Now Reading
7 jenis Makanan untuk Mengatasi Usus Buntu

7 jenis Makanan untuk Mengatasi Usus Buntu

Avatar
jenis Makanan

Jenis-jenis Makanan untuk Mengatasi Usus Buntu Di jaman sekarang ini, ada begitu banyak jenis makanan yang menggugah selera yang pastinya akan lahap jika kita memakannya.

jenis Makanan
Jenis Makanan untuk Mengatasi Usus Buntu

Saking banyaknya jenis makanan yang ada di Indonesia ini, terkadang kita lupa untuk mengkontrol kesehatan tubuh. Salah satu jenis penyakit yang kerap mampir di tubuh kita ialah usus buntu.

Usus buntu ialah penyumbatan pada usus atau bisa dikatakan peradangan pada usus buntu yang disebabkan karena infeksi dari bakteri, nah bakteri inilah sumbernya dari makanan yang kita makanan.

Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga makanan yang kita makan.  Usus buntu bisa terjadi pada siapapun tetapi kebanyakan dari rentang usia 10 hingga 30 th. Anak-anak juga bisa terjangkit penyakit usus buntu dikarenakan usia anak-anak kerap sering kali memakanan makanan yang tidak terkontrol kehigienisannya.

Tanda-tanda jika seseorang mengalami usus buntu ialah sakit perut di bawah pusar hingga ke bagian kanan, tidak nafsu makan, mual hingga tidak bisa mengeluarkan gas (kentut).

Jika mengalami gejala tersebut alangkah baiknya untuk segera di periksakan ke dokter terdekat. Karena apabila usus buntu tersebut membengkak hingga pecah, mengeluarkan nanah hingga usus tersumbat total maka akan berdampak pada nyawa seseorang. Adapun jenis-jenis makanan yang dapat mengatasi usus buntu ialah:

Apa Saja jenis makanan yang dapat mengatasi usus buntu?

Makanan protein

Mengatasi Usus Buntu
Jenis Makanan untuk Mengatasi Usus Buntu

Makanan berprotein ini sangat baik di konsumsi bagi penderita usus buntu dikarenakan protein itu sendiri manfaatnya ialah untuk menumbuhkan sel dan jaringan baru sehingga akan bagus untuk peradangan usus datang kembali. Makanan protein ini bisa ditemukan di tahu, tempe, daging, ayam, telur.

Sayur-sayuran

Jenis Makanan untuk Mengatasi Usus Buntu

Sayur- sayuran juga diperlukan untuk penderita usus buntu. Namun sayur-sayuran disini carilah sayuran yang rendah serat seperti labu kuning, terong, kentang dan wortel. Namun dalam mengkonsumsinya agar di rebus atau di kukus terlebih dahulu agar mudah dalam mencernanya dan juga mudah di serap oleh usus.

Buah-buahan

Jenis Makanan untuk Mengatasi Usus Buntu

Adapun buah-buahan juga sangat penting bagi penderita usus buntu. Adapun buah-buahan yang bagus untuk usus buntu ialah pisang dan melon. Dimana kedua buah tersebut sangat rendah serat sehingga memudahkan untuk pencernaan di ususnya.

Yoghurt

Jenis Makanan untuk Mengatasi Usus Buntu

Yoghourt juga sangat baik dikonsumsi bagi pemulihan pasca operasi usus buntu karena yoghurt mengandung nutrisi yang sangat baik untuk usus kita. Dalam mengkonsumsinya, minumlah perlahan dan jangan tergesa-gesa untuk menjaga kestabilan usus.

See Also

Usus buntu ini juga memiliki pantangan makanan yang wajib dihindari salah satunya ialah :

Makanan tinggi serat

Jenis Makanan untuk Mengatasi Usus Buntu

Contoh-contoh makanan berserat yaitu jagung, kacang-kacangan, brokoli dan lain sebagainya. Dikarenakan jika dikonsumsi penderita usus buntu akan susah untuk dicernanya sehingga menyebabkan infeksi semakin tinggi.

Makanan tinggi lemak

Jenis Makanan untuk Mengatasi Usus Buntu

Makanan tinggi lemak juga tidak disarankan penderita usus buntu dikarenakan lemak pada makanan akan mudah menempel pada usus sehingga menyebabkan penyumbatan atau peradangan akan kambuh kembali. Serta makanan tinggi gula dan pedas

Kedua jenis makanan diatas juga sangat perlu dihindari untuk menjaga kestabilan usus kita.

Demikian jenis-jenis makanan yang perlu dihindari maupun makanan yang perlu dikonsumsi. Semoga kita semua terhindar dari penyakit usus buntu, amiin. Terimakasih atas kunjungan di artikel ini, semoga membantu dan sampai jumpa pada artikel-artikel lain…

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll To Top