Now Reading
CARA MENURUNKAN BERAT BADAN

CARA MENURUNKAN BERAT BADAN

Kelebihan berat badan sering kali membuat kita merasa tidak percaya diri. Meskipun sudah berusaha untuk diet dan berolahraga, terkadang masih saja ada bagian berlemak yang membuat penampilan tidak seindah keinginan. Akhirnya, usaha yang dilakukan terasa sia-sia dan lemak yang kemarin terbakar kembali perlahan.

Untuk mempertahankan motivasi dan keinginan menurunkan berat badan sebenarnya mudah, Anda hanya membutuhkan komitmen. Komitmen bisa didapatkan jika Anda melakukan hal-hal yang mudah dan tidak membebani tetapi memiliki hasil efektif.

Jika pergi ke gym dirasa sia-sia, jangan khawatir. Anda tetap bisa menurunkan berat badan dengan melakukan program defisit kalori. Tujuan utama defisit kalori adalah menjaga agar kalori yang masuk lebih kecil dibandingkan dengan kalori yang keluar. Jadi untuk menurunkan berat badan, konsumsi kalori harian harus lebih sedikit daripada yang dibutuhkan tubuh. Defisit kalori dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak tubuh tanpa harus pantang makanan kesukaan, membantu memahami dan mengerti fitness dan diet yang benar tanpa harus tersiksa, memudahkan konsep diet sebagai lifestyle yang bisa dipertahankan seumur hidup.

Berikut adalah jenis-jenis latihan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan program defisit kalori :

Program Menurunkan Berat Badan

Sumber: Musclepharm.com

Untuk melakukan program defisit kalori, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil yang didapatkan sesuai harapan, di antaranya:

  1. Saat berolahraga, pastikan beban olahraga sesuai dengan kebiasaan sebelum program ini dilakukan.
  2. Berolahraga saat menjalani program defisit kalori,sebaiknya dilakukan sekitar 6 sampai 10 kali setiap setnya. Cara ini dianggap efektif dalam mengurangi kadar lemak dan menjaga massa otot.
  3. Lakukan setiap gerakan olahraga dengan baik. Hal tersebut akan memberikan hasil maksimal, daripada olahraga beberapa set tetapi dilakukan dengan asal-asalan.
  4. Lakukan cardio paling tidak seminggu 4 kali untuk membakar kalori sehingga dapat menunjang program defisit kalori dan mampu memberikan hasil maksimal.
  5. Maksimalkan waktu istirahat. Tidurlah setidaknya 7-8 jam sehari untuk hasil yang efektif.
Nutrisi saat Defisit Kalori

Sumber: Sfidn.com

Defisit kalori bisa memberikan hasil maksimal jika diimbangi dengan asupan nutrisi baik pada tubuh. Karena biasanya, pengurangan kalori akan memberikan efek buruk yakni, otot terkikis. Sedangkan jika tidak dikontrol, kadar lemak akan membuat program semakin sia-sia.

Untuk mengurangi kalori tanpa mengikis otot, Anda pun harus mengonsumsi sumber nutrisi lain secara seimbang selama melakukan defisit kalori. Sumber makanan yang baik untuk dikonsumsi selama masa defisit kalori adalah:

  1. Protein : Whey protein, dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan putih telur
  2. Karbohidrat : Nasi merah, kentang, roti gandum, oatmeal.
  3. Lemak : Alpukat, minyak kacang, minyak ikan, almond, minyak zaitun.

Jika merasa asupan gizi kurang memuaskan, Anda bisa mengonsumsi suplemen tambahan yang cukup efektif sebagai salah satu cara menurunkan berat badan. Salah satu suplemen yang recommended adalah Evolene. Suplemen ini terbuat dari protein susu terbaik dan dijamin kehalalannya.

Selain sebagai suplemen, Evolene juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sehari-hari, terutama mereka yang sedang melakukan program defisit kalori. Dengan memadukan asupan nutrisi yang sesuai dan konsumsi suplemen tinggi protein, menurunkan berat badan dengan cara ini bukanlah tidak mungkin.

Apalagi jika Anda mampu mengontrol pola makan. Usahakan Anda mendapat asupan protein, karbohidrat, dan lemak yang diperlukan agar proses metabolisme bisa meningkat, massa otot semakin tinggi, sehingga tubuh ideal lebih mudah untuk dicapai.

Latihan Kardio saat Cutting

Sumber: Hipwee.com

Olahraga terbaik yang bisa Anda lakukan saat defisit kalori adalah kardio. Adapun gerakan kardio yang bisa Anda lakukan selama program ini adalah:

  • Arm Circle

Gerakan sederhana ini tidak hanya akan membentuk otot biceps dan trisep, tetapi juga mengurangi kalori secara efektif. Untuk hasil maksimal, lakukan gerakan ini selama satu menit sebelum masuk ke latihan kardio yang lebih berat.

  • High Knee Kick

Gerakan ini dapat membantu membakar lemak dan membuat cara defisit kalori melalui olahraga kardio lebih efektif. Cara melakukannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengangkat salah satu kaki sehingga sejajar dengan perut dan melakukan gerakan melompat. Lakukan hal yang sama dengan kaki berbeda selama beberapa kali. Selain membakar kalori, latihan ringan ini juga dapat membentuk dan meningkatkan massa otot bagian paha atau betis.

  • Toe Touch Jack

Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama Anda perlu berdiri dengan kaki terbuka dan kedua tangan teracung ke atas. Setelah itu, melompatlah sambil menyentuhkan salah satu tangan pada salah satu ujung jari kaki. Berdiri lagi dan lakukan gerakan yang sama dengan tangan dan kaki lainnya. Terakhir, lakukan gerakan secara berulang agar hasilnya lebih efektif.

  • Squat Tap

Gerakan ini pada dasarnya hanya gerakan bertepuk sambil jongkok. Caranya cukup mudah. Pertama, berdirilah dengan posisi badan tegak lurus dengan kedua tangan teracung ke udara. Kemudian melompatlah ke bawah dalam posisi jongkok dengan kaki terbuka, lalu sentuh lantai menggunakan kedua tangan. Lakukan gerakan yang sama selama kira-kira 1 menit agar efek kardio terasa.

  • Squat Punch

Gerakan ini mirip dengan squat tap, tetapi saat berdiri, posisi tangan meninju ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Cara ini cukup efektif untuk membakar kalori sehingga cutting yang dilakukan memberi hasil maksimal

Itulah beberapa latihan kardio sederhana yang efektif untuk menunjang program defisit kalori. Untuk informasi lain tentang gerakan kardio tanpa harus repot-repot ke gym, Anda bisa mengunjungi situs Body Evolution. Selain memperoleh informasi, Anda juga bisa mendapat program intensif yang bersifat online coaching, tentang bagaimana melakukan olahraga secara efektif sesuai keinginan.

Cara defisit kalori yang telah disebutkan di atas tidak akan bermanfaat jika tidak dilakukan secara bersamaan dan dibarengi dengan komitmen yang kuat. Jadi, sudah siap mendapatkan badan ideal dengan defisit kalori?

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top