Now Reading
Akibat Memberikan Makanan Padat (MPASI) Terlalu Dini pada Bayi

Akibat Memberikan Makanan Padat (MPASI) Terlalu Dini pada Bayi

Avatar

Akibat Memberikan Makanan Padat (MPASI) Terlalu Dini pada Bayi-  Secara umum, makanan padat (MPASI) diperkenalkan atau diberikan pada bayi setelah usia enam bulan hingga satu tahun. eimana, pmberian MP-ASI tidak boleh sembarangan, dan harus dilakukan secara bertahap. 

Namun, terkadang masih banyak ibu yang memberikan Makanan Padat (MPASI)  sebelum anak berusia enam bulan. Ternyata memberikan makanan padat untuk bayi terlalu dini adalah hal yang tidak baik untuk dilakukan. Menurut berbagai sumber, pemberian makanan yang padat, terlalu dini gangguan kesehatan gangguan gangguan pencernaan dan pertumbuhan anak. 

Sementara makanan padat bayi sejak dini juga meningkatkan risiko anak terserang alergi dan tertular berbagai penyakit. Oleh karena itu, ibu harus memperhatikan waktu untuk memberikan makanan pendamping ASI kepada anak. Adapun akibat memberikan makanan padat pada bayi, sebagai berikut:

Apakah Akibat Memberikan Makanan Padat (MPASI) Terlalu Dini pada Bayi?

Memberi Makanan Padat (MPASI) Terlalu Cepat Dapat Berbahaya pada Bayi

Beberapa peneliti menunjukkan, jika memberikan MPASI pada anak yang berusia kurang dari 6 bulan, bukan tidak mungkin anak tersebut berisiko mengalami radang usus yang akan terjadi. Dimana, jika hal tersebut tidak dihindari, maka dapat mengganggu penyerapan zat gizi, sehingga dengan mempersembahkan MPASI sejak dini dapat menghambat pertumbuhan perkembangan anak. 

Karena gangguan yang terjadi gangguan zat gizi yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak tidak terlihat. Selain itu, anak juga rentan mengalami gangguan kecerdasan, motorik, atau gangguan fungsi tubuh lainnya. 

Jadi, sebaiknya orang tua tidak terburu-buru untuk memberikan makanan pendamping. Karena, pemberian makanan padat yang kaya tekstur sebelum usia 6 bulan juga mengakibatkan usus yang tersumbatnya berujung pada gangguan pencernaan.

Bayi Akan Mengalami Diare dan Sembelit

Pemberian makanan padat pada bayi di bawah enam bulan bisa membuat makanan tidak tercerna dengan baik. Dimana, sistem pencernaan yang tidak sempurna akan bekerja lebih keras untuk memproses makanan padat. Oleh karena itu, mempersembahkan makanan padat pada bayi yang belum usia enam bulan bisa menimbulkan reaksi seperti diare, dan sembelit.

Meningkatkan Risiko Alergi pada Bayi

See Also

Makanan pendamping awal dapat meningkatkan risiko anak mengalami alergi dan mengembangkan berbagai penyakit. Sementara saat bayi mendapat asupan selain ASI, maka yang diterima bayi akan berkurang. 

Bayi Mudah Sakit

Kekebalan tubuh bayi di bawah usia 6 bulan masih sangat rentan. Sementara ASI memberikan zat yang dapat membantu melindungi sistem bayi bayi. Jika asupan ASI diganti dengan MPASI, maka bayi mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghindari hal tersebut, maka diperlukan jangan memberikan makanan padat pada bayi di usia dini.

Kegemukan pada Bayi

Pemberian makanan padat terlalu dini bisa meningkatkan risiko anak mengalami obesitas. Dimana, makanan padat dapat menurunkan nutrisi yang baik dan kalori yang lebih tinggi, yang dapat menyebabkan obesitas. Oleh karena itu, sebaiknya bayi di bawah usia enam bulan diberikan ASI eksklusif tanpa Makanan Padat ( MPASI).

[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top