Now Reading
Apa Itu Kacip Fatimah serta 5 Manfaatnya

Apa Itu Kacip Fatimah serta 5 Manfaatnya

Apa itu kacip Fatimah? Kacip fatimah merupakan tanaman herbal yang termasuk dalam keluarga Myrsinaceae yang populer di Malaysia. Sejak dahulu, tanaman ini umum dikonsumsi oleh wanita Melayu yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman ini dapat kamu temukan secara liar di wilayah Asia termasuk di Indonesia. Kacip fatimah terbukti memiliki sifat antikanker, antioksidan, anti osteoporosis, dan anti inflamasi. Lantas apa saja manfaat dar kacip Fatimah? Simak penjelasannya berikut ini.

Meningkatkan Jumlah Reseptor Oksitoksin

Apa Itu Kacip Fatimah

Apa itu kacip Fatimah dan manfaatnya yang pertama? Kacip fatimah memiliki kandungan senyawa flavonoid dan isoflavonoid. Senyawa tersebut mempunyai struktur yang mirip dengan hormon steroid endogen yaitu estradiol. Estradiol memiliki sifat aktifitas estrogenik yang mampu terikat pada reseptor estrogen alfa dan reseptor estrogen beta.

Manfaat kacip Fatimah sendiri yaitu bisa meningkatkan jumlah reseptor oksitoksin. Peningkatan jumlah reseptor oksitoksin yang terjadi di dalam tubuh berdampak positif pada hal lain dalam tubuh.

Meningkatkan Frekuensi Kontraksi Rahim

Peningkatan jumlah reseptor oksitoksin berdampak pada hormon estrogen di dalam tubuh seorang wanita. Akibat jumlah reseptor oksitoksin yang meningkat, hormon estrogen dapat merangsang pembentukan hormon prostaglandin. Hal tersebut dapat meningkatkan frekuensi kontraksi rahim. Kontraksi rahim ini bisa terjadi baik pada wanita hamil maupun tidak hamil.

Mengencangkan Otot-Otot Vagina Setelah Melahirkan

Jika seorang ibu melahirkan secara normal, maka otomatis otot-otot vagina akan mengendur. Nah dengan meminum air rendaman rumput Fatimah ini dapat membantu mengencangkan otot-otot vagina setelah melahirkan. Otot-otot vagina menjadi kencang dan jalan lahir yang terbuka lebar karena melahirkan mulai mengecil

Sedangkan apabila dikonsumsi ketika akan melahirkan, air rendaman rumput fatimah biasanya diminum saat pembukaan sudah sekitar pembukaan 5. Namun sebelum menonsumsinya, sebaiknya kamu berkonsultasi lebih dulu dengan ahli herbal.

Terapi Gejala Menopause

Tidak hanya bermanfaat untuk wanita hamil, kacip Fatimah ini juga dapat dirasakan oleh wanita lanjut usia yang sudah mulai memasuki fase menopause. Kacip fatimah telah lama digunakan dalam bentuk ramuan untuk membantu meredakan gejala menopause yang menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian vagina dan payudara.

Ekstrak kacip fatimah diklaim mampu memperbaiki saluran reproduksi wanita dan payudara. Hal tersebut disebabkan karena kacip fatimah mengandung estrogen yang dapat membantu perbaikan kondisi payudara dan saluran vagina tersebut.

Meredakan Gejala Nyeri

Apa itu kacip Fatimah dan manfaatnya yang lain? Manfaat kacip fatimah yang lain yaitu dapat meredakan gejala nyeri akibat peradangan yang terjadi. Dengan mengonsumsi air rendaman kacip fatimah bisa meredakan nyeri karena peradangan setelah melahirkan. Tak hanya itu, kacip fatimah juga bisa meredakan gejala nyeri haid.

See Also
Khasiat Manjakani

Demikian ulasan mengenai apa itu kacip Fatimah dan manfaatnya yang dapat kamu ketahui. Update seputar kecantikan dan kesehatan melalui aplikasi BeauCo. Semoga bermanfaat!

Masih ingin mengetahui artikel informatif lainnya? Kamu dapat membacanya melalui aplikasi beauCo dan dapatkan update terbaru seputar kecantikan!

Untuk mendapat informasi tentan kecantikan lainnya, kamu dapat mengaksesnya melalui BeauCo Apps yang dapat kamu download melalui appstore maupun playstore.

Dan dapatkan loyality setiap belanja di marketplace BeauCo, dan dapatkan cashback yang menarik lainnya serta dapatkan konsultasi kecantikan secara gratis.

Tag : Apa Itu Kacip Fatimah serta 5 Manfaatnya

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
Scroll To Top