Now Reading
7 Cara Atasi Rambut Keriting dan Kusam

7 Cara Atasi Rambut Keriting dan Kusam

Avatar
Rambut Keriting dan Kusam

Rambut keriting dan kusam dapat menjadi masalah beberapa orang yang bisa membuat percaya diri menurun. Masalah tersebut bisa muncul karena beberapa faktor yang mungkin tidak kamu ketahui. Untuk mengatasinya kamu bisa lakukan cara berikut ini agar rambutmu bisa terlihat sehat dan berkilau.

Hindari paparan sinar matahari terlalu lama

Rambut Keriting
Cara Atasi Rambut Keriting dan Kusam

Paparan sinar matahari yang terlalu lama pada rambut dapat menyebabkan dampak negatif, salah satunya adalah penuaan dini rambut. Gejala proses penuaan pada rambut biasanya diawali dengan munculnya uban di usia muda, rambut rontok, kusam, dan mudah patah.  Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus menghindari sengatan matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

Pilih produk sampo sesuai jenis rambut

Rambut Keriting dan Kusam
Cara Atasi Rambut Keriting dan Kusam

Tiap sampo memiliki formula yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan jenis rambut. Kebanyakan sampo mengandung sulfat yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan minyak pada rambut. Sayangnya terlalu sering menggunakan sampo berbahan sulfat dapat berdampak buruk bagi rambut. Oleh karena itu pastikan kamu memilih produk sampo sesuai jenis rambut yang kamu miliki.

Gunakan kondisioner

Cara Atasi Rambut Keriting dan Kusam

Untuk mengatasi rambut keriting dan kusam kamu bisa menggunakan kondisioner sehabis keramas. Hal ini bertujuan agar rambut tetap terjaga kelembabannya serta menjadi solusi untuk rambut kering yang dapat membantu menutrisi rambut agar tampak berkilau dan sehat.

Cukup tunggu selama 10-20 menit agar kondisioner meresap secara sempurna ke dalam rambut. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan air bersih.

Sisir rambut dengan teknik yang benar

Menyisir rambut yang baik dan benar adalah dimulai dari ujung rambut terlebih dahulu. Kemudian barulah kamu menyisir bagian atas rambut hingga ujung rambut. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi rambut rontok. Selain itu kamu juga bisa menggunakan sisir yang bergigi renggang khusus untuk rambut yang cenderung kasar. Satu hal yang tidak boleh dilakukan adalah menyisir rambut dalam keadaan basah.

Hindari keramas dengan air hangat

Mencuci rambut menggunakan air hangat dapat merusak tampilan fisik rambut. Batang rambut akan terlihat kusam dan mudah rapuh. Suhu air yang tinggi dapat mengakibatkan akar rambut menjadi rapuh. Alhasil rambut akan mudah rontok saat disisir. Oleh karena itu hindari untuk keramas atau mencuci rambut dengan air hangat.

Keringkan rambut dengan kain berbahan lembut

Rambut keriting dan kusam bisa disebabkan karena cara yang salah dalam mengeringkan rambut. Sebelum mengeringkan rambut, baiknya kamu memperhatikan terlebih dahulu bahan handuk yang kamu gunakan.  Tekstur handuk yang kasar dapat membuat rambut menjadi kasar. Oleh karena itu kamu perlu mensiasatinya dengan kain yang berbahan lembut seperti katun dan sejenisnya.

See Also

Gunakan masker rambut dan serum

Untuk mengatasi rambut yang keriting dan kusam, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah menutrisi rambut dengan mengaplikasikan masker alami yang dapat kamu racik sendiri di rumah.

Misalnya saja masker alpukat maupun pisang yang dapat merawat kelembapan. Selain itu biasakan mengaplikasikan serum rambut sehabis keramas untuk mendapatkan rambut yang sehat berkilau.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut keriting dan kusam. Menjaga kesehatan rambut sangat penting untuk menunjang penampilan dan kepercayaan diri kita. Sekian penjelasan yang bisa kami sampaikan semoga artikel ini dapat bermanfaat!

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top