Now Reading
Alasan Pentingnya Menjaga PH Kulit

Alasan Pentingnya Menjaga PH Kulit

Menyeimbangkan pH kulit menjadi suatu hal yang penting agar kulit menjadi sehat. Dalam menggunakan produk perawatan kulit, kamu juga perlu memperhatikan tingkat pHnya. Tingkah pH dalam sebuah produk skincare dapat mempengaruhi tampilan kulit. Mengapa pH itu begitu penting? Yuk kenali apa itu pH yang membuat kita penting untuk menjaga pH kulit.

Apa itu pH?

pH merupakan skala ukuran dari 1 hingga 14 yang menunjukkan seberapa asam suatu zat ataupun produk. Untuk pH yang bersifat asam berada di bawah 7, basa lebih tinggi dari 7, sedangkan pH netral sendiri yaitu berada pada angka 7.

Nah kulit kita berada pada sisi asam dengan pH 4,2 hingga 5,6. Hal tersebut dikarenakan kulit dapat mempertahankan diri dari bakteri jahat, dimana bakteri tersebut dapat berkembang biak pada kondisi yang lebih basa.

Namun menjaga pH kulit mampu dilakukan oleh kulit kita sendiri secara alami dengan perlindungan lapisan tipis yang disebut acid mantle yang terbuat dari ceramide, asam lemak, dan lipid. Lapisan yang satu ini dapat membantu melindungi kulit dari iritasi. Ketika acid mantle rusak, kulit akan mudah terkena iritasi, itulah mengapa sangat penting untuk menjaga pH kulit tetap pada dasarnya.

Faktor yang Dapat Mempengaruhi pH Kulit

Produk skincare yang kamu gunakan dapat mempengaruhi pH kulit. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui apakah ada bahan-bahan tertentu dalam produk skincare yang kamu gunakan yang dapat memengaruhi pH. Bahan yang dapat mempengaruhi pH kulit yaitu alkohol. Namun kamu juga tidak perlu cemas, karena ada banyak ahli yang merumuskan produk skincare maupun kosmetik yang aman untuk kulit.

Tidak hanya kandungan dar suatu produk, faktor lainnya juga dapat mempengaruhi pH kulit, yaitu dengan mencuci muka dengan air. jika kamu terlalu sering mencuci muka, maka kamu harus berhati. Pasalnya air atau H2O dapat meningkatkan pH kulit wajah. Nah jika semakin lama pH kulit terpengaruh, maka kulit akan rentan terhadap paparan lingkungan dan pertumbuhan bakteri jahat. Maka dari itu, menjaga pH kulit sangat penting untuk dilakukan.

See Also
Penderita Diare

Efek Menggunakan Pembersih dengan pH Lebih Tinggi

Produk pembersih wajah yang memiliki formulasi pH yang lebih tinggi, belum tentu dapat mempengaruhi pH kulit kamu. Mengapa demikian? Karena hal ini sangat tergantung pada jenis kulit dan kandungan di dalam bahan yang membuat busa pembersih yang kamu gunakan.

Biasanya, pembersih wajah dengan pH yang lebih tinggi menggunakan surfaktan yang beragam sehingga akan lebih baik jika kamu menghindari kandungan tersebut. Agar pH kulit kamu tetap seimbang, kamu harus tetap menggunakan toner balancing pH sesudahnya.

Itulah penjelasan mengapa penting untuk menjaga pH kulit. Jangan sembarangan memilih produk kecantikan ya! Jangan lewatkan update terbaru melalui aplikasi BeauCo secara gratis!

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top