Now Reading
Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering ! Ada 8 Yang harus diketahui

Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering ! Ada 8 Yang harus diketahui

Avatar
Cara Mengatasi Bibir Kering

Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering – Bibir kering dan pecah-pecah sangat rawan terjadi pada siapa saja, jika hal ini terjadi dapat mengganggu penampilan Anda di depan umum. Padahal, jika dibiarkan berlarut-larut, ternyata bisa mengganggu kesehatan kulit bibir.

Cara Mengatasi Bibir Kering
Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir yang sehat dan lembab tentunya akan terasa lebih nyaman dan menarik untuk dilihat, namun banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah bibir terutama bibir yang kering atau terlihat pecah-pecah. Beberapa di antaranya karena kondisi lingkungan seperti cuaca atau suhu ruangan, kondisi tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu, atau kebiasaan buruk.

Sementara bibir kering menandakan bibir kurang lembab. Apalagi bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit di bagian tubuh lain, sehingga tidak bisa melumasi diri. Anda juga harus lebih memperhatikan perawatan bagian ini agar tetap sehat. Berikut ini adalah cara mengatasi bibir kering :

Gunakan petreleoum jelly

Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering

Petroleum jelly adalah bahan yang bisa dioleskan ke permukaan kulit, yang berguna untuk melindungi kadar cairan di permukaan kulit. Oleh sebab itu, maka kelembapan kulit akan terjaga serta dapat membantu proses penyembuhan jika terdapat luka di kulit. Caranya cukup mudah, yaitu mengoleskan petroleum jelly pada bibir secara rutin.

Gunakan lip balm

Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering

Gunakan lip balm yang mengandung tabir surya setiap kali beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah efek paparan sinar ultraviolet yang dapat membuat kulit, termasuk bibir, kering dan mudah mengelupas.

Hindari alat kosmetik jika kulit bibir sensitif

Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering

Jika bibir Anda sensitif, hindari terkena alergen yang bisa memicu alergi kambuh. Sementara yang menjadi salah satu contoh adalah alergen yang merupakan produk kosmetik yang mengandung wewangian atau bahan kimia tertentu.

Jadi hindari terlalu sering mengganti lipstik, terutama yang bersifat matte. Karena bisa membuat bibir Anda semakin kering. Jika perlu, gunakan pelembab sebelum dan sesudah menggunakan lipstik. Anda juga bisa menggunakan petroleum jelly untuk menghilangkan lipstik, sekaligus melembapkannya.

Jangan ditarik jika kulit tampak mengelupas

Jika bibir Anda tampak mengelupas, hindari menarik-narik kulit yang mengelupas. Sebab, bisa bikin berdarah. Menggunakan scrub bibir untuk mengangkat sel kulit mati adalah solusi tempat yang bisa dilakukan.

Oleskan pada bibir Anda dengan menggunakan jari-jari Anda, lalu gosok perlahan, dan gunakan lip balm sesudahnya. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri dengan madu atau petroleum jelly yang dicampur dengan sedikit gula.

See Also
manfaat kemiri untuk rambut

Anda juga bisa merawat bibir kering dengan menggunakan bahan alami yang ada di sekitar rumah

Apa bahan alami yang dapat mengatasi bibir kering?

Lidah buaya

Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering

Gel ini terbentuk pada daun tanaman lidah buaya yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti inflamasi yang menenangkan dan dapat merehidrasi kulit yang rusak.

Minyak kelapa

Terbuat dari daging kelapa, minyak ini mampu mengurangi peradangan dan mengandung emolien yang dapat menenangkan dan melembutkan kulit.

Madu

Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering

Merupakan pelembab terbaik untuk bibir kering. Sementara madu memiliki kandungan antioksidan dan bersifat antibakteri. Hal ini dapat membantu mencegah infeksi berkembang pada bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.

Teh hijau

Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering

The hijau adalah minuman yang kaya akan antioksidan dan mineral. Teh hijau juga mengandung polifenol yang dapat mengurangi peradangan. Rendam kantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut pada bibir Anda untuk melembutkan bibir kering.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top