Now Reading
Etika Jurnalistik Dalam Pembuatan Artikel Blog, Jangan Asal Copy Paste.

Etika Jurnalistik Dalam Pembuatan Artikel Blog, Jangan Asal Copy Paste.

Idntifia.com Etika Jurnalistik dalam dunia blogger. Dalam penulisan artikel secara online ssemenjak dulu pastinya sudah banyak sekali kesamaan antara artikel satu dengan yang lainnya. Bahkan dalam beberapa kasus sama persis antara artikel satu dengan artikel yang lainnya.

Jika terdapat artikel yang sama persis bisa berarti seorang penulis/publisher atau blogger melakukan copy paste terhadap artikel yang sebelumnya.

Yang namanya copy paste memang sudah sering ditemukan dalam dunia publisher para blogger, namun sebenarnya hal itu adalah hal yang tidak diperbolehkan. Copy paste bisa saja asalkan mendapatkan izin dari pemiliknya, namun itu sangat jarang sekali, kecuali dalam 1 perusahaan berita misalkan.

Menngcopy paste artikel milik orang lain tanpa ijin merupakan sebuah kegiatan ilegal yang merugikan, karena itu termasuk kedalam pelanggaran hak cipta. Jadi, usahakan menulis artikel dengan bahasa original kalian.

Bolehkah Mengutip Artikel Dari Penulis Lain?

etika-jurnalistik-pembuatan-artikel
      Gambar : pixabay.com

Jika kamu ingin menyampaikan sesuatu hal kemudian kamu belum begitu paham atau ada bagian yang kurang maksimal, kamu bisa membuka artikel orang lain dan itu syah-syah saja. Kemudian jika kalian lebih banyak mengambil gagasan atau inti dari artikel orang lain tersebut, usahakan untuk menyertakan sumber nya dengan menuliskan alamat rujukan artikel pihak lain tersebut.

    ” Bagaimana cara menyertakan sumber yang baik? “

Untuk hal ini ada bebarapa pilihan, kamu bisa menyertakan nya langsung pada awal pembahasan misalkan dengan menuliskan berdasarkan sumber terkait kalian sebutkan sumbernya lalu melanjutkan pembahasan.

Yang kedua adalah dengan cara membelkan link di tengah artikel yaitu berupa “baca juga” kemudian kamu bisa memberikan inti bahasan kemudian letakkan backlink artikel sumber di tempat anda mempelajari artikel tadi.

Yang ketiga adalah dengan menuliskannya pada akhir paragraf yang sudah kamu buat seperti ” sumber : . . . . . . . ) pada titik-titik tersebut isikan link sumber artikel.

See Also

Bolehkan mencopy semua artikel lalu menyertakan sumbernya?

Ini yang seringkali terjadi, melihat artikel nya sama persis dan ada sumber link pada artikel yang lebih baru. Ini adalah hal yang dilarang karena masuknya adalah artikel plagiat. Kecuali memang pemilik situsnya masih sama, misalkan saja masih satu perusahaan berita, biasanya akan ada artikel yang sama pada domain dan subdomain mereka.

Namun jika anda melakukan nya pada artikel orang lain yang tidak anda kenal sama sekali, ini adalah sebuah pelanggaran meskipun anda menyertakan linknya.

Hal ini bisa merugikan penulis asli misalkan saja kalian bisa mendapatkan penghasilan dari artikel tersebut, artinya kalian hanya memanfaatkan hasil kerja orang lain untuk menghasilkan uang untuk anda sendiri.

Hal merugikan selanjutnya adalah jika yang melakukan copypaste justru malah lebih tranding daripada pembuat aslinya. Ini biasanya terjadi pada blogger lama yang justru copy paste dari artikel blogger baru, bisa jadi hasil copy paste itu malah lebih tinggi ketimbang yang asli.

Bagaimana dengan mengutip atau menggunakan gambar orang lain?

Menggunakan sebuah gambar pada blog sama dengan menggunakan artikel tadi, sebenarnya memang lebih baik jika memiliki gambar sendiri, bisa dari hasil foto, maupun hasil dari desain sendiri, namun tidak semua blogger bisa melakukan hal itu dengan mudah.
Solusi pertama anda bisa menggunakan gambar yang bebas hak cipta. Banyak situs-situs yang menyediakan gambar bebas hak cipta yang bisa anda download dan anda gunakan kembali situs-situs tersebut seperti pixabat, pixeles, freepik dan situs-situs sejenis.
Solusi yang ketiga, kamu bisa langsung melakukan pencarian pada google penelusuran. Ketikkan saja gambar yang akan kamu cari, jika sudah muncul semua gambar, kalian klik pada menu penelusuran, kemudian pilih penelusuran lanjutan, lalu setelah itu pada hak penggunaan, kalian aktifkan opsi bebas digunakan dan dibagikan, dengan begitu gambar yang muncul dari hasil google penelusuran akan difilter dan ditampilkan yang bebas digunakan saja.
Solusi yang ke empat misalkan kalian terpaksa harus mengambil gambar berhak cipta dari orang lain dan gambar itu cuma ada satu-satunya misalkan gambar peristiwa atau berita, kamu harus menyertakan sumber gambar tersebut, jika tidak anda bisa saja kena teguran hak cipta.

Apakah akibat dari sebuah blog yang melakukan copy paste?

Perilaku copy paste ini selain merugikan pembuat asli yang anda copy juga bisa berdampak pada blog yang anda punya, ada beberapa akibat buruk akibat mencopy artikel orang lain secara ilegal dan anda paste sekaligus publish pada blog kamu.
Dampak yang pertama adalah blog anda bisa di banned oleh pihak google apabila ada yang mereport atau melaporkannya, jadi semuanya bakalan sia-sia juga.
Dampak yang kedua blog anda akan jelek dimata google, yang pasti tidak akan bisa dilakukan monetisasi, khususnya jika anda ingin mengajukannya pada google adsense.
Dampak yang lain adalah blog anda akan dianggap blog plagiat oleh banyak orang yang mengetahui jika anda sudah melakukan copy paste secara ilegal.

Bagaimana Jika Melakukan Spin Artikel Atau editing artikel yang dicopy ?

Sebenarnya meskipun kalian melakukan editing atau melakukan spin dengan tools tolls tertentu, misalkan saja bisa lolos cek plagiat, artikel kalian tidak akan user friendly, karena banyak kata-kata yang dirubah menjadi kata-kata yang tidak jelas untuk menyamarkan atau mengelabui plagiarisme.
Jika terpaksanya kalian ingin mencopy usahakan point-point pentingnya saja, jadi untuk paragraf penjelasannya bisa kalian gunakan paragraf penjelasan dengan bahasa kalian sendiri.
Jika anda ingin sukses dalam dunia blogger dan jurnalistik anda harus perhatikan hal ini benar-benar, jangan berusaha untuk melakukan hal-hal instan agar memiliki artikel yang banyak. Bahkan jauh lebih baik meskipun artikel kalian hanya sedikit namun semuanya adalah artikel yang original.

Tips agar bisa menciptakan banyak artikel original

Jika kamu ingin membuat banyak artikel yang original usahakan kalian menulis atau membuat sebuah blog yang memiliki niche sesuai dengan pashion kalian. Misalkan kalian banyak tahu tentang dunia game, usahakan untuk membuat blog mengenai game lalu tumpahkan semua pengetahuan anda dan pashion anda pada artikel-artikel yang anda buat.
Tips yang selanjutnya tentunya dengan anda menambah pengetahuan anda, misalkan saja banyak membaca buku. Membaca buku bisa menjadi sumber yang bagus untuk anda bisa menulis secara original apalagi jika buku yang anda baca adalah buku premium yang tidak dibagikan pada banyak orang.
Solusi selanjutnya agar anda bisa membuat banyak artikel original adalah dengan anda banyak mendengar dan menonton video entah di youtube, atau di televisi, dengan begitu pegetahuan kamu akan lebih meningkat.
Tips unik berikutnya adalah anda sering melakukan diskusi dan sharing pada orang lain, dengan begitu anda bisa mendapatkan banyak asupan materi yang bisa anda sampaikan dengan artikel yang original, bisa juga dengan anda memperluas pergaulan anda, maka kamu bisa menambah lebih banyak lagi pengetahuan yang bisa kalian tulis dan bagikan pada blog yang kalian buat.
Demikian mengenai Etika Jurnalistik Dalam Pembuatan Artikel Blog, Jangan Asal Copy Paste. Intinya jika anda ingin sukses dan selamat, usahakan untuk melewati semua proses dengan benar. Semoga bisa memberikan manfaat dan terima kasih
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top