Now Reading
8 Tips Menghilangkan Komedo Yang Wajib dicoba

8 Tips Menghilangkan Komedo Yang Wajib dicoba

menghilangkan komedo

8 Tips Menghilangkan Komedo Yang Wajib dicoba

Banyak orang dengan masalah komedo melakukan pencabutan komedo dengan pore pack untuk menghilangkan komedo. Namun pemakaian pore pack ini ternyata malah bisa merangsang pertumbuhan komedo semakin subur. 

Jika memiliki masalah komedo, sebenarnya kamu bisa mencoba cara alami. Berikut ini adalah berbagai cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan masalah komedo secara alami :

Tea tree oil

menghilangkan komedo

Tea tree oil dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dan minyak di kulit yang dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan komedo. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu tinggal mengoleskan tea tree oil pada bagian wajah yang berkomedo. Agar lebih optimal, tea tree oil dapat dicampur dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak jojoba saat digunakan sebagai bahan oles.

Oatmeal

menghilangkan komedo

Menurut sebuah artikel dalam Journal of Drugs in Dermatology, oatmeal memiliki sifat antiinflamasi, pengelupasan kulit, dan menyejukkan kulit. Ini bermanfaat juga untuk menghilangkan komedo.

Untuk digunakan pada kulit yang berkomedo, campur 2 sendok makan oatmeal dengan 3 sendok makan yogurt alami dan 1 sendok makan minyak zaitun. Setelah bahan tercampur, oleskan ke kulit yang telah dilembabkan, lalu biarkan selama 15 menit.

Lemon

menghilangkan komedo
menghilangkan komedo

Melansir Boldsky, lemon dapat membantu mengecilkan pori-pori dan mengusir komedo. Air lemon juga mencegah tanda atau bekas jerawat di kulit. Cara penggunaan lemon untuk menghilangkan komedo secara alami cukup mudah.

Kamu tinggal mengoleskan air perasan lemon pada kulit berkomedo, lalu biarkan kering. Setelah itu, cuci mukamu dengan air hangat. Ulangi proses ini 2-3 kali dalam seminggu hingga komedo hilang.

Putih telur

menghilangkan komedo
menghilangkan komedo

Putih telur memiliki sifat mengencangkan kulit dan dapat membantu menghilangkan masalah komedo. Untuk memanfaatkannya, kamu akan lebih baik mencampur putih telur dari 3 butir telur dengan 2 sendok makan air lemon.

Oleskan masker untuk membersihkan kulit dari komedo dengan jari-jari atau kuas yang bersih dan lembut. Biarkan masker mengering dan oleskan lagi masker sebagai tahap kedua. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat.

Gula

Gula adalah exfoliator alami yang dapat menghilangkan komedo dan mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar. Untuk memanfaatkannya, campurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak ramah kulit, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba.

Setelah kering, bilas masker dengan air hangat. Untuk hasil terbaik, oleskan masker atau scrub ini seminggu sekali guna membantu pengelupasan kulit dan mengurangi komedo. 

Lidah buaya

Sifat antibiotik yang ditemukan dalam lidah buaya membutanya dapat menangkal gangguan kulit. Lidah buaya juga dapat mengencangkan kulit, mengontrol produksi minyak berlebih, dan membersihkan pori-pori, sehingga menjauhkan jerawat dan komedo.

See Also

Kamu bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berkomedo dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci muka mu dengan air hangat.

Stroberi

Stroberi juga bisa untuk menghilangkan komedo karena mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih. Sementara, asam salisilat dalam stroberi diyakini berkhasiat untuk membersihkan pori-pori dan mengatasi komedo.

Untuk menggunakannya, kamu perlu menambah masker stroberi dengan madu atau air perasan lemon, kemudian oleskan pada wajah sembari dipijat. Setelah 10-15 menit, bersihkan masker dengan air hangat.

Madu

Madu dapat digunakan untuk membantu menjaga kulit lembab, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori oleh sel-sel kulit mati. Selain itu, madu juga dapat membantu menghilangkan masalah komedo. 

Untuk memanfaatkannya, kamu hanya perlu mengoleskan madu pada kulit yang berkomedo, lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas masker madu dengan air jika sudah selesai. Lakukan perawatan ini secara teratur 3-4 kali seminggu.

Nah itulah cara untuk menghilangkan komedo dengan bahan alami. Meski membutuhkan kesabaran dan konsistensi, perawatan komedo secara alami jelas akan lebih aman dan tak perlu mengeluarkan biaya besar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top