Now Reading
7 Cara Mudah Menambah Nafsu Makan

7 Cara Mudah Menambah Nafsu Makan

Menambah Nafsu Makan

Cara Mudah Menambah Nafsu Makan– Saat sedang sakit atau tidak bersemangat, Anda bisa saja merasa tidak memiliki nafsu makan. Dan ini akan membuat anda kekurangan nutrisi, gizi, serta menurunkan daya tahan tubuh.

Menambah Nafsu Makan
Menambah Nafsu Makan

Bagi Anda yang sedang kesulitan untuk membangkitkan selera makan, Anda dapat mencoba beberapa cara untuk menambah nafsu makan berikut ini :

Apakah Olahraga Dapat Menambah Nafsu Makan Kita ?

Mengkonsumsi Vitamin K

Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan tulang keropos, lebam, lesu dan menurunkan nafsu makan. Untuk menghindarinya, makanlah sayuran berdaun hijau, asparagus, plum, dan kedelai. Jumlah kebutuhan vitamin K harian untuk orang dewasa adalah 90 mikrogram.

Mengkonsumsi Asam Folat

Kekurangan asupan asam folat bisa menyebabkan nafsu makan menurun. Oleh karena itu, agar nafsu makan kembali normal, Anda disarankan untuk menambah asupan asam folat dengan cara mengonsumsi sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, pisang, jeruk atau pepaya.  Tapi, pastikan asupan asam folat anda tidak lebih dari 400 mikrogram per hari.

Makan Sedikit, Tapi Sering

Anda juga bisa mencoba cara yang satu ini untuk menambah nafsu makan. Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan karena penyakit serius, cobalah sering-sering mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil.

Kurangi Suplemen

Jika Anda bertekad mengonsumsi suplemen tanpa ada rekomendasi dari dokter, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami keracunan vitamin. Kondisi ini bisa menyebabkan nafsu makan menurun, diare, muntah dan perubahan mental.

Olahraga Secara Rutin

Sebuah penelitian menyatakan bahwa olahraga secara rutin dan teratur dapat menjadi cara yang baik untuk menambah nafsu makan. Beberapa olahraga yang disarankan adalah jalan kaki, joging, atau aerobik ringan.

Menambah Kalori Dengan Banyak Minum

Cara lain untuk menambah nafsu makan adalah dengan menambah kalori dari minuman. Ya, selain dari makanan, kalori juga bisa didapat melalui minuman. Saat Anda tidak terlalu lapar, menambah asupan kalori dengan minuman yang Anda konsumsi akan lebih mudah daripada mengunyah makanan.

See Also
Khasiat Manjakani

Anda bisa mengganti sebagian makanan Anda dengan minuman bergizi tinggi. Misalnya smoothies, milkshake, dan jus. Cobalah membuatnya dengan menggunakan bahan bergizi seperti buah dan sayur. Anda juga bisa menambahkan sumber protein seperti susu murni, yogurt, atau bubuk protein untuk menambah kalori dan nutrisi.

Konsumsi Makanan Favorit

Makan makanan favorit Anda juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menambah nafsu makan Anda. Saat Anda duduk di depan hidangan yang Anda yakin akan Anda nikmati, kemungkinan besar Anda akan memakannya daripada hidangan yang menurut Anda tidak menarik.

Jadi, luangkan waktu untuk merencanakan dan mempersiapkan sebelumnya. Tambahkan saus favorit Anda, seperti saus keju, untuk menambah kelezatan makanan agar nafsu makan bertambah. Jika makanan favorit Anda cenderung tidak sehat, Anda bisa mencoba memasaknya dan menyajikannya dengan bahan yang lebih sehat.

Namun, apabila Anda tidak ingin menambahkan nafsu makan dengan cara di atas. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan Jamu. Jamu merupakan salah satu obat tradisional yang terbuat dari bahan alami, dan baik untuk dikonsumsi. Informasi diatas bisa kamu dapatkan di BeauCo, merupakan apllikasi diskusi dan forum terbesar di Indonesia, dapatkan promo juga serta kamu bisa mendownloadnya di Appstore dan Playstore

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top