Now Reading
9 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

9 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan- Belimbing wuluh atau dalam nama lain Averrhoa bilimbing atau disebut juga belimbing sayur merupakan buah tropis yang berasal dari Indonesia dan Malaysia.

Tanaman buah ini termasuk dalam genus Averrhoa, famili Oxalidaceae. Ketinggian pohon bisa mencapai 5-10 m. Buahnya berwarna hijau lonjong kekuningan.  Tanaman ini mampu menghasilkan ratusan buah sepanjang tahun. Buahnya banyak mengandung air dan akan jatuh ke tanah saat masak.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Setelah dipanen, belimbing memiliki umur simpan yang pendek yaitu hanya 5 hari. Belimbing wuluh ini juga mengandung asam oksalat yang sangat tinggi dan berguna untuk membersihkan serta memutihkan.

Buah ini umumnya dianggap terlalu asam untuk dimakan mentah sehingga banyak digunakan dalam campuran sup, saus, kari dll. Di Negara luar, belimbing disebut kamis, sedangkan buah manis disebut belimbing.

Belimbing wuluh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari buah, daun hingga batang muda. Berikut ini merupakan manfaat dari belimbing wuluh yang perlu kamu coba :

Apa Saja Manfaat Belimbing Wuluh?

Mampu Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang bisa menurunkan tingkat percaya diri seseorang dalam berpenampilan. Ketika jerawat timbul, biasanya orang langsung melakukan berbagai cara untuk membasminya.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Anda bisa menggunakan belimbing wuluh untuk dijadikan obat jerawat secara alami dan aman tanpa efek samping. Buah ini mengandung asam oksalat yang bermanfaat mengurangi jerawat.

Caranya, bersihkan belimbing wuluh terlebih dahulu. Jika sudah bersih, haluskan atau blender buahnya untuk dijadikan masker wajah. Diamkan beberapa menit hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Mengobati Alergi

Alergi adalah kondisi yang disebabkan oleh hipersensitivitas sistem kekebalan terhadap hal-hal tertentu di luar tubuh. Barang-barang tertentu bisa berupa makanan, obat-obatan, udara (yang menyebabkan rinitis alergi dan asma), logam (menyebabkan dermatitis), dan sebagainya. Gejala berupa mata merah, kesulitan bernapas, pilek, atau kulit gatal.

Mengobati Wasir

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Jus belimbing dapat digunakan untuk mengobati peradangan, termasuk wasir. Efek astringen buah ini membantu mengurangi pendarahan rektal.

Mengobati PMS (Penyakit Menular Seksual)

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Di Malaysia, buah dan daun kering digunakan untuk mengobati penyakit menular seksual (PMS). Beberapa buah dan daun kering direbus dengan 3 gelas air hingga airnya menguap separuh, kemudian rebusannya bisa diminum 2 kali sehari.

Obati Diabetes

Manfaat Belimbing Wuluh
Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Belimbing dikenal dapat menurunkan kadar gula darah. Ada 2 cara untuk memanfaatkan buah ini. Pertama, jadikan jus belimbing menjadi jus dan diminum seperti jus buah lainnya. Kedua, rebus buah dalam 1 gelas air sampai setengahnya menguap. Lalu disaring airnya pada rebusan tersebut terus diminum 2 kali sehari.

Mengobati Demam dan Flu

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Rebusan belimbing telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati masuk angin dan flu. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Obati Batuk

man in white crew neck t shirt
Photo by cottonbro on Pexels.com

Karena mengandung ekstrak buah belimbing yang sering ditambahkan pada sirup obat batuk, karena memiliki efek positif dalam meredakan batuk dan pilek. Rasa asam pada buah ini juga membuat rasa sirup obat batuk semakin enak.

See Also
Hand Sanitizer Aman

Sebagai Antibiotik dan Analgesik

Karet dari batang dan daun muda digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi bengkak, rematik, panu, gatal, dan nyeri akibat gigitan serangga. Batang dan daun muda ditumbuk dengan 3-4 siung bawang putih hingga tercampur rata.

Bahan ini dioleskan ke area kulit yang terkena. Efeknya adalah mengurangi pembengkakan dan nyeri pada radang sendi, serta mengurangi pembengkakan akibat erupsi kulit dan gigitan serangga.

Mengobati Gondongan (parotitis)

Gondongan (epidemic parotitis) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus gondongan. Virus ini dapat menyerang bagian kelenjar ludah dan akan menyebabkan pembengkakan pada bagian pipi atau leher bagian atas. Memasukkan batang muda dan daun belimbing dengan bawang putih yang dihaluskan dapat memberikan efek positif dalam mengurangi pembengkakan.

Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi teman – teman semuanya, dan jika kamu suka dengan artikel ini kamu dapat langsung bagikan kepada teman anda atau keluarga kamu, Jika kamu tidak suka dengan artikel kamu bisa memberikan saran di kolom komentar dibawah artikel ini.

Masih ingin mengetahui artikel informatif lainnya? Kamu dapat membacanya melalui aplikasi beauCo dan dapatkan update terbaru seputar kecantikan!

Untuk mendapat informasi tentan kecantikan lainnya, kamu dapat mengaksesnya melalui BeauCo Apps yang dapat kamu download melalui appstore maupun playstore.

Dan dapatkan loyality setiap belanja di marketplace BeauCo, dan dapatkan cashback yang menarik lainnya serta dapatkan konsultasi kecantikan secara gratis.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top