat. Nah kali ini kami akan memberikan tips untuk kelola keuangan saat kondisi seperti sekarang ini.

Menentukan Perencanaan Keuangan

Kelola Keuangan

Hal yang paling mendasar untuk mengelola keuangan yaitu menentukan perencanaan keuangan. Luangkanlah waktu untuk mencatat rencana belanja untuk sebulan ke depan. Dengan catatan tersebut kamu dapat menyesuaikannya dengan kondisi keuangan.

Perencanaan tersebut dapat kamu beagi untuk beberapa kepentingan, misalnya seperti kebutuhan seperti sahur dan berbuka, kebutuhan sehari-hari, dan dana darurat. Selain itu, jangan lupa sisihkan untuk kepentingan bersedekah di bulan suci ini.

Tentukan Skala Prioritas

Kelola Keuangan

Tips kelola keuangan selanjutnya yaitu menentukan skala prioritas. Terkadang  banyak orang di bulan Ramadhan yang justru malah menghambur uang. Akan lebih baik jika mengurangi aktivitas acara buka bersama apalagi dikondisi pandemi seperti ini. Selain itu, manfaatkanlah promo Ramadhan sebaik mungkin dan sesuai kebutuhan, jangan membeli barang promo namun tidak dibutuhkan.

Belanja Sebelum Bulan Puasa

Menyiapkan kebutuhan sebelum bulan puasa juga dapat membantu menekan pengeluaran. Pasalnya harga kebutuhan poko biasanya akan lebih rendah dibandingkan saat bulan Ramadhan. Kamu dapat melakukan hal ini sesuai dengan perencanaan keuangan yang telah dibuat, jangan sampai melakukan panic buying.

Membuka Usaha

Di bulan Ramadhan kamu juga dapat membuka usaha yang berkaitan dengan puasa itu sendiri seperti berjualan takjil, membuat kue untuk lebaran atau yang lainnya.

Selain itu, usaha kecil ini dapat dilanjutkan apabila berjalan sukses. Cukup banyak tips-tips usaha yang cocok dibuka saat Ramadhan yang bisa kamu cari di Internet.

Menabung dan Investasi

Tips kelola keuangan yang selanjutnya yaitu menabung dan investasi. Semisal kamu mendapat THR lebaran, alangkah baiknya apabila ditabung atau diinvestasikan agar menjadi ladang pendapatan. Efeknya akan terasa di masa depan, bisa saja Ramadhan tahun depan akan lebih mudah karena adanya tambahan dana hasil dari tabungan dan investasi saat ini.

Menjaga Kesehatan

Sehat itu sangat mahal harganya, terlebih lagi di kondisi seperti sekarang ini yang mengharuskan kita benar-benar menjaga kondisi. Apabila kamu sakit, pasti juga akan berpengaruh dengan pendapatan karena tidak ada tenaga yang mencarinya. Maka dari itu jangan lupa jaga kesehatan ya!

Demikian beberapa tips untuk kelola keuangan saat Ramadhan di tengan pandemi seperti sekarang ini. Semoga pandemi ini cepat berakhir dan kehidupan kembali berjalan normal. Jangan ketinggalan update lainnya dengan membaca informasi menarik melalui situs Beaufo.id ya! Semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu mengelola keuangan kamu!

See Also

Masih ingin mengetahui artikel informatif lainnya? Kamu dapat membacanya melalui aplikasi beauCo dan dapatkan update terbaru seputar kecantikan!

Untuk mendapat informasi tentan kecantikan lainnya, kamu dapat mengaksesnya melalui BeauCo Apps yang dapat kamu download melalui appstore maupun playstore.

Dan dapatkan loyality setiap belanja di marketplace BeauCo, dan dapatkan cashback yang menarik lainnya serta dapatkan konsultasi kecantikan secara gratis.

Tag : Tips Kelola Keuangan saat Ramadahan di Tengah Pandemi

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top