Now Reading
7 Tips Wajib Diketahui ! Cara Menjaga Kesehatan Mata Tidak Cepat Lelah

7 Tips Wajib Diketahui ! Cara Menjaga Kesehatan Mata Tidak Cepat Lelah

Menjaga Kesehatan Mata

7 Tips Wajib Diketahui ! Cara Menjaga Kesehatan Mata Tidak Cepat Lelah

Istirahat dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mata sehingga mata kamu tetap sehat dan tidak mudah lelah. Mata yang sehat adalah salah satu kunci sukses dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Gangguan pada mata anda pasti akan sangat berdampak dan menggangu kegiatan kamu.

Tidak hanya tubuh saja yang perlu dijaga, kesehatan mata juga penting untuk dijaga. Mata juga dapat merasakan lelah apabila selalu dipakai tapi tidak diimbangi dengan menjaga kesehatannya. Mata lelah biasanya ditandai dengan pegal di sekitar mata, terasa kering hingga penglihatan menjadi buram pada beberapa orang.

Selain mata lelah, banyak gangguan mata yang bisa muncul jika kamu tidak menjaga kesehatan mata dengan baik. Berikut ini cara menjaga kesehatan mata yang dapat kamu lakukan supaya mata tetap sehat dan tidak mudah lelah.

Konsumsi Makanan Yang Bergizi

Cara Menjaga Kesehatan Mata
Cara Menjaga Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata paling mudah adalah dengan makan makanan yang sehat untuk mata. Makanan yang mengandung karotenoid zinc, serta omega-3 dapat menangkal masalah terkait mata. Karotenoid juga dapat sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C, dan vitamin E yang diketahui baik untuk menjaga fungsi organ mata. Semua kandungan gizi tadi bisa membantu melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.

Selain itu, jenis makanan yang bisa menjadi pilihan kamu sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, dan sebagainya. Ikan salmon, tuna, telur dan kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan. Kamu juga bisa melengkapi makanan tersebut dengan buah seperti jeruk dan stroberi.

Menggunakan Kacamata Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Menjaga Kesehatan Mata
Cara Menjaga Kesehatan Mata

Paparan sinar UV dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan pada mata seperti pterygium, katarak, hingga degenerasi makula. Oleh karena itu kamu perlu melindungi mata saat diruangan terbuka, apalagi saat cuaca terik. Penggunaan kaca mata hitam tidak hanya untuk bergaya semata, tetapi juga berguna untuk menangal radiasi berlebihan dari sinar matahari.

See Also
Mengatasi Ketombe Berlebihan

Jangan Menatap Layar Elektronik Terlalu Lama

Penggunaan barang elektronik seperti gadget dan komputer memang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dampak menatap layar komputer atau alat elektronik terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejala mata lelah yaitu pusing, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung.

Sebaiknya jangan terlalu lama menatap layar komputer untuk menjaga mata supaya tidak lelah. Paling tidak kamu bisa mengistirahatkan mata selama 10 sampai 15 menit setiap 2 jam sekali. Alihkan pandangan dari layar komputer dan melakukan aktivitas lain.

Demikian cara menjaga kesehatan mata yang dapat kamu lakukan. Selain itu kamu bisa melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top