Now Reading
Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Produk Pada Bisnis Yang Anda Jalankan

Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Produk Pada Bisnis Yang Anda Jalankan

Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Produk Bisnis Yang Anda Jalankan

Penjualan merupakan sebuah tonggak atau sebuah pondasi yang harus dimliki oleh sebuah bisnis atau usaha. Entah itu penjualan jasa maupun penjualan produk sama saja, intinya hal itulah yang bisa mendatangkan keuntungan serta memberikan omset untuk usaha anda. Namun tidak semua pebisnis bisa sukses dalam meningkatkan penjualan produk pada bisnis yang mereka jalankan. Hal itu disebabkan banyak faktor, dan harus melakukan usaha dari berbagai sisi agar penjualan bisa dimaksimalkan.
Faktor meningkat atau menurunnya penjualan bisa dari faktor internal perusahaan atau usaha itu sendiri dan bisa juga dari faktor eksternal seperti kondisi pasar, peluang pasar dan tidak luput juga dari pengaruh persaingan atau kompetisi pasar. Dalam artikel saya kali ini akan saya bahas tuntas mengenai cara meningkatkan penjualan itu sendiri.
cara-ampuh-meningkatkan-penjualan

1. Mengetahui Potensi Produk Dalam Usaha

Terkadang sebuah perusahaan terlalu fokus pada kekurangan dan tidak fokus mencari keunggulan dari produknya sendiri. Hal itu akan menjadi sebuah kekurangan karena tidak bisa menonjolkan kelebihan dari produk yang anda miliki. Coba gali lagi semua manfaat atau kelebihan dari produk yang anda pasarkan agar bisa lebih maksimal lagi. Apalagi jika anda bisa menemukan kelebihan dalam perusahaan anda yang tidak ada pada kompetitor maka anda berpeluang besar untuk mendominasi penjualan pasar.

2. Mengetahui Potensi SDM atau karyawan

Selanjutnya adalah memperhatikan potensi serta pergerakan karyawan pemasaran anda. Produk yang bagus ditangan tenaga pemasaran yang tidak ahli maka akan susah keluar. Begitu juga dengan produk yang tidak bagus ditangan ahli pemasaran juga pasti akan mempunyai kelemahan. Jadi setelah anda mengetahui keunggulan produk anda, selanjutnya adalah memperhatikan bagaimana kualitas tenaga pemasaran anda, memperhatikan juga bagaimana strategi dari tenaga pemasaran anda. Memperhatikan faktor pendukung dan juga faktor yang menjadi kendala bagi tenaga pemasaran anda.

3. Mengetahui Target Pemasaran Dengan Benar

Lakukan pemasaran pada ruang target yang tepat, hal ini bisa anda lakukan dengan membaca kondisi pasar dan menyesuaikan daya beli masyarakat. Misalkan saja anda menjual barang mahal dalam lingkungan masyarakat menengah kebawah pastinya juga akan sulit. Usahakan sesuaikan antara barang dan calon pembeli anda yang tertarget dengan benar.

4. Mampu Membaca Kompetitor Yang Ada

Meskipun ada sebuah ungkapan bahwa tidak perlu mengetahui harga tetangga dan rejekimu tidak akan tertukar. Namun itu tidak sepenuhnya benar dalam dunia bisnis, bisa jadi penyebab menurunnya penjualan anda dikarenakan adanya kompetitor dengan harga yang lebih murah atau dengan kualitas barang yang labih bagus. Maka dari itu anda harus bisa membaca gerakan para kompetitor dan melakukan pesaingan yang kompetitif untuk tetap mendapat pelanggan dan meningkatkan penjualan.

5. Mempunyai Nilai Yang Tinggi Pada Kualitas

Menjaga kualitas barang setelah mendapatkan pelanggan adalah sangat penting sekali. Bisa anda temukan di pasaran misalkan sebuah produk mulai laku biasanya ada yang berkurang kualitasnya. Hal itu dikarenakan perusahaan megurangi pengeluaran dan sedang meningkatkan omset, namun imbasnya adalah para pelanggan akhirnya sedikit demi sedikit kabur dan berpindah langganan. Maka dari itu sangat penting orientasi anda dalam menjaga kualitas produk anda, jadi meskipun sudah memiliki nama tetap kualitas menjadi andalan nomer 1 anda.

6. Mempunyai Dedikasi Tinggi Pada Pelayanan Pelanggan

Selain kualitas ada juga mengenai pelayanan, jika pelayanan bagus maka pelanggan akan betah dan nyaman berbelanja pada anda, tapi jika pelayanan tidak lagi menyenangkan maka pelanggan akan kabur dan berpindah pada yang lain.

7. Mengembangkan Sistem Berbagi Atau Referral

Dalam meningkatkan pemasaran selanjutnya adalah dengan jalan sistem berbagi atau bisa disebut juga dengan referral atau rujukan. Perbanyak peluang untuk umum, barang siapa yang merujuk pelanggan baru membeli atau berlangganan pada anda, maka mereka akan mendapatkan komisi, dengan begitu secara otomatis akan banyak lagi orang yang merefrensikan bisnis atau produk anda pada orang-orang baru. Ini disebut juga dengan sistem pengembangan pasar secara otomatis.

8. Membuat Sebuah Komunitas Terkait Bisnis Anda

Jangan biarkan pergi begitu saja orang-orang yang sudah pernah datang pada anda, usahakan untuk membentuk sebuah komunitas pelanggan anda, misalkan saja disitu anda memberikan edukasi produk baru, pelayanan dan menanggapi keluhan pelanggan, semakin besar komunitas yang anda bangun, maka semakin besar pula omset penjualan yang akan anda terima.

See Also

9. Memberikan Faktor Manfaat Pendukung

Terkadang seorang pebisnis atau pemilik usaha hanya terpaku pada seputar produk atau jasa yang dia jual saja. Ini sebenarnya juga kurang maksimal, cobalah anda melebarkan manfaat perusahaan atau usaha anda ke hal-hal yang lebih luas lagi. Saya kasih sebuah ilustrasi : ” Ada seorang pedagang bakso yang secara tidak sengaja lewat dan diminta membenarkan genteng yang jatuh, meskpun benahi genteng sangat jauh dari profesi tukang bakso tersebut, namun dengan senang hati tukang bakso tersebut membantu, dan setelah itu apa yang terjadi? pemilik rumah dan tetangga sekitar yang melihatnya akhirnya pada beli bakso tersebut, padahal tadinya tidak ada niat membeli sama sekali “. Dari ilustrasi tersebut silahkan anda fikirkan bagaimana perusahaan anda bisa memberi manfaat lebih luas lagi.

10. Meningkatkan Unsur Sosial Pada Binis

Berbisnis sekaligus beramal jangan beramal untuk berbisnis tapi ya. Bagaimanapun juga yang namanya sedekah dan juga berbagi dalam hal sosial lainnya akan mendatangkan rejeki pada anda. Jika anda adalah pemilik sebuah usaha atau perusahaan, usahakan setiap sebulan atau 2 bulan sekali anda melakukan kegiatan berbagi, entah itu sembako atau traktiran apapun pada sekitar atau orang yang membutuhkan. Dari sini nanti akan ada campur Tangan Tuhan yang akan membantu suksesnya penjualan anda. Dan kalau Tuhan sudah berkehendak, maka tidak ada lagi yang mustahil atau tidak mungkin.

Demikian materi kali ini mengenai Cara Ampuh Meningkatkan Penjualan Produk Pada Bisnis Yang Anda Jalankan. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anda dan terima kasih.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top