Now Reading
9 Manfaat Kolagen, Menurut Sains

9 Manfaat Kolagen, Menurut Sains

Manfaat Kolagen

9 Manfaat Kolagen, Menurut Sains – Sekarang, Anda mungkin sudah mendengar tentang manfaat kesehatan dari kolagen. Tapi apa bukti yang mendukung klaim tersebut?

Ada sembilan manfaat kesehatan utama kolagen yang didukung oleh penelitian. Baca terus untuk mengetahui bagaimana kolagen dapat membantu otak, jantung, usus, persendian, dan banyak lagi. 

Apa Itu Kolagen dan Mengapa Itu Penting?

Kolagen adalah protein paling melimpah di tubuh Anda dan merupakan komponen penting dari jaringan ikat Anda. Jaringan ini memberikan dukungan struktural dan fungsional pada tulang, kulit, otot, tendon, dan organ Anda

Kolagen juga mengirimkan sinyal penting ke sel Anda, yang dapat memerangi peradangan dan memperbaiki kerusakan.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen Anda mulai menurun secara perlahan. Proses alami ini dapat menyebabkan sejumlah masalah jika Anda tidak mengisi kembali nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mensintesisnya dengan benar. 

Mengonsumsi suplemen kolagen dapat membantu Anda tidak hanya menjaga cadangan kolagen pada tubuh, tetapi juga mensintesis kolagen baru untuk memerangi kerugian yang Anda alami seiring bertambahnya usia.9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kolagen sebagai bahan populer dalam produk dan perawatan perawatan kulit. Kolagen telah lama disebut-sebut karena kemampuannya untuk melembabkan kulit Anda, meminimalkan garis-garis halus, mengurangi munculnya tanda kerutan, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sayangnya, tidak banyak penelitian yang mendukung penggunaan untuk mengaplikasikan kolagen topikal. Itu kemungkinan karena asam amino dalam kolagen terlalu besar untuk menembus sel kulit Anda. 

Namun, mengonsumsi kolagen sebagai suplemen atau bubuk dapat memberikan segudang manfaat, yang berdampak positif bagi kesehatan otak, jantung, kulit, sistem pencernaan, dan lainnya.

Kiat pro: Saat mengonsumsi suplemen makanan kolagen, konsumsi vitamin C bersama untuk menyerap nutrisinya dengan lebih baik.

9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Cobalah Colis Sakura Collagen

Menutrisi kulit, rambut, kuku, persendian, dan usus Anda.
Tidak Ada Gula Tambahan

# 1: Mendukung Fungsi Otak yang Sehat

Salah satu jenis kolagen (dikenal sebagai kolagen IV) dapat mencegah timbulnya penyakit Alzheimer. Dalam sebuah penelitian, kolagen IV melindungi otak dari protein amiloid-beta – diyakini sebagai salah satu penyebab Alzheimer.9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Amiloid-beta mengacu pada jenis asam amino yang menggumpal, membentuk plak yang umumnya ditemukan di otak pasien Alzheimer.

Dengan meningkatkan asupan kolagen, Anda dapat menciptakan bentuk perlindungan untuk otak Anda yang memerangi protein amiloid-beta yang sama yang menyerang neuron dan menyebabkan penyakit Alzheimer. 

Sebelum studi ini, para ilmuwan mengetahui bagaimana kolagen, tulang rawan, dan otot saling terkait, tetapi mereka tidak tahu neuron di otak juga kaya akan kolagen IV.

# 2: Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kolagen dapat membantu menurunkan kolesterol Anda dan mencegah penyakit jantung.

elama satu penelitian, peserta mengambil kolagen dua kali sehari selama enam bulan untuk melihat apakah itu membantu mencegah penumpukan plak di arteri mereka.

Inilah yang terjadi pada peserta sebagai hasilnya :

  • Rasio kolesterol LDL dan HDL mereka berkurang secara signifikan, yang merupakan kabar baik karena rasio yang lebih tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung
  • Kolagen mencegah dan mengobati penumpukan plak di arteri mereka

Penumpukan plak inilah yang menyumbat arteri Anda, mencegah darah mengalir ke organ lain. Kolagen dapat membantu mencegah penumpukan ini di pembuluh darah Anda, melindungi dari serangan jantung dan stroke.

# 3: Mendukung Fungsi Usus yang Sehat

Sindrom iritasi usus besar (atau IBS) dan sindrom usus bocor adalah dua kondisi menyakitkan di mana saluran pencernaan dan lapisan perut meradang dan teriritasi. 

Nutrisi dan zat beracun “bocor” kembali ke aliran darah alih-alih diproses. Stres, pola makan yang buruk, resep obat-obatan, terlalu banyak alkohol, dan gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal ini .9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Ini berdampak negatif pada kesehatan pencernaan Anda, menyebabkan efek samping yang tidak nyaman seperti kembung, kelelahan, sakit perut, diare, sembelit, dan kekurangan gizi. Alih-alih diserap, vitamin dan mineral melewati sistem Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa pasien yang menderita IBS dan kondisi peradangan serupa seperti kolitis ulserativa (UC) dan penyakit Crohn (CD) cenderung rendah kolagen IV.9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Terlebih lagi, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa suplementasi dengan kolagen dapat membantu memperbaiki lapisan usus yang rusak.

Ini menunjukkan bahwa suplementasi kolagen mungkin dapat bermanfaat bagi mereka yang mengalami peradangan usus, dan membawa penyembuhan pada usus. 

# 4: Meredakan Nyeri Sendi dan Lutut

Anda tidak perlu menjadi atlet untuk mengalami nyeri sendi. Apakah pekerjaan Anda membuat Anda terikat di meja atau berdiri sepanjang hari, nyeri sendi adalah sesuatu yang mungkin muncul dari waktu ke waktu. 

Beberapa orang sangat sensitif sehingga perubahan cuaca yang tajam cukup untuk membuat persendian mereka kaku.

Kolagen mungkin bisa memberikan kelegaan alami. Dalam studi selama 24 minggu, para peneliti memberikan suplemen kolagen kepada atlit yang tidak memiliki penyakit sendi untuk melihat bagaimana hal itu akan mempengaruhi tingkat nyeri dan tulang rawan mereka. 9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolagen mengurangi nyeri saat berdiri, mengangkat benda berat, bahkan saat istirahat. Sementara lebih banyak penelitian masih diperlukan, penelitian ini mendukung kemungkinan bahwa kolagen dapat membantu memperlambat kerusakan sendi pada individu, seperti penderita artritis atau rheumatoid arthritis.

Dalam studi lain, para ilmuwan bereksperimen untuk melihat bagaimana suplemen kolagen akan mempengaruhi nyeri lutut (khususnya, nyeri osteoartritis). Setelah 180 hari, para peserta mengalami lebih sedikit rasa sakit dan menurunkan skor pada indeks osteoartritis serta mengurangi kekakuan dan keterbatasan fisik.

# 5: Mendukung Punggung Anda

Jika Anda menderita sakit punggung, Anda mungkin merasa lega dengan kolagen. Dalam sebuah penelitian, 200 peserta (di atas usia 50) dengan nyeri punggung atas atau bawah mengonsumsi 1.200 miligram kolagen sehari (atau plasebo).9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Setelah enam bulan, lebih dari 20% kelompok kolagen melihat peningkatan yang signifikan pada nyeri punggung mereka setelah mengonsumsi kolagen setiap hari.

# 6: Mendukung Kesehatan Kulit

Bersamaan dengan minum banyak air dan membatasi paparan sinar matahari Anda, mengonsumsi kolagen mungkin salah satu praktik anti-penuaan terbaik di luar sana. Dalam satu studi baru-baru ini, para ilmuwan ingin melihat bagaimana kolagen akan memengaruhi peptida kolagen di kulit. 

Studi tersebut mengamati 69 wanita berusia antara 35 dan 55 selama delapan minggu. Wanita yang mengonsumsi suplemen kolagen menunjukkan peningkatan elastisitas kulit yang nyata dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi plasebo.

Yang lebih menarik, wanita yang lebih tua dalam kelompok kolagen mengalami peningkatan yang lebih nyata, mungkin karena produksi kolagen menurun seiring bertambahnya usia, meninggalkan ruang yang lebih besar untuk perbaikan. 

Para ilmuwan juga memperhatikan perubahan positif pada tingkat kelembaban dan kekeringan kulit peserta; namun, secara statistik tidak cukup signifikan untuk dilaporkan. 9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Studi lain menemukan bahwa suplementasi kolagen oral meningkatkan tingkat hidrasi kulit hanya dalam delapan minggu.

Berikut adalah temuan penting untuk dicatat: Para peneliti menemukan perubahan pada kulit partisipan hanya ketika kolagen terhidrolisis dikonsumsi. Mengapa? Saat Anda menelan bentuk kolagen ini, usus Anda segera menyerapnya dan mengirimkannya langsung ke persendian dan kulit melalui aliran darah Anda.

# 7: Membantu Kuku Rapuh dan Patah

Kolagen dapat membantu memperkuat kuku Anda agar tidak rapuh dan mudah patah. Dalam sebuah penelitian, 25 peserta diberi satu dosis peptida kolagen 2,5 gram setiap hari selama 24 minggu. Inilah yang mereka temukan:

  • 12% peningkatan pertumbuhan kuku
  • 42% penurunan kuku yang patah
  • 64% peningkatan keseluruhan pada kuku yang sebelumnya rapuh

Terlebih lagi, 88% peserta juga melaporkan perubahan positif ini terlihat hanya dalam empat minggu.

See Also
Khasiat Manjakani

# 8 Meningkatkan Kepadatan Mineral Tulang

Kepadatan mineral tulang (BMD) adalah ukuran jumlah mineral tulang di jaringan tulang Anda. Ini salah satu cara terbaik untuk menilai kesehatan tulang dan apakah Anda berisiko terkena osteoporosis. 

Saat Anda masih muda, kesehatan tulang jarang menjadi penanda yang Anda pikirkan atau ukur. Namun, seiring bertambahnya usia, kepadatan mineral tulang menjadi jauh lebih penting. Hal ini terutama berlaku untuk wanita pascamenopause. 

Peptida kolagen memiliki efek anabolik (pemacu pertumbuhan) pada tulang. Oleh karena itu, mereka dapat meningkatkan BMD dengan meningkatkan pembentukan tulang . 

Dalam satu uji klinis, para peneliti mempelajari manfaat suplemen kolagen pada BMD pada wanita pascamenopause dan menemukan bahwa suplementasi tidak hanya menghasilkan peningkatan BMD, tetapi juga pergeseran penanda tulang yang menunjukkan penurunan degradasi tulang . 9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

# 9 Meningkatkan Massa Otot

Kolagen dapat menopang otot Anda dengan beberapa cara. 

Pertama, kolagen adalah bagian integral dari matriks ekstraseluler (ECM) Anda, yang menyediakan struktur seperti perancah ke jaringan dan organ Anda. ECM jaringan otot Anda berperan dalam perbaikan, fungsi, dan pemeliharaan otot Anda .

Kedua, asam amino glisin, yang berlimpah dalam kolagen, telah terbukti melindungi otot dari pemborosan .

Dalam sebuah penelitian, para peneliti yang mempelajari efek kolagen pada sarcopenia (pemborosan otot) memberikan suplementasi kolagen kepada 53 pria selama 12 minggu sementara juga mengikuti protokol pelatihan ketahanan.9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Di akhir uji coba, para peserta menunjukkan peningkatan massa otot serta kekuatan otot. 

Sumber Kolagen Terbaik

Jika Anda sedang mencari cara untuk memasukkan lebih banyak kolagen ke dalam makanan Anda, ada beberapa makanan kaya kolagen di luar sana yang dapat Anda mulai masukkan ke dalam rencana makan rutin Anda. 

Berikut beberapa makanan lain yang dapat membantu tubuh Anda menghasilkan lebih banyak kolagen :

  • Salmon liar
  • ikan kod
  • tuna
  • Telur
  • Kacang kacangan
  • Alpukat
  • Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam
  • Berries
  • Bawang putih
  • Biji chia
  • Biji labu

Mengingat; tubuh Anda tidak mendapatkan kolagen langsung dari makanan. Sebaliknya, makanan ini dapat membantu tubuh Anda memproduksi lebih banyak dengan sendirinya. Suplementasi kolagen adalah satu-satunya cara untuk menyerap kolagen secara langsung. 9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Colis Sakura Collagen Cocok Buat kamu

Ini adalahan bubuk Colis Sakura Collagen Suplement yang dikemas dengan 10 gram peptida kolagen dan mengan dung 10 gram protein dan banyak manfaat seperti ektrak bunga sakura, Kolagen Ikan, Serbuk Mutiara, Apple Stemcell, dan lain sebagainya. yang dapat bermanfaat pada kulit tubuh.9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Selain bermanfaat Kulit tubuh, juga dapat merawat tubuh menjadi kenyal dan meningkatkan kelembapan kulit serta dapat menghilangkan noda pada jerawat maupun bopeng sekali pun.

Berkan memiliki karbonhidrat dan protein dari kolagen ikan. sangat bermanfaat terhadap tubuh dan tidak meningkatkan kadar gula dara seperti yang ada di pasaran.

Semetara bubuk kolagen lainnya dapat di buat dari bagian hewan secara acak, tetapi Colis Sakura Collagen mengandung 100 persen kolagen yang diberikan adalah kolagen ikan yang formulanya langsung dari korea. Disini kamu tidak akan menemukan pengawet buatan yang tidak seperti lainnya.

manfaat kolagen
9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Untuk menggunakan kamu cukup larutkan dengan 100ml air, lalu di aduk hingga rata. dan kamu dapat mengkonsumsi pagi dan malam hari. selain di minum, Colis Sakura Collagen ini juga dapat dikonsumsi secara langsung. Colis Sakura Collagen dapat menambah stamina dan elasitas kulit yang menarik. 9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

Mulailah Dengan Kolagen Hari Ini

Mengkonsumsi kolagen memberikan manfaat bagi tubuh Anda dengan lebih dari satu cara. Ini dapat membantu:

  • Lindungi otak Anda
  • Jaga kesehatan jantung Anda
  • Memperbaiki gejala IBS dan sindrom usus bocor
  • Meningkatkan kesehatan sendi dan mengurangi sakit punggung
  • Merawat Kulit Anda
  • menjaga Dari Radikal bebas dalam Tubuh

Sekarang setelah Anda memahami manfaat menambahkan kolagen ke dalam makanan Anda, sekarang saatnya memantau berapa banyak yang Anda konsumsi.

Untuk solusi yang paling efisien, pertimbangkan untuk menambahkan Suplement Colis Sakura Collagen dalam rutinitas harian Anda dan Anda akan mencoret item lain yang harus dilakukan sehat dari daftar Anda. 9 Manfaat Kolagen Untuk Kesehatan

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top