Now Reading
Cara Menjadi Freelancer di 25 Situs Penyedia Lowongan Freelance

Cara Menjadi Freelancer di 25 Situs Penyedia Lowongan Freelance

Idntifia.com – Bagaimanakah cara menjadi freelancer, kemudian daftar situs nya apakah anda sudah mengetahuinya? Buat sobat semua yang saat ini mungkin sedang menganggur atau sedang mencari sebuah pekerjaan, alangkah lebih baik jika sobat memanfaatkan waktunya untuk sambil bekerja freelance.

Dalam hidup ini sebenarnya ada banyak pilihan untuk mendapatkan penghasilan, bisa dengan bisnis sendiri, bekerja fulltime atau dengan parttime atau freelance. Sebenarnya untuk situs freelancer itu banyak banget, baik didalam negeri maupun diluar negeri. Cobat ketik saja di google dengan keyword “Daftar Freelancer”, disitu sobat bakal nemuin deretan situs penyedia lowongan freelancer.

Apa itu Freelancer?

apa-itu-freelancer
Ilustrasi Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Buat yang masih belum paham mengenai dunia freelancer akan saya jelaskan terlebih dahulu lebih detail. Freelancer adalah seseorang yang menerima atau menjalankan pekerjaan secara freelance. Freelance bisa diartikan dengan tenaga lepas, pekerjaan lepas, atau job lepas. Artinya antara pemberi pekerjaan dan penerima bayaran tidak akan terus terikat, melaikan hanya khusus menyelesaikan job tertentu saja dengan bayaran yang disepakati.

Contoh pekerjaan freelance adalah anda disuruh memperbaiki AC, dalam satu perbaikan AC anda dibayar 400 ribu dan setelah itu sudah selesai. Contoh freelance di dunia online, anda mendapatkan orderan desain secara online, anda menyelesaikan satu orderan desain dan dapat bayaran setelah itu selesai.

Meskipun selesai begitu saja, seorang freelancer profesional akan tetap menjaga kualitas pekerjaannya dengan baik agar dia akan mendapatkan kembali job dari para pelanggannya. Selain itu juga jika di situs freelancer ada yang namanya rating atau popularitas, jika anda mempunyai popularitas yang bagus maka akan dilirik oleh orang-orang yang sedang punya job dan sedang mencari freelancer.

Baca juga : manfaat kretivitas dan inovasi bagi startup bisnis

Apa Saja Kelebihan Menjadi Seorang Freelancer?

apa-saja-kelebihan-freelancer
Ilustrasi Foto oleh The Coach Space dari Pexels

Mungkin sebagian orang ada yang berfikir menjadi seorang pegawai tetap sebuah perusahaan adalah posisi yang terbaik. Memang kalau dilihat dari segi penghasilan bulanan, seorang pegawai tetap akan mendapatkan hasil yang stabil. Berbeda dengan freelancer, hasil yang didapatkan tidak menentu. Eitsss… tunggu dulu, hasil yang gak stabil bisa diartikan dengan banyak hal, bisa dengan terus meningkat, atau bisa kadang banyak sekali dan kadang sedikit.

Saya sendiri mempunyai seorang freelancer yang menggeluti bidang online dan juga offline, meskipun mereka tidak memiliki label karyawan tetap, namun mereka bisa mendapatkan income puluhan juta rupiah setiap bulannya, yang satu adalah seorang freelancer bidang AC, yang satunya adalah di bidang desain.

Kelebihan menjadi seorang freelancer adalah waktu yang tidak terikat, anda tidak harus berangkat pagi macet-macetan dijalan. Anda bisa menentukan sendiri kapan waktu yang nyaman untuk anda bekerja. Selain itu anda bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan pashion yang anda miliki. Selain itu juga anda bisa mendapatkan pendapatan sesuai dengan yang anda mau, jika mau banyak ya harus menyelesaikan sebanyak job yang ada.

Biar jelas saya juga akan menjelaskan mengenai kekurangan menjadi freelancer. Kekurangannya adalah jika anda tidak terus upgrade skill anda akan kalah saing dan mungkin sepi job. Beda dengan karyawan tetap perusahaan, mereka bisa bidang itu asalkan bekerja rutin dengan benar, mereka akan terus bekerja. Jadi intinya harus tetap ugrade skill di bidang yang anda kuasai agar anda bisa tetap bertahan dan mempertahankan penghasilan anda.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Freelancer?

cara-menjadi-freelancer
Ilustrasi Foto oleh bongkarn thanyakij dari Pexels

Sebelum saya bahas mengenai caranya, saya akan bertanya pada diri anda,

apa saja keahlian dan pengetahuan yang anda miliki?

Pashion atau kesukaan anda dibidang apa saja?

Nah dari kedua pertanyaan diatas akan mempermudah anda dalam menjawab cara menjadi freelancer. Banyak cara menjadi seorang freelancer jika memang anda memiliki keahlian.

See Also

Lalu, bagaimana jika tidak mempunyai keahlian apapun namun pengen menjadi freelancer ?

Jawabannya adalah SULIT

Siapa kira-kira yang akan memperkerjakan orang yang tidak punya keahlian apapun. Minimal anda coba cari potensi apa yang anda bisa meskipun belum ahli dan anda bisa melatihnya dengan baik. Minimal sekali kita masih memiliki tenaga dan fikiran untuk bermanfaat bagi orang lain, dengan begitu yang namanya rejeki tidak akan terputus.

Ada dua cara untuk mendapatkan jod freelance, yaitu secara online dan juga secara offline. Secara Online adalah dengan mendaftar pada situs-situs freelancer, secara offline anda melamar langsung pada sebuah usaha atau perorangan yang membutuhkan mitra pekerja freelance untuk mereka.

Contoh Job Freelance Via Offline

Job freelance via offline atau secara langsung itu banyak sekali macamnya, pengalaman saya dulu juga pernah yakni menjalankan freelance dengan telkom, yakni pada pemasaran speedy internet dan juga penjualan paket nya. Saya waktu itu pada tahun 2011 an, jika mendapat pelanggan akan dibayar sesuai dengan kesepakatan, tidak ada keterikatan apapun.

Nah buat anda juga banyak sekali macamnya, tergantung dari bagaimana skill dan minat anda. Contohnya anda bisa menjadi teknisi freelance, marketing freelance, pengajar privat, pelaksana lapangan dan masih banyak lagi lainnya.

Contoh Job Freelance Via Online 

Job freelance yang didapatkan atau dikerjakan via online banyak macamnya, intinya anda harus paham tentang dunia internet, teknologi dan juga dunia digital, dengan begitu mencari job freelance online tidaklah sulit. Contohnya adalah sebagai berikut :
  • Designer online
  • Menjualkan produk orang lain via online
  • Menjadi penulis 
  • Menjadi konsultan
  • Menjadi Editor
  • Menjadi Edukator
  • Menjadi Kreator
Itu adalah beberapa contoh jenis pekerjaan freelance via online, jika ingin dijabarkan secara detail sebenarnya banyak sekali macam-macamnya. Misalkan menjadi penulis freelance juga banyak macamnya, bisa penulis artikel blog, bisa penulis untuk keperluan pendidikan, bisa penulis berita dan juga bidang-bidang yang lainnya. Anda bisa menjabarkan sendiri lebih dalam mengenai hal tersebut. 

Daftar Situs Penyedia Lowongan Untuk Freelancer 

Kali ini saya akan jelaskan lebih lanjut agar anda lebih mudah mencari job freelance, bagaimanapun juga sekarang itu zaman yang canggih, segala pekerjaan freelance secara offline pun juga akan di iklankan secara online. Ada beberapa situs yang menyediakan lowongan kerja freelance yang bisa anda daftar antara lain adalah :
  1. www.fiverr.com
  2. www.upwork.com
  3. www.toptal.com
  4. www.simplyhired.com
  5. www.poepleperhour.com
  6. aquent.com
  7. crowded.com
  8. robethalf.com
  9. 99designs.com
  10. nexxt.com
  11. writteracces.com
  12. taskrabbit.com
  13. skyword.com
  14. designhill.com
  15. freelancer.co.id
  16. www.guru.com
  17. hireable.com
  18. flexjobs.com
  19. sribulancer.com
  20. fastwork.id
  21. Linkedin Jobs
  22. Student jobs
  23. Ruang guru
  24. Getcraft
  25. project.co.id
Diatas adalah 25 situs yang memberikan informasi lowongan untuk para freelancer, untuk mengenai keatifan masing-masing situs anda bisa melihat dan mengecek secara langsung pada nama-nama situs diatas. Ada beberapa tahapan proses yang harus anda perhatikan dalam mendaftakan diri anda pada beberapa situs diatas. 

Tahapan Mendaftar Di Situs Freelancer

1. Registrasi

Registrasikan diri anda atau daftarkan diri anda secara lengkap sehingga lebih mudah bagi pemberi job untuk menganalisa diri anda. Mulai dari nama lengkap dan juga berbagai identitas diri anda dan juga cantumkan skill apa saja yang anda bisa. Lebih bagus lagi jika anda sudah memiliki prestasi di bidang tertentu maka akan lebih mudah untuk dilirik para peyedia pekerjaan dengan melihat data anda tersebut.

2. Mengikuti Tes Kompetensi

Ada beberapa situs yang memberikan tes kompetensi pada para freelancernya. Hal ini jelas untuk menunjukkan kualitas dari para freelancer, jika anda mengkuti tes tersebut dan hasilnya bagus, anda akan mendapatkan rating bagus dan mudah mendapatkan job dengan harga yang anda inginkan. Namun ada juga beberapa yang bisa langsung mencari job tanpa tes, anda bisa lihat di masing-masing situs diatas.

3. Mencari Job Yang Sesuai Diri Anda

Setelah anda mendaftarkan diri anda, anda bisa langsung mencari job yang sesuai dengan yang anda inginkan. Tentunya disitu akan ada banyak saingan, nah ini akan menjadi PR bagi anda untuk memenangkan job tersebut, mau dari segi kualitas anda lebih baik dan dari negosiasi harga anda lebih efektif juga bisa.

4. Negosisasi Harga

Ada beberapa situs yang menyediakan sistem negosiasi, baik itu dari segi pengerjaan nya berapa lama atau berapa besaran bayarannya. Nah disini anda juga harus bisa memenangkannya dengan tawaran anda yang paling efektif dan efisien. Nego harga jangan terlalu tinggi dan juga jangan terlalu rendah, sesuai standart saja, kalau mau turunin sedikit agar job dapat anda pegang juga tidak masalah. Jika terlalu tinggi si pemberi job akan keberatan, kecuali jika anda sudah memiliki nama dan rating yang tinggi. Jika terlalu rendah juga nanti akan menjadikan pemeberi job ragu dengan kualitasnya.

5. Proses Pengerjaan dan Penerimaan Pembayaran

Selanjutnya jika anda sudah mendapatkan sebuah job, adalah anda mengerjakan job tersebut sesuai dengan waktu yang sudah disepakati atau sudah ditentukan. Sebenarnya seorang profesional akan memberikan tenggang waktu yang standar, namun dalam pengerjaannya dia akan lakukan secepat mungkin, itu akan menjadikan klien puas. Jangan malah sebaliknya, menjanjikan waktu pengerjaan yang cepat namun kenyataannya terlambat, ini akan berdampak buruk pada freelancer.
Kemudian yang terakhir dalam hal pembayaran anda bakalan terima dari pengelola situs, karena dalam hal ini pengelola situs sebagai penengah dari freelancer dan yang memberi pekerjaan.
Itu tadi adalah serangkaian pembahasan mengenai seputar freelancer, dari apa itu freelancer, kelebihan dan kekurangan, cara mendapatkan job dan juga beberapa tips ringan dari saya. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat dan terima kasih.
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top