Now Reading
Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Kanker

Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Kanker

Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit Kanker- Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian secara ilmiah baik di dalam maupun luar negeri, ternyata penyakit kanker sangat dipengaruhi oleh gaya hidup. Bahkan faktor ini lebih berpengaruh daripada faktor genetik. Sementara pada faktanya, dalam kasus kanker payudara saja, hanya 5% sampai 10% penderita kanker payudara yang disebabkan oleh faktor genetik.

Menurut informasi tentang pentingnya hidup sehat dan menghindari faktor risiko penyebab penyakit kanker perlu disampaikan kepada masyarakat. Hal ini diharapkan dapat memacu masyarakat untuk memilih gaya hidup sehat, seperti tidak merokok, gizi seimbang, aktivitas fisik, dan tidak mengonsumsi alkohol.

Sedangkan pencegahan kanker juga bisa dilakukan dengan menghindari faktor risiko, seperti menghindari paparan asap rokok, polusi, sinar UV, konsumsi alkohol, dan pola makan rendah serat. Selain itu, menjaga agar fisik tetap aktif juga penting dalam upaya pencegahan penyakit kanker.

Serta, melakukan vaksinasi untuk mencegah risiko kanker akibat infeksi virus. Setiap orang bisa mengambil langkah untuk mengurangi risiko kanker. Dimana, kanker merupakan salah satu penyakit yang menempati urutan 10 besar penyebab kematian sehingga pencegahan kanker sangat penting dan bisa dimulai hanya dengan melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Menurutnya seorang peneliti, gejala kanker dapat terjadi karena faktor yang berbeda-beda, dan tergantung lokasi di mana kanker itu ditemukan. Namun, ada beberapa tanda dan gejala utama, salah satu gejalanya adalah benjolan yang muncul dan tidak menimbulkan rasa sakit dan ukurannya bisa membesar seiring dengan pertumbuhan kanker. Adapun gaya hidup sehat untuk mencegah kanker, sebagai berikut :

 

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Kanker?

 

Konsumsi Buah dan Sayur Secara Teratur Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 di sebuah rumah sakit telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi sayur dan buah dapat menghindarkan Anda dari penyakit mematikan ini. Karena sayur dan buah memiliki kandungan potensi zat antikarsinogenik seperti karotenoid, vitamin C, vitamin E, dihtiolthiones, isoflavon, dan isothiocyanate. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit kanker maka Anda harus rajin mengonsumsi buah dan sayur.

See Also

Kurangi Konsumsi Lemak dan Gula

Mengkonsumsi gula dan lemak secara berlebihan akan menambah berat badan dan obesitas yang dapat mengundang penyakit kanker, terutama jika Anda mengidap diabetes. Hal ini terjadi karena kadar insulin yang tinggi dapat merangsang pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, untuk mencegah dan mengurangi resiko kanker, Anda harus mengurangi untuk mengkonsumsi lemak dan gula.

Berhenti Makan Makanan Pengawet

Dengan mengkonsumsi makanan pengawet akan menimbulkan gejala penyakit kanker. Karena makanan yang diawetkan sering terpapar amina heterosilat selama pemrosesan, hal ini merupakan senyawa yang menjadi pemicu kanker.

Berhenti Merokok

Meskipun merokok yang memiliki efek secara langsung terhadap kanker masih diperdebatkan, namun pada faktanya banyak penderita kanker yang merupakan perokok aktif, bahkan wanita yang hanya terpapar asap rokok. Oleh karena itu, untuk menghindari gejala kanker, maka di anjurkan untuk menghindari rokok.

Kurangi Konsumsi Daging Merah Bakar

Amina heterosilat juga ditemukan pada daging dan ikan yang dimasak pada suhu tinggi, digoreng, atau dipanggang. Karena, dengan proses pemasakan yang lama sangat mempengaruhi munculnya senyawa pemicu terhadap kanker. Oleh karena itu, lebih baik Anda makan daging yang dimasak dengan kematangan yang pas. Itulah beberapa gaya hidup sehat berdasarkan penelitian secara ilmiah yang wajib Anda terapkan agar terhindar dari penyakit kanker.

[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top