Now Reading
Ada Ketombe Di Alis ! 6 Tips Mengatasi Ketombe di Alis

Ada Ketombe Di Alis ! 6 Tips Mengatasi Ketombe di Alis

Avatar
Mengatasi Ketombe di Alis

Cara Mengatasi Ketombe di Alis- Mungkin Anda terheran-heran ketika membaca judul artikel di atas, “memangnya alis juga bisa terkena ketombe?” Barangkali itulah pertanyaan yang terbersit dalam pikiran Anda.

mengatasi ketombe di alis
Tips Mengatasi Ketombe di Alis

Ketombe tidak hanya terjadi di kulit kepala saja, tapi alis juga memiliki potensi untuk munculnya ketombe. Hal yang menjadi salah satu faktor penyebab kemunculannya pun juga sama, yaitu infeksi oleh jamur malassezia.

Mengutip pernyataan dr.Devia Irine Putri dari laman klikdokter menyebutkan bahwa, ada tiga faktor yang menyebabkan alis menjadi berketombe, ketiga faktor tersebut antara lain psoriasis, dermatitis kontak serta dermatitis seboborik.

Psoriasis yaitu kondisi dimana pergantian kulit terjadi terlalu cepat akibat mengalami peradangan, dermatitis psoriasis yaitu merupakan gangguan pada kulit yang ditunjukkan dengan ciri kulit tampak kering dan kemerahan,

Sedangkan dermatitis kontak gejalanya hampir sama seperti dermatitis psoriasis, yang membedakan hanyalah pada penyebabnya saja. Munculnya ketombe di alis membuat kita sangat tidak nyaman.

Sama seperti ketombe di kulit kepala, ketombe di alis juga menyebabkan rasa gatal dan munculnya serbuk putih yang mengotori rambut alis. Agar masalah ketombe di alis ini tidak berlanjut dan semakin parah, Anda perlu segera menanganinya dengan tepat.

Bagaimana cara mengatasi ketombe di alis?

Gunakan sampo khusus ketombe

Tips Mengatasi Ketombe di Alis

Anda disarankan untuk menggunan produk sampo yang memang dibuat khusus untuk mengatasi masalah ketombe. Sampo-sampo tersebut biasanya mengandung salicylic acid, zinc pyrithione, selenium sulfide atau sulfacetamide.

Kandungan-kandungan tersebut terbukti ampuh menghilangkan ketombe, sehingga Anda juga bisa mengaplikasikannya di alis Anda. Gunakan sedikit saja lalu gosok dengan lembut ke area alis, gunakan secara rutin hingga alis Anda bebas dari ketombe.

Gunakan pelembab

Tips Mengatasi Ketombe di Alis

Ketombe di alis muncul akibat kulit yang cenderung kering, oleh karena itu Anda perlu untuk menjaga kelembaban kulit alis. Pilihlah krim pelembab yang memiliki kandungan satu persen hidrokortison.

Kandungan tersebut efektif untuk mengobati peradangan akibat ketombe. Caranya Anda hanya tinggal mengoleskannya saja pada area alis ketika kulit alis dirasa mulai kering.

See Also
Cara Mengatasi Bibir Kering

Gunakan minyak zaitun

Tips Mengatasi Ketombe di Alis

Perlu Anda ketahui bahwasannya minyak zaitun memiliki kandungan yang bersifat anti-oksidan,  selain itu juga di dalamnya terkandung vitamin E dan K yang sangat berguna untuk menghilangkan ketombe.

Anda cukup oleskan minyak zaitun ke alis, diamkan beberapa menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih! Anda tidak cukup melakukan hal ini sekali saja, perlu dilakukan secara berulang agar ketombe di alis benar-benar hilang dan bersih.

Aplikasikan minyak almond

Tips Mengatasi Ketombe di Alis

Minyak almond dipercaya memiliki khasiat meredakan rasa gatal dan mengobati iritasi yang disebabkan oleh ketombe. Selain itu minyak almond juga memiliki manfaat sebagai pelembab. Karena salah satu fungsinya yaitu dapat menghidrasi kulit.

Sehingga kulit alis Anda tidak menjadi kering dan akan tetap lembab. Gunakan minyak almond secukupnya, aplikasikan setidaknya dua kali dalam sehari agar ketombe di alis Anda cepat teratasi.

Manfaatkan gel aloe vera

Tips Mengatasi Ketombe di Alis

Seperti yang semua orang ketahui, tanaman yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi rambut. Tidak sedikit produk-produk kecantikan terutamanya sampo, yang menggunakan aloe vera (lidah buaya) sebagai bahan penyusunnya. Anda bisa menggunakan gel tanaman ini untuk mengatasi masalah ketombe di alis yang sedang Anda alami saat ini.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top