Now Reading
Anda Harus Hindari! Buah Bisa Menyebabkan Penderita Diabetes

Anda Harus Hindari! Buah Bisa Menyebabkan Penderita Diabetes

Avatar

Anda Harus Hindari! Buah Bisa Menyebabkan Penderita Diabetes- Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan gula darah, dimana penyakit ini juga dikatakan sebagai penyakit kencing manis. Sementara bagi orang yang mengalami penderita diabetes dan mengatasinya, maka penderita diabetes harus selalu memperhatikan kadar glukosa dalam darahnya. 

Hal inilah yang kemudian membuat banyak penderita diabetes berusaha mengurangi asupan gula dalam pola makannya. Meskipun pada umumnya buah- buahan merupakan makanan sehat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, namun penderita diabetes harus lebih selektif dalam mengonsumsi buah. 

Karena dari beberapa jenis buah memiliki kandungan kadar gula yang tinggi. Sementara penyakit diabetes terdiri dari tiga jenis yang mungkin belum Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut :

Diabetes Tipe 1 

Diabetes tipe 1 sering terjadi ketika pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin atau hanya mampu menghasilkan sejumlah kecil hormon insulin. Jika hormon insulin dalam tubuh kita rendah, maka tubuh tidak dapat memproses gula darah menjadi energi bagi tubuh.

Diabetes Tipe 2 

Pada penderita diabetes tipe 2, tubuh masih mampu memproduksi hormon insulin.Namun, produksi hormon insulin pada penderita diabetes tipe 2 tidak dapat digunakan untuk mengubah gula darah menjadi energi. Karena, diabetes tipe 2 dapat dikontrol dengan makan-makanan yang tepat dan berolahraga secara teratur.

Gestasional

Gestasional merupakan salah satu jenis diabetes yang pertama kali dialami oleh ibu hamil. Namun, wanita ini tidak memiliki riwayat atau menderita diabetes tipe apa pun sebelum dia hamil. Hal ini dapat terjadi karena dengan cara pola makan yang memburuk saat hamil. 

Bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan, diabetes bisa disembuhkan setelah melahirkan. Jika setelah melahirkan diabetes gestasional tidak kunjung sembuh, maka pengidap diabetes akan masuk ke tahap diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, penting bagi wanita yang menderita penyakit diabetes gestasional untuk terus berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat setelah kehamilan untuk mencegah atau menunda perkembangan diabetes tipe 2. Dari semua jenis diabetes tersebut, olahraga dan mengontrol asupan makanan yang masuk ke tubuh merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi penyakit tersebut. 

Apa Saja Buah yang Harus Dihindari Bagi Penderita Diabetes?

Oleh karena itu, disarankan bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi makanan sehat, baik dari segi jenis makanannya maupun cara mengolahnya. Adapun buah yang Harus Anda hindari untuk mencegah penyakit diabetes, sebagai berikut :

Buah Mangga

Buah mangga memiliki kandungan gula sekitar 14 gram yang memiliki potensi buruk dan keseimbangan gula darah. 

Buah Aprikot

See Also

Buah Aprikot adalah salah satu buah yang mirip dengan buah persik. Dimana buah ini adalah salah satu buah yang tidak baik di konsumsi oleh penderita diabetes, terutama dalam bentuk kering. Karena satu cangkir aprikot kandungan sebanyak 74 kalori dan 14,5 gram gula alami.

Buah Nanas

Buah Nanas adalah salah satu buah yang dapat menyebabkan penyakit diabetes, apabila buah ini di konsumsi secara berlebihan. Karena, dengan mengkonsumsi nanas secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda semakin tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buah nanas tidak baik di konsumsi bagi penderita diabetes.

[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top