Now Reading
7 Rekomendasi Susu untuk Penderita Asam Lambung

7 Rekomendasi Susu untuk Penderita Asam Lambung

Avatar
Penderita Asam lambung

Rekomendasi Susu untuk Penderita Asam Lambung– Dalam dunia medis penyakit asam lambung dikenal dengan sebutan gastroesophageal reflux disease (GERD). Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini yaitu mengalami mual-mual dan muntah, rasa pahit serta asam yang sering dirasakan oleh mulut, perasaan perih maupun terbakar yang dirasakan di area dada dan ulu hati.

Susu untuk Penderita Asam Lambung
susu untuk penderita asam lambung

Suara serak, gangguan tidur dan bau mulut juga bisa menjadi gejala lain yang menyertai naiknya asam lambung Anda. Gejala-gejala tersebut biasanya akan semakin memburuk sesaat setelah Anda makan atau membaringkan tubuh. Hal ini bisa menjadi pembeda apakah seseorang mengalami gejala asam lambung ataukah serangan jantung.

Karena memang kedua penyakit ini memiliki gejala serupa yang menyertainya. Penyakit asam lambung ini disebabkan oleh asam lambung yang mengalami refluks, yaitu kondisi dimana asam pada lambung naik hingga ke kerongkongan.

Hal itu terjadi dikarenakan otot LES (yaitu otot bagian bawah dari kerongkongan) melemah. Sehingga gagal menutup dan tetap terbuka. Golongan orang yang memiliki resiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit ini yaitu para perokok, ibu hamil dan orang lanjut usia.

Bagi Anda yang mengidap penyakit asam lambung ini tentunya tidak bisa dengan bebas memilih makanan yang bisa dikonsumsi. Karena beberapa makanan dan minuman memiliki potensi untuk memperparah keadaaan asam lambung Anda.

Contoh minuman tersebut yaitu susu sapi. Namun Anda yang sangat gemar susu jangan keburu khawatir tidak bisa lagi minum susu. Tidak semua susu berbahaya bagi penderita asam lambung. Berikut kami berikan rekomendasi mengenai susu untuk penderita asam lambung :

Apa Saja Susu yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Lambung?

Susu skim

Penderita Asam Lambung
Susu untuk Penderita Asam Lambung

Susu skim dikenal dengan susu yang bebas lemak dan rendah kalori sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh Anda dengan masalah asam lambung, selain manfaatnya yang bisa mengatasi masalah asam lambung.

Susu skim juga dapat mencegah radang sendi dan juga mengatasi asam urat. Meskipun susu skim rendah lemak, namun kandungan lainnya seperti vitamin D, protein, kalsium yang terdapat pada susu ini sama seperti susu lain pada umumnya.

Susu nabati

Susu untuk Penderita Asam Lambung

Susu nabati dapat digunakan oleh Anda untuk meredakan penyakit asam lambung yang sedang diderita. Sifat basa yang dimiliki oleh susu nabati ini memiliki kemampuan untuk menetralkan cairan lambung yang memiliki sifat asam.

See Also

Ada banyak jenis susu nabati yang bisa dijadikan pilihan, antara lain: susu almond, susu kacang mede dan susu kedelai. Namun kami lebih menyarankan susu kedelai karena kandungan lemaknya yang lebih rendah dibanding kedua junis susu yang lain.

Susu kambing

Susu untuk Penderita Asam Lambung

Jika susu nabati bagi Anda dirasa kurang nikmat dan lebih ingin meminum susu yang berasal dari hewan, maka maka anjurkan Anda untuk memilih susu kambing sebagai alternatif. Susu kambing memiliki kandungan asam lemak baik, anti-oksidan dan juga probiotik.

Selain itu yang tak kalah penting adalah kandungan lemak dalam susu kambing cukup rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh Anda penderita asam lambung.  

Itu adalah tiga jenis susu yang kami rekomendasikan untuk Anda yang sedang memiliki masalah dengan asam lambung, hindari mengonsumsi susu sapi yang memiliki kandungan lemak tinggi karena itu akan semakin memperparah kondisi Anda!

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top