Now Reading
6 Tips Menjaga Kesehatan Gigi

6 Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Menjaga Kesehatan Gigi

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Salah satu upaya untuk hidup sehat yaitu dengan menjaga kesehatan gigi. Hal ini karena kesehatan gigi dan mulut dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kondisi dimana terjadi infeksi pada gusi dan gigi dapat menyebar ke dalam jaringan tubuh lainnya. Karena itu merawat kesehatan mulut dan gigi sangatlah penting untuk hidup yang lebih sehat.

Berikut ini tips sederhana yang bisa kamu lakukan dalam merawat kesehatan gigi dan mulut :

Sikat Gigi Dengan Benar

Menjaga Kesehatan Gigi
Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Sikat gigi bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menyangkut pada gigi. Tetapi kamu tidak boleh menggosok gigi terlalu keras, karena gesekannya bisa saja merobek gusi. Menyikat gigi perlu dilakukan dengan hati-hati dan lembut hingga ke sela-sela gigi.

Selain dilakukan secara lembut, menyikat gigi harus disertai dengan gerakan memutar selama dua menit. Jika menyikat gigi dilakukan dengan tidak benar, alih-alih bersih, plak gigi malah akan bertambah dan menyebabkan peradangan pada gusi.

Gunakan Pasta Gigi dengan Kandungan Fluoride

Kesehatan Gigi
Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Fluoride sendiri merupakan unsur alami yang terdapat pada air minum dan makanan yang dikonsumsi. Zat ini dapat memberikan perlindungan secara alami pada gigi. Fluoride juga berguna untuk menguatkan enamel gigi, serta merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi dengan memerangi kuman penyebab kerusakan gigi. Karena itu pasta gigi dengan kandungan fluoride sangat cocok untuk menjaga kesehatan gigi kamu.

Pilih Sikat Gigi Yang Sesuai

Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pemilihan sikat gigi. Kamu dapat memilih sikat gigi dengan sikat yang lembut, serta ganti sikat gigi jika terdapat bulu sikat yang bengkok. Hal ini karena bulu sikat yang bengkok atau tumpul dapat merusak gigi kamu

Sikat Gigi Secara Teratur

Jangan lupa menggosok gigi pada saat sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Hal ini untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menghilangkan plak gigi dan bakteri yang menumpuk di dalam mulut sepanjang hari. Dengan begitu kamu dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut agar tetap bersih.

See Also
Penuaan-dini

Berhenti Merokok

Tak hanya jantung dan paru-paru yang terkena dampak negatif dari merokok. Merokok dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit pada gusi, karena menghambat aliran darah menuju gusi. Hal tersebut membuat gusi kekurangan nutrisi dan oksigen, sehingga rentan mengalami infeksi. Tak hanya itu, merokok juga dapat merusak lapisan enamel dan jaringan gigi.

Makan Makanan Yang Bergizi

Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Dengan mengonsumsi makanan yang termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, serta produk susu atau olahan susu dapat membuat nutrisi yang dibutuhkan akan terpenuhi, sehingga penyakit pada mulut dan gigi dapat dicegah.

Itulah beberapa tips sederhana dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan gigi secara rutin untuk membantu merawat kesehatan mulut dan gigi kamu. Pada orang dewasa biasanya pemeriksaan dilakukan setiap 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top