Now Reading
7 Cara Mudah Melawan Radikal Bebas

7 Cara Mudah Melawan Radikal Bebas

Melawan Radikal Bebas

Cara Mudah Melawan Radikal Bebas– Radikal bebas membawa dampak buruk untuk kesehatan tubuh kita. Sejauh ini kita mungkin sering mendengar istilah radikal bebas, dimana ia dijadikan penyebab munculnya kankerdan beberapa penyakit lainnya. Ya, itu memang benar, radikal bebas berbahaya bagi tubuh jika dengan jumlah yang berlebihan.

Melawan Radikal Bebas
Radikal Bebas

Dalam kadar normal, radikal bebas bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Sedangkan radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat memicu stres oksidatif, dimana tubuh kekurangan antioksidan untuk menetralkan radikal bebas yang ada.

Banyak penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan, diantaranya, demensia, penyakit kardiovaskular, kanker, rheumatoid arthritis, diabetes, alzheimer, katarak dan kehilangan penglihatan juga bisa terjadi.

Untuk melawan terjadinya radikal bebas dalam tubuh, maka anda harus mengkonsumsi antioksidan dalam jumlah yang cukup. Berikut makanan kaya antioksidan yang bisa Anda coba :

Apa Saja Sayuran dan buah-buahan yang kaya Antioksidan dan dapat melawan Radikal Bebas?

Kacang

melawan Radikal Bebas

Tak hanya sebagai sumber protein, kacang juga kaya akan antioksidan. Jenis kacang yang bisa Anda coba adalah kemiri dan pinto. Makan kemiri mentah dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang berperan dalam proses pembentukan radikal bebas.

Roti Gandum

Roti gandum utuh lebih sehat dan cocok untuk melawan radikal bebas dibandingkan roti tawar. Diketahui bahwa biji-bijian kaya akan vitamin E, selenium, seng, karotenoid, dan lain-lain yang dapat bertindak sebagai antioksidan. Makanan kaya antioksidan tinggi ini sangat menguntungkan, karena mampu menghancurkan radikal bebas 50 kali lebih baik dari vitamin E dan C.

Sayuran dan Buah-buahan

Pilih sayuran yang kaya antioksidan, seperti bayam, tomat merah, paprika kuning dan merah,wortel, kol merah, bawang bombay, bawang putih, dan labu kuning. Kale juga menjadi pilihan karena kaya vitamin A, C, dan K. Untuk buah-buahan, Anda bisa mencoba strobery, blueberry, blackberry, kiwi, ceri, nanas, jeruk dan aprikot.

Minyak Zaitun Extra Virgin

Melawan Radikal Bebas

Minyak zaitun extra virgin merupakan salah satu minyak yang dapat menggantikan lemak hewani, dan tentunya kaya akan antioksidan. Anda juga bisa menggunakannya sebagai saus salad untuk sayuran dan buah favorit Anda.

Cokelat Hitam

close up photo of stacked chocolates bars beside raspberries
Photo by Lisa Fotios on Pexels.com

Salah satu jajanan enak dan sehat yang bisa Anda coba adalah dark chocolate. Karena kaya akan antioksidan, dark chocolate bermanfaat untuk mengurangi risiko jantung, tekanan darah tinggi, dan menghindarkan Anda dari konsumsi gula berlebih.

Goji Berry

Goji berry adalah makanan super karena kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya yang tinggi. Guna mencegah kebosanan dalam mengonsumsi goji berry, Anda juga bisa mencampurkannya dengan oatmeal atau granola untuk sarapan sehat di pagi hari.

Aneka Suplemen Antioksidan

Beberapa senyawa kimia yang bertindak sebagai antioksidan paling kuat yaitu vitamin C, E, glutathione, beta-karoten, dan fitoestrogen. Semuanya mampu mengurangi efek radikal bebas. Anda dapat menambahkan berbagai makanan yang dapat melawan radikal bebas tersebut ke dalam menu sehari-hari.

Namun perlu diketahui, selain beberapa makanan atau vitamin yang sudah dijelaskan di atas. Terdapat pula Colis Sakura Collagen yang juga bisa digunakan untuk melawan radikal bebas. Colis Sakura Collagen adalah suplemen yang memiliki khasiat mengurangi radikal bebas pada tubuh. Anda dapat menggunakannya jika tidak ingin melawan radikal bebas menggunakan bahan yang sudah dijelaskan di atas.

See Also
penyebab bayu tidak bisa gemuk

Demikian Artikel yang membahas tentang Cara melawan Radikal Bebas dan dapat memberikan motivasi dan insight kepada teman-teman.

Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi teman – teman semuanya, dan jika kamu suka dengan artikel ini kamu dapat langsung bagikan kepada teman anda atau keluarga kamu, Jika kamu tidak suka dengan artikel kamu bisa memberikan saran di kolom komentar dibawah artikel ini.

Masih ingin mengetahui artikel informatif lainnya? Kamu dapat membacanya melalui aplikasi beauCo dan dapatkan update terbaru seputar kecantikan!

Untuk mendapat informasi tentan kecantikan lainnya, kamu dapat mengaksesnya melalui BeauCo Apps yang dapat kamu download melalui appstore maupun playstore.

Dan dapatkan loyality setiap belanja di marketplace BeauCo, dan dapatkan cashback yang menarik lainnya serta dapatkan konsultasi kecantikan secara gratis.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top