Now Reading
7 Cara Mengatasi ketombe yang Berlebihan di 2021

7 Cara Mengatasi ketombe yang Berlebihan di 2021

Avatar
Mengatasi Ketombe Berlebihan

Cara Mengatasi ketombe yang Berlebihan Salah satu problem rambut yang cukup mengganggu dan sering kita temui atau bahkan mungkin Anda sedang mengalaminya saat ini, adalah ketombe (Pityriasis capitis). Ketombe memang bukanlah gangguan kesehatan yang serius, tapi tak bisa dipungkiri, kemunculannya sangat mengganggu.

Cara Mengatasi ketombe yang Berlebihan

Terlebih jika ketombe yang muncul sudah berlebihan, maka hal itu akan berdampak pada rasa percaya diri yang semakin menurun. Ketombe muncul akibat pengelupasan sel kulit kepala yang telah mati, ditandai dengan munculnya serbuk putih pada rambut.

Ada banyak faktor  yang memicu munculnya ketombe, diantaranya yaitu kulit kepala yang kering, penggunaan produk perawatan rambut yang kurang sesuai, infeksi jamur pada kulit kepala atau yang paling sering terjadi yaitu karena kebiasaan malas keramas.

Ketombe yang berlebihan dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala disertai dengan rambut rontok. Dan kulit kepala yang sering digaruk, akan mengakibatkan luka dan mudah terinfeksi. Oleh karena itu Anda tidak boleh menyepelekan masalah ketombe. Berikut kami berikan cara mengatasi ketombe berlebihan.  :

Bagaimana cara untuk mengatasi ketombe yang berlebihan?

Rutin mencuci rambut

Mengatasi Ketombe Berlebihan
Cara Mengatasi ketombe yang Berlebihan

Jika Anda malas mencuci rambut, maka kulit kepala akan penuh dengan kotoran dan sel-sel kulit mati, karena itu sangat perlu untuk mencuci rambut dengan rutin agar kebersihan kulit kepala Anda terjaga.

Rutin bukan berarti berlebihan, karena jika cuci rambut dilakukan secara berlebihan atau terlalu sering, hal itu akan memperparah munculnya ketombe, karena semakin berkurangnya minyak alami yang terdapat  pada rambut, sehingga kulit kepala menjadi kering.

Gunakan minyak pohon teh (Tea tree oil)

Cara Mengatasi Ketombe
Organic, natural cosmetics. Natural shampoo, tonic, serum for hair and skin. Flat lay, minimalism pastel

Selain digunakan untuk aromaterapi, penyembuhan jerawat dan mengobati bekas luka, olahan daun teh yang berupa minyak ini juga dapat menekan pertumbuhan jamur di kulit kepala yang menyebabkan munculnya ketombe. Cara penggunaannya relatif mudah, namun bagi Anda pemilik kulit sensitif, jangan langsung mengoleskannya pada kulit kepala!

Karena akan menyebabkan iritasi. Untuk menghindari hal itu, Anda perlu mencampur minyak pohon teh dengan sampo yang biasa digunakan sehari-hari. Anda juga bisa mencampurnya dengan bahan lain seperti minyak kelapa dan lidah buaya. Dua bahan alami tersebut memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan, selain itu lidah buaya juga mengandung zat aktif antijamur dan bakteri. Baca Juga https://beaufo.id/6-manfaat-minyak-kemiri-untuk-rambut/

See Also
Cara Mengatasi Komedo pada Wajah

Gunakan sampo khusus untuk rambut berketombe

Cara Mengatasi ketombe yang Berlebihan

Cara ini relatif sangat mudah, karena Anda tidak perlu susah payah membuat racikan atau semacamnya. Anda hanya perlu pergi ke supermarket atau apotek terdekat. Namun yang perlu diperhatikan, sampo anti ketombe yang Anda pilih harus mengandung asam silsilat, zinc pyrithione, selenium sulfida dan ketoconazole. Anda dapat melihatnya dibagian komposisi pada kemasan.

Gunakan baking soda

Cara Mengatasi ketombe yang Berlebihan

Bahan dapur yang biasa digunakan untuk membuat kue atau roti ini juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe berlebihan. Kandungan antijamur yang terdapat pada baking soda dapat menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Serta mengurangi rasa gatal serta membantu mengangkat sel-sel kulit mati di kepala. Sebelum mengoleskan baking soda terlebih dulu basahi rambut Anda, setelah dioleskan, diamkan selama dua menit, lalu bilas dengan air bersi!

Itulah cara mengatasi ketombe berlebihan, selamat mempraktekan dan ucapkan selamat tinggal pada ketombe.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top