Now Reading
Efek Samping Ibu Menyusui dalam Minum Obat Tertentu

Efek Samping Ibu Menyusui dalam Minum Obat Tertentu

Efek Samping Ibu Menyusui dalam Minum Obat Tertentu– Seseorang yang sedang hamil kehamilan pertama ada berhati hati-hati saat minum obat. Karena tidak semua obat yang di konsumsi itu aman. Sementara ada beberapa obat yang dilarang untuk ibu hamil. Dimana, jika obat dikonsumsi dalam dosis yang tidak tepat, maka efeknya bisa sangat berbahaya bagi kehamilan dan janin. 

Oleh karena itu, jika Anda menderita sakit saat hamil, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan. Pada umumnya konsumsi obat untuk Ibu Menyusui  hanya sekitar 1 persen dari dosis obat yang akan sampai ke bayi melalui ASI. Jadi bukan berarti ibu menyusui bisa minum obat dengan bebas. 

Sedangkan ASI merupakan susu formula terbaik untuk bayi karena memiliki kandungan berbagai zat gizi dan zat imunologi yang dibutuhkan bayi. Sebagian besar obat yang diberikan pada ibu menyusui pada umumnya tidak berpengaruh terhadap suplai ASI. 

Ada beberapa obat yang dilarang untuk dikonsumsi selama menyusui. Dimana, obat-obatan ini mungkin memiliki dampak buruk pada bayi atau dapat mempengaruhi produksi ASI. Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui sebelum mengonsumsi obat adalah berobat dengan tidak menggunakan obat terlebih dahulu. 

Misalnya memberikan kompres hangat yang menggunakan obat antipiretik, menghindari alergen yang menggunakan obat antihistamin, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan banyak minum yang menggunakan obat pencahar. Berikut ini adalah beberapa jenis obat yang dilarang untuk ibu hamil dan bisa berakibat fatal jika dikonsumsi saat hamil, termasuk:

Apa Saja Obat yang Memiliki Efek Samping Jika Dikonsumsi Oleh Ibu Menyusui?

Obat Antidepresan

Antidepresan seperti Lexapro adalah jenis obat yang dilarang untuk wanita hamil. Meskipun obat ini sangat populer diresepkan untuk mengatasi masalah. Namun, bagi ibu yang sedang hamil, obat ini bisa berdampak buruk seperti menyebabkan cacat jantung pada janin dan dapat meningkatkan risiko keguguran.

Obat Jerawat

Jerawat selama kehamilan memang tidak bisa menghindari. Karena selama kehamilan, produksi hormon androgen akan meningkat. Sementara hormon ini dapat merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak atau sebum. Dimana, sebum yang bercampur sel kulit mati yang dapat menyebabkan jerawat di wajah ibu yang sedang hamil.

Jika terlepas dari beberapa jenis obat di atas, namun terdapat kondisi tertentu yang membuat ibu menyusui membutuhkan pengobatan. Berikut beberapa penyakit dan kandungan obat yang harus dihindari ibu menyusui, di antaranya:

Ibu Menyusui yang Terkena Flu

See Also

Ibu menyusui yang terkena flu harus dapat menjaga kesehatannya selama masa menyusui untuk meminimalisir konsumsi obat. Oleh karena itu, jika ibu menyusui terkena pilek dan flu, maka hindari obat-obatan yang memiliki kandungan pseudoefedrin.

Ibu Menyusui Terkena Alergi, Asma dan Demam

Jika Anda sebagai ibu yang menyusui memiliki alergi dan demam, maka dengan mengkonsumsi obat antihistamin yang tidak membuat Anda mengantuk yang biasanya aman dikonsumsi. Akan tetapi Ibu Menyusui harus menghindari obat yang memiliki kandungan exofenadine dan cetirizine. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

[zombify_post]

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top