Now Reading
9 Hukum Mengubah Warna Rambut dengan Semir Hitam

9 Hukum Mengubah Warna Rambut dengan Semir Hitam

Mengubah Warna Rambut

Hukum Mengubah Warna Rambut dengan Semir Hitam- Rambut merupakan anugerah dari Allah SWT. Dengan adanya rambut, penampilan manusia menjadi lebih menarik. Meskipun rambut itu termasuk aurat bagi wanita, namun ada beberapa orang yang boleh melihatnya, salah satunya suami.

Mengubah warna rambut
Mengubah warna rambut

Dengan memperlihatkan rambut yang indah kepada suami, tentu saja itu akan menjadi pahala bagi wanita tersebut.Untuk mempercantik rambut, ada beberapa orang yang menyemirnya dengan berbagai warna yang indah.

Namun, ada juga yang menyemir rambut dengan alasan sudah mulai muncul uban, biasanya ia akan menyemir rambut menggunakan warna hitam. Lalu bagaimana hukum mengubah warna rambut dengan semir hitam? Apakah itu menyalahi kodrat dari Allah SWT? Simak ulasan di bawah ini.

Bagaimana Hukum Mengubah Warna Rambut dengan Semir Hitam?

Hukum Mengubah Warna Rambut dengan Semir Hitam

Ternyata para ulama telah sepakat bahwa menggunakan semir hitam untuk mengubah warna rambut hukumnya adalah haram.  Pada waktu penaklukan kota Makkah, Abu Quhafah,  yang merupakan ayah dari Abu Bakar, datang dan bertemu dengan Rasulullah dalam kondisi kepala dan jenggotnya sudah memutih atau beruban.

Pada waktu itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh Abu Quhafah untuk mengubah ubannya dengan sesuatu. Namun Rasulullah juga memerintahkan untuk menjauhi warna hitam.

Ketika menjelaskan hadits di atas An Nawawi rahimahullah yang merupakan ulama besar madzhab Syafi’i mengatakan bahwa menurut pendapat yang terkuat menyemir uban yang diperbolehkan bagi laki-laki maupun perempuan adalah dengan shofroh atau warna kuning dan juga hamroh atau warna merah.

Ia juga berpendapat bahwa menyemir uban dengan warna hitam hukumnya haram. Sebagian ada yang mengatakan bahwa hukumnya hanyalah makruh tanzih, yaitu makruh yang mendekati boleh. Namun pendapat yang menyatakan haram lebih tepat sesuai dengan sabda Rasulullah: “jauhilah warna hitam”.

Dalam sebuah kitab juga disebutkan bahwa haram bagi seorang wali yang menyemir rambut anak kecil meskipun perempuan dengan warna hitam. Karena termasuk mengubah ciptaan Allah SWT. Dan hukum mengubah ciptaan adalah haram.

See Also
make up tahan lama

Akan tetapi ada pengecualian terkait menyemir rambut dengan warna hitam. Apabila menyemir rambut dengan warna hitam itu bertujuan untuk menyenangkan suami maupun istri maka hukumnya diperbolehkan. Misalnya saja, seorang suami merasa tidak bergairah pada istrinya karena melihatnya telah beruban.

Lalu, suami memerintahkan istrinya untuk menyemir menggunakan warna hitam maka itu diperbolehkan. Hal itu juga berlaku sebaliknya. Karena itu hal tersebut bermanfaat untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga.

Jadi telah dijelaskan bahwa mengubah warna rambut menggunakan semir hitam adalah haram. Kecuali seorang suami telah memerintahnya untuk mengubah warna rambut menjadi hitam, maka hukumnya mubah (Diperbolehkan). Oleh sebab itu, bagi Anda yang suka mengubah warna rambut, termasuk warna hitam.

Disarankan agar tidak mengubahnya secara sembarangan tanpa adanya alasan apapun. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan untuk menghindari suatu prilaku yang sudah dilarang. Demikian pembahasan yang sudah kami jelaskan mengenai bagaimana hukumnya jika mengubah warna rambut menggunakan semir hitam. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top