Now Reading
6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui – Fenomena rambut rontok dialami hampir oleh semua ibu-ibu yang sedang menyusui. Beberapa mengalami tingkat kerontokan yang ringan dan masih terbilang wajar, namun tak sedikit pula yang mengalami kerontokan berat.

Kerontokan rambut saat masa menyusui ini dalam dunia kesehatan disebut dengan istilah postpartum hair loss atau dalam bahasa indonesianya yang berarti kerontokan pasca melahirkan. Banyak ibu-ibu yang pernah mengalami kerontokan ini menjadikan proses menyusui sebagai penyebabnya.

Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Bahkan sampai ada ibu yang tidak mau menyusui anaknya dan lebih memilih menggunakan susu formula karena takut rambut rontok dan mengalami kebotakan. Padahal tak ada bukti akurat yang dapat membenarkan dugaan tersebut.

Saat ibu sedang hamil, hormon estrogen dan progesteron dalam tubuhnya mengalami peningkatan yang signifikan, begitu pula dengan sirkulasi darah yang juga ikut meningkat, sehingga hal itu menyebabkan rambut tumbuh lebih tebal dari biasanya.

Ketika seorang ibu telah melahirkan, hormon-hormon tersebut mulai mengalami penurunan secara bertahap dan perubahan ini menyebabkan rambut menjadi rontok. Namun keadaan tersebut tidak berlangsung lama, umumnya akan berhenti ketika si bayi memasuki usia satu tahun.

Setelah itu rambut si ibu akan kembali normal. Tapi jika Anda para ibu tetap khawatir dan ingin meminimalisir kerontokan rambut saat masa menyusui. Berikut kami berikan beberapa cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui :

Apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut rontok ibu menyusui?

Konsumsi makanan kaya protein

Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui
Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Protein berperan penting dalam mengatasi kerontokan rambut, karena memang nutrisi ini memiliki salah satu fungsi untuk  membantu pertumbuhan dan menguatkan akar rambut. Sehingga ketika tubuh kita kekurangan protein maka akar-akar rambut akan menjadi tidak kuat dan mudah sekali rontok. Untuk itu Anda yang sedang menyusui dan mengalami kerontokan rambut.

Disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti contohnya sayuran, susu dan daging. Selain protein, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya magnesium dan juga zat besi, agar rambut semakin kuat dan sehat.

Jangan terlalu sering keramas dan mengikat rambut

person washing woman s hair
Photo by cottonbro on Pexels.com

Terlalu sering keramas dan mengikat rambut dapat menyebabkan rambut Anda mudah rontok, hal ini tidak hanya berlaku bagi Anda yang sedang menyusui saja. Karena memang dua aktifitas tersebut jika sering dilakukan akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan mudah sekali mengalami kerontokan.

See Also
Hand Sanitizer Aman

Gunakan vitamin rambut

Rambut juga membutuhkan vitamin agar tetap sehat dan terjaga. Vitamin rambut selain fungsinya untuk menstimulasi pertumbuhan rambut, juga berperan dalam menutrisi kulit kepala Anda.

Oleh karena itu Anda  tak perlu ragu untuk mengaplikasikan vitamin rambut ini pada rambut rontok Anda. Banyak vitamin rambut yang dijual di apotek maupun di supermarket, Anda hanya tinggal memilih mana vitamin rambut yang sesuai menurut Anda.

Hindari stres

Stres ternyata juga dapat memicu terjadinya kerontokan pada rambut. Menurut Shilpi Khetarphal, seorang ahli dermatologi, mengatakan bahwa stres, baik itu stres secara fisik maupun psikologis dapat memicu rambut rontok yang sangat parah.

Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui

Sebab itu, Anda yang sedang menyusui dan mengalami kerontokan rambut, upayakan untuk mengurangi stres. Cara Mengatasi Rambut Rontok Ibu Menyusui dengan sesekali memanjakan diri, lakukan hal-hal yang membuat Anda bersemangat, dengarkan musik dan tidur yang cukup.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top