Now Reading
Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara

Avatar

Penyakit Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit yang terjadi ketika sel kanker ganas terbentuk di jaringan payudara. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit paling mematikan bagi wanita. Penyakit ini tentunya sangat ditakuti. Sebenarnya adakah cara mencegah kanker payudara yang bisa dilakukan wanita?

Pencegahan penyakit kanker payudara, harus dimulai dari pola hidup sehat. Jika Anda ingin mencegah penyakit ini Anda harus mengetahui informasi untuk mencegahnya baik itu faktor yang paling kecil atau sepele atau hal-hal yang harus dihindari agar Anda tidak terkena penyakit ini.

Jika Anda memiliki keluarga yang menderita kanker payudara, maka Anda juga berisiko terkena penyakit tersebut. Maka Anda harus memahami tentang cara mencegah kanker payudara dan berikut cara mencegah kanker payudara, di bawah ini:

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara?

Melakukan Pemeriksaan Dini

Cara pertama dan terpenting untuk mencegah kanker payudara adalah dengan melakukan pemeriksaan dini pada payudara itu sendiri. Ini karena beberapa wanita penderita kanker payudara tidak merasakan gejala apapun.

Hal ini dapat dilakukan apakah ada perubahan pada payudara Anda, kemudian menjalani medical check up, hingga melakukan mammogram (tes menggunakan rontgen untuk melihat payudara), agar kanker payudara dapat terdeteksi secepat mungkin.

Hindari Alkohol

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minuman beralkohol, seperti bir atau anggur merah, dapat meningkatkan produksi hormon penyebab kanker payudara dalam tubuh wanita. Risiko konsumsi alkohol meningkatkan produksi hormon estrogen.

Sehingga perlu diketahui bahwa kelebihan hormon estrogen dalam tubuh, seringkali dikaitkan dengan perkembangan sel kanker payudara. Selain itu, alkohol diduga dapat merusak DNA dalam sel tubuh Anda, sehingga risiko kanker payudara pada diri Anda meningkat.

Hindari Merokok

Jika Anda tidak merokok, pertahankan. Namun, jika Anda seorang wanita yang merupakan perokok aktif, segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. Karena penelitian bahwa menemukan hubungan antara merokok, dan peningkatan risiko kanker payudara, pada wanita muda atau yang belum menopause. Penelitian juga menunjukkan bahwa perokok pasif yang sering terpapar asap rokok juga memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara.

Menjaga Berat Badan Ideal

Jika Anda memiliki tubuh ideal maka Anda harus merawatnya dengan baik, karena orang yang kelebihan berat badan atau obesitas akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.Salah satu penyebab obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara adalah karena jaringan lemak berlebih dapat meningkatkan produksi hormon esterogen dalam tubuh wanita.

See Also

Tak hanya itu, wanita yang kelebihan berat badan cenderung memiliki kadar insulin yang tinggi di tubuhnya. Sama seperti hormon estrogen, jika Anda memiliki insulin berlebih maka risiko terkena kanker bisa meningkat.

Olahraga Secara Teratur

Olahraga teraturbisa menjadi salah satu cara mencegah kanker payudara pada diri sendiri. Sebab dengan berolahraga dan berkeringat, bisa membantu Anda menjaga berat badan ideal.Wanita dewasa yang sehat disarankan untuk melakukan 75 menit latihan aerobik intensitas sedang, atau latihan aerobik intensitas tinggi, selama 75 menit, dalam satu minggu.

Itulah yang dapat di jelaskan mengenai cara mencegah penyakit kanker payudara, semoga bermanfaat.

.

[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top