Now Reading
Cara Mengecek Informasi, Hoax atau Fakta Berita Online

Cara Mengecek Informasi, Hoax atau Fakta Berita Online

Cara Mengecek Informasi, Hoax atau Fakta Berita Online-  Pertumbuhan penetrasi smartphone dan media sosial yang tidak diimbangi dengan literasi digital menyebabkan seseorang tidak dapat membedakan maraknya berita palsu alias hoax atau fakta di Indonesia. Banyak informasi menyesatkan yang melalui saluran informasi saluran digital, termasuk situs online dan pesan obrolan.

Mencari Google Artikel perkembangnya Informasi Berita Online sebelumnya Saat ini, dibuatlah Sebuah artikel Yang membahas TENTANG Cara mengecek Dan memverifikasi information online, apakah hoax ATAU Fakta.

Hoax adalah informasiberita palsu, atau berita fakta yang telah dipelintir dan dibuat-buat untuk tujuan serius (politis) menjadi bijaksana. Dalam bahasa hoax, hal ini berupakan rahasia, kebohongan, kenakalan, dan curang. Pada umumnya, berita Hoax memiliki tujuan untuk “bersenang-senang” atau sama seperti humor.

Namun berita hoax juga dapat digunakan sebagai alat propaganda dengan tujuan politik, misalnya untuk membuat gambar atau Agak, dan untuk memperburuk citra seseorang atau kelompok. Sedangkan fakta adalah hal-hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan suatu kenyataan.

Dimana, fakta ini suatu berita yang benar-benar ada atau terjadi. Sementara untuk melihat berita palsu (Hoax) atau fakta tersebut kita harus memfilter informasi secara online. Berikut adalah cara memverifikasi berita palsu (Hoax) atau fakta menurut Google dalam tulisan tertulis, di antaranya:

Periksa Kembali Sumber Berita Anda

Pada artikel ini, Anda dapat menggunakan Google atau mesin pencari untuk memeriksa apakah informasi yang Anda lihat telah dilaporkan oleh media yang tidak dapat dipercaya. Namun, ramah berita yang Anda baca tidak dapat divalidasi oleh sumber resmi lain, kemungkinan besar berita palsu.

Periksa Gambar yang Digunakan dalam Konteks

Klik kanan gambar tersebut dan pilih “Cari gambar di Google” untuk melakukan penelusuran terbalik untuk gambar tersebut. Gambar akan dicari dalam database online untuk melihat apakah sebelumnya telah muncul secara online, dan dapat terlihat konteks telah kemunculannya, serta apakah gambar tersebut terdistorsi dari permukaan yang dibangun. Hal ini memiliki tujuan untuk mendapatkan dukungan kampanye tokoh-tokoh politik menjelang pemilu.

Bagaimana Cara Mengecek Informasi, Hoax atau Fakta Berita Online?

Perhatikan URL-nya

Ada situs web yang tampak seperti media yang tidak dapat dipercaya, padahal sebenarnya tidak. Sementara situs ini menggunakan nama domain yang mirip untuk menambah kredibilitas informasi yang dibawa dan memberikan rasa aman yang salah bahwa informasi tersebut benar-benar terjadi.

See Also
Melangsingkan Badan

Oleh karena itu, menemukan perbedaan kecil dalam nama domain. Jika Anda curiga, lakukan pencarian nama media seperti CNN, karena link yang muncul di bagian atas adalah situs resmi. Selanjutnya, Anda bisa membaca berita yang telah dibaca sebelumnya, di situs media resmi.

Verifikasi Topik Hangat Menggunakan Fact Check Explorer

Verifikasi dilakukan berdasarkan fakta untuk menentukan validitas suatu topik. Fact Check Explorer mengindeks hasil pengungkit dalam database. Jadi, jika Anda mencurigai validitas suatu topik, mana Anda dapat menggunakan Fact Check Explorer untuk mengetahuinya. Di sana Anda dapat dengan mudah melihat dan mengungkit pengungkit yang terkait dengan topik atau karakter tertentu.

Jelajahi Referensi Artikel

Jika Anda tidak dapat menemukan Informasi Berita Online yang dapat diambil secara online, seperti nama orang atau organisasi yang dikutip, maka kemungkinan itu hanya dibuat-buat untuk mendukung cerita tipuan.

[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top