Now Reading
Cara untuk Mencegah Penyakit Demensia

Cara untuk Mencegah Penyakit Demensia

Avatar

Cara untuk Mencegah Penyakit Demensia- Demensia merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat. Selain itu, penyakit demensia adalah kelainan neurologis kronis di mana kematian sel otak menyebabkan hilangnya ingatan dan penurunan kemampuan untuk berpikir. Oleh karena itu, banyak orang berpikir bahwa tidak ada cara yasti pasti untuk mencegah demensia.

Menurut seorang peneliti, sebanyak 62 persen penderita Alzheimer, dan disusul dengan demensia vaskular sebesar 17 persen, sementara demensia dengan tubuh cabul sebesar 4 persen, serta demensia frontotemporal dan Penyakit Demensia Parkinson sebesar 2 persen. Sedangkan orang yang mengalami demensia, diperkirakan bahwa orang tersebut tidak akan sembuh dari penyakit demensia.

Oleh karena itu, penyakit tersebut justru bisa bertambah parah jika seseorang tidak bisa mengendalikannya dengan baik. Namun, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dicegah. Adapun cara untuk mencegah penyakit demesia, sebagai berikut :

Cara yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegah Penyakit Demensia

Sementara dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa hampir 76 persen kasus penurunan kognitif di otak yang dapat dipengaruhi oleh gaya hidup yang buruk dan faktor lingkungan. Sementara untuk mencegah demensia dan kondisi kesehatan serius lainnya, maka sebaiknya Anda mulai mengubah gaya hidup dan melakukan cara yang telah kami tulis pada artikel ini, sebagai berikut:

Bagaimana Cara untuk Mencegah Penyakit Demensia?

Latihan Olahraga rutin

Olahraga teratur merupakan cara yang paling efektif untuk menangkal penurunan kognitif akibat demensia dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Selain iti, olahraga teratur juga dapat memperlambat kerusakan saraf lebih lanjut ke otak pada orang yang sudah mengembangkan masalah kognitif.

Sementara, apabila Anda melakukan olahraga rutin dapat melindungi Anda dari penyakit Alzheimer dengan merangsang kemampuan otak untuk mempertahankan koneksi saraf lama dan juga membuat koneksi baru. Sesi latihan yang baik harus terdiri dari berbagai latihan kardio, latihan kekuatan, dan keseimbangan atau kelenturan.

See Also

Dimana, kardio ini dapat membantu jantung memompa lebih banyak darah segar ke otak yang dapat digunakan untuk energi. Latihan kekuatan ini berguna untuk membangun massa otot untuk memompa kerja otak. Sementara latihan keseimbangan dan koordinasi dapat membantu Anda tetap gesit dan menghindari jatuh yang dapat menyebabkan cedera kepala.

Hati-hati dengan Polusi

Polusi menjadi faktor yang sulit untuk dihindari oleh manusia. Apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Namun, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghindari paparan polusi, yaitu dengan cara menghindari jalan utama dan menggunakan aplikasi untuk memantau tingkat polusi.

Pertahankan Pola Makan yang Sehat

Ada beberapa aturan makan sehat yang harus Anda jalani untuk mencegah demensia, yaitu:

  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks  seperti gandum dan biji-bijian, beras merah, kentang, jagung dan ubi jalar, protein, dan juga lemak baik seperti salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun.
  • Seementara nutrisi ini dapat mengimbangi efek negatif dari karbohidrat sederhana karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna yang memperlambat penyerapan nutrisi lain dalam makanan Anda, termasuk karbohidrat.
  • Kurangi konsumsi gula, dimana gula ini termasuk karbohidrat sederhana yang menjadi musuh utama tubuh, terutama jika Anda berusaha mencegah demensia dan Alzheimer.
  • Batasi makanan asin dan lemak trans tinggi, jika terlalu banyak garam akan meningkatkan tekanan darah Anda, yang membuat Anda berisiko terkena Penyakit Demensia jenis tertentu. Begitu juga dengan kolesterol tinggi.
[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top