Now Reading
Cara Optimasi SEO On Page Untuk Blog Baru

Cara Optimasi SEO On Page Untuk Blog Baru

Idntifia.com Cara Optimasi SEO On Page untuk blog baru. Optimasi SEO on page merupakan cara yang bagus agar artikel blog baru kita bisa mendapatkan banyak pengunjung, namun dikarenakan jutaan bahkan milyaran artikel di internet maka sangatlah tidak mudah untuk bisa menjadi page on atau halaman pertama dalam penelusuran seach engine.

Cara optimasi seo untuk artikel blog baru agar bisa page one untuk blog baru mungkin akan lebih sulit dibandigkan blog lama. Sama seperti blog saya ini, mungkin baru sekitar 3 atau 4 bulan saya pegang dan rasanya memang sangat beda dengan blog saya yang satunya yang sudah 4 tahun saya kelola.

Dalam cara optimasi SEO sendiri ada On page dan juga off page, jadi pada kesempatan kali ini saya mau bahas mengenai SEO On page, atau SEO dari dalam blog atau dari dalam artikel.

Cara Optimasi SEO On Page Untuk Blog Baru

Cara Optimasi SEO On Page Untuk Blog Baru Bisa Page One google adalah sebuah keinginan yang didambakan oleh sebagian besar blogger. Karena dengan munculnya artikel blog sobat pada halaman pertama google itu artinya ada kemungkinan untuk memiliki visitor yang lebih besar. 

Namun tentunya untuk mencapai hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah, terutama untuk blog baru atau blogger pemula. Mengenai Ilmu SEO itu sendiri menurut saya kebanyakan adalah asumsi, karena terkadang ilmu yang sama digunakan oleh orang yang berbeda maka hasilnyapun akan berbeda.

Apalagi untuk blogger baru agar bisa bersaing dengan jutaan artikel sebelumnya ini merupakan hal yang tidak mudah. Adapula hal yang instan, akan tetapi membutuhkan biaya yang cukup mahal karena harus memakai iklan. Kebanyakan yang medapatkan rating atas dengan cepat adalah menggunakan jasa iklan dari google.

Discalimer :
saya disini hanya berniat berbagi saja kepada sobat terutama untuk blogger pemula, dan hasilnya pun bisa berbeda-beda dan berubah-ubah, karena setiap blogger saya yakin memiliki cara yang berbeda-beda, jadi kalau setuju dengan apa yang saya contohkan ya silahkan kalau mau ditiru, kalau enggak juga tidak masalah

15 Langkah dalam optimasi SEO On Page untuk blog baru

1. Pemilihan Konten

Jika anda adalah seorang blogger baru silahkan memilih konten dengan cakupan pasar yang lebih spesifik atau lebih khusus. Jangan terjun dalam konten-konten dengan pesaing blog-blog lama atau situs besar lainnya. Dengan memilih tema artikel yang lebih sedikit pembuatnya akan memudahkan blog baru untuk tampil di halaman pertama search engine. Misalkan saja tentang ilmu yang tidak semua orang bisa. Jika kita langsung membuat artikel yang persaingannya besar misalkan dengan hasil puluhan juta pencarian pastinya akan cukup sulit.

2. Mempunyai Nilai

Nilai dalam hal ini bisa berarti manfaat. Jika sobat membuat artikel yang memiliki nilai akan lebih mudah mendapatkan rating dalam pencarian. Nilai bisa berarti informatif, menghibur, mengedukasi, menunjukkan kreatifitas dan masih banyak lainnya, yang jelas dalam hal ini adalah nilai yang positif.

3. Memiliki banyak artikel dengan tema yang sama

Jika sobat memiliki banyak artikel atau kaya artikel dengan satu tema akan memudahkan blog kalian untuk cepat menuju halaman pertama google. Hal ini karena anda terus menerus mendorongnya dengan artikel-artikel baru yang salin terkait dengan artikel sebelum dan sesudahnya. Maka dari itu konsistensi yang cukup penting dalam hal ini. 

4. Memiliki susunan paragraf yang berisi

Paragraf yang padat dan mantap akan memudahkan artikel anda dimuat lebih atas oleh google. Hal ini menunjukkan bobot daripada artikel yang sobat buat. Misalkan saja mengenai tips kesehatan, artikel yang dimuat di halaman pertama biasanya yang kaya akan isi konten dengan penyebutan menu yang banyak. Dalam pembuatan paragraf usahakan rapi dengan minimal adalah 500 kata atau lebih baik adalah 700 kata diatas. Hal ini akan memperjelas pada search engine mengenai tema apa yang ada didalam artikel tersebut.

    5. Pemilihan kata kunci yang tepat

    Cara selanjutnya untuk optimasi SEO on page adalah pilihlah kata kunci yang sering diketikkan orang pada pencarian. Jangan membuat judul yang tidak umum digunakan kebanyakan orang. Karena search engine akan menyajikan hasil yang paling relevan dengan judul yang artikel. 
    Mencari atau me riset kata kunci melihat google trend, ubersuggest atau sejenisnya untuk mencari refrensi pemilihan kata. Jika sobat adalah blogger baru silahkan untuk memilih kata kunci dengan hasil pencarian sedang. Bukan yang paling banyak hasilnya, karena akan lebih sulit bersaing, dan juga bukan yang paling sedikit hasilnya, karena akan terlalu lama untuk mendapatkan visitor.

    Atau sobat bisa juga mencari kata kunci pada penulusuran google, biasanya bagian tengah atau bawah ada tulisan ” orang juga menelusuri tentang ” nah disitu sebenarnya isinya adalah kata kunci yang sering digunakan orang untuk mencari sesuatu.
    Untuk panduan selengkkapnya sobat bisa menyimak pada materi : Cara riset kata kunci untuk artikel blog

    6. Peletakan Kata Kunci Pada Judul

    Setelah sobat tadi mendapatkan kata kunci, silahkan untuk letakkan kata kunci tersebut pada judul artikel, ini adalah hal yang paling utama karena hal yang dicari pertama dari search engine adalah judulnya. selengkapnya sobat bisa melihatnya pada materi : pembuatan judul yang seo friendly

    7. Peletakan Kata Kunci Pada Permalink

    Letakkan juga kata kunci pada permanen link blog, caranya anda bisa klik pada bilah kanan artikel, lalu bisa dilihat apakah tautan permanen artikel sobat semua sudah ada kata kuncinya atau belum. Jika belum maka klik pada menu tautan khusus lalu letakkan kata kunci yang ditargetkan. Jika ternyata sudah terlanjur di publikasikan belum juga mendapatkan kata kunci, sobat bisa menggantinya dengan panduan berikut : Cara merubah tautan permanen yang terlanjur di publikasikan

    8. Peletakan Kata Kunci Pada Paragraf Petama dan Kedua dan Akhir Paragraf

    Search engine biasanya akan membaca paragraf awal dalam melakukan perayapan hasil. Maka dari itu penting untuk meletakkan kata kunci pada paragraf awal sebuah artikel. Terkadang yang dibaca search engine adalah paragra 1 atau paragraf 2. Ini beda-beda dari setiap hasil penelusuran, coba sobat nanti lihat pada hasil penelusuran setelah publish artikel, pada cuplikan artikel yang dibaca paragraf berapa bisa disesuaikan.

    See Also

    9. Pembuatan Label Artikel

    Buatlah label sesuai dengan tema blog dan usahakan juga untuk tidak terlalu banyak melampirkan label, karena bisa merusak hasil relevan, bisa juga kita menggunakan 2 buah label, yang satu untuk menyesuaikan tata link lay out blog dan yang satunya lagi adalah menggunakan kata kunci.

    10. Pembuatan Internal Link di Artikel

    Selanjutnya untuk teknik SEO on page adalah dengan memberikan beberapa internal link menuju artikel yang lain, dengan begitu secara keseluruhan artikel sobat semua bisa saling terkait. Selain untuk memaksimalkan SEO, sobat semua juga bisa membuat visitor yang datang memungkinkan untuk membaca artikel yang lain.

    11. Pembuatan Link Keluar di Artikel

    Buatlah sebuah link menuju artikel milih blog lain atau situs ternama sesuai dengan pembahasan artikel. Ini untuk mengaitkan artikel anda dengan artikel yang sudah populer. Selain itu juga bisa menjadikan artikel sobat semuanya bisa dipercaya karena menyertakan sumber yang bagus. Jika sekiranya sobat  benar-benar membuat artikel original dan tidak terkait dengan artikel lain, gunakan saja salah satu kata untuk ditautkan pada wikipedia

    12. Mendaftarkan atau mengajukan indeks pada search console

    Teknik selanjutnya dalam cara optimasi seo on page setelah membuat sebuah artikel, sobat bisa mendaftarkan link artikel tersebut pada search console. Ini seperti halnya anda promosi atau bilang pada mesin pencarian kalau anda mempunyai dagangan baru. Untuk cara medaftar pada search console akan saya buat pada materi cara submit artikel pada search console

    13. Penambahan gambar

    Selain untuk memperjelas sebuah artikel dengan menambahkan sebuah gambar, sobat semuanya juga bisa membuatnya sebagai salah satu cara untuk optimasi seo on page, caranya adalah letakkan kata kunci dan judul lengkap pada menu propertis pada gambar tersebut. Untuk cara lengkapnya sobat bisa menyimak : cara menambahkan gambar yang seo friendly

    14. Pemilihan Template

    Template yang kita pakai juga akan sangat berpengaruh dalam hal SEO, jika sobat semuanya belum bisa desain template sendiri, sobat bisa melakukan download secara gratis atau membeli template premium. Kekurangannya jika mendownload secara gratis adalah footer dan juga html banyak link pemilik blog dan kadang ada bug yang gak karuan. Jadi saya sarankan untuk membeli template premium, jika sobat ingin membeli template seperti yang saya pakai ini bisa membeli pada mas sugeng disini beli template di mas sungeng.d

    15. Konsistensi Menulis

    Jika membuat satu sampai sepuluh artikel belum bisa ada yang muncul di halaman pertama pencarian. Silahkan saja terus menulis dan terus menulis lagi. Jika sobat sudah memiliki seratus artikel tidak mungkin jika satupun tidak ada yang menanjak. Seperti halnya dengan berdagang, semakin banyak item yang anda display kemungkinan akan ketemu dengan pembeli yang tepat pula.

    Yang namanya persaingan pasti ada yang jadi terdepan, ada yang kedua ada yang dibelakang, gak mungkin juga semua artikel yang menerapkan cara yang sama dan semuanya page one, hehe

    Sama halnya dengan artikel-artikel yang saya buat di blog ini ada yang halaman 1, 2 dan ada juga yg halaman 7 atau 8, tapi selama saya menggunakan semua cara diatas, hampir semua artikel ada di google dan mudah saya temukan keberadaannya. Kalau kita menulis asal-asalan tanpa mencoba menyesuaikan alogaritma, sudah saya coba dan hasilnya gak ketemu.

    Berikut diatas adalah beberapa langkah yang saya tempuh dalam membuat sebuah blog. Yang paling mendasari adalah keikhlasan kita untuk berbagi, maka insyaAllah efek atau dampak yang kita terima adalah sebuah kebaikan.

    Demikian materi mengenai  Cara optimasi SEO on page untuk blog baru. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa menjadikan refrensi untuk sobat semua. Dan jika ada kekurangan atau kesalahan mohon dimaafkan karena manusia tidak ada yang sempurna.

    What's Your Reaction?
    Excited
    0
    Happy
    0
    In Love
    0
    Not Sure
    0
    Silly
    0
    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Scroll To Top