Now Reading
Jenis Produk Berbahan Kimia yang Memiliki Efek Samping

Jenis Produk Berbahan Kimia yang Memiliki Efek Samping

Jenis Produk Berbahan Kimia yang Memiliki Efek Samping

Setiap orang pasti memiliki produk perawatan kulit yang memiliki keandalan masing – masing, terutama bagi seorang wanita. Dimana, produk yang mereka gunakan untuk perawatanya adalah produk skin care. Sementara produk skin care merupakan salah satu produk kecantikan yang digunakan oleh sebagian wanita untuk melakukan perawatan kulit.

Namun, tidak semua produk skin care memiliki efek yang positif pada kulit. Karena pada faktanya, produk skin care memiliki beberapa jenis produk yang memiliki banyak bahan kimia dan memiliki kandungan bahan merkuri, sehingga banyak yang beranggapan bahwa produk skin care ini tidak selamanya baik untuk digunakan. Berikut adalah Jenis Produk Berbahan Kimia, meliputi :

Produk Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Produk Sodium Lauryl Sulfate (SLS) merupakan produk yang memiliki bahan kimia yang dapat digunakan sebagai bahan pembusa dan pembersih dalam produk bilas. Seperti sampo dan krim cukur. Oleh karena itu, Anda perlu mewaspadai penggunaan produk ini karena zat ini bisa mengiritasi kulit. 

Produk Wewangian

Produk Wewangian adalah produk yang memiliki bahan kimia. Dimana, produk ini pernah ditemukan dalam kosmetik dan pada beberapa produk seperti alas bedak, lipstik, esens wangi seperti bunga, buah atau coklat. Sementara wewangian dalam kosmetik adalah penyebab umum iritasi dan reaksi alergi pada kulit, ladies.

Apa Saja Jenis Produk Berbahan Kimia yang Memiliki Efek Samping ?

Produk Hydroquinone

Produk Hydroquinone merupakan zat pereduksi yang mudah larut dalam air. Dimana, Produk Hydroquinone merupakan jenis kosmetik yang memiliki kandungan hydroquinone yang akan menumpuk di kulit dan dapat menyebabkan mutasi dan kerusakan DNA. Sementara Zat yang terdapat pada Produk Hydroquinone sebaiknya tidak digunakan pada kulit dan rambut, karena produk ini hanya dapat digunakan sebagai pengeras kuku. 

Sementara kemampuan hydroquinone dapat menghambat pembentukan melanin atau zat pigmen kulit, membuat bahan ini sering disalahgunakan sebagai bahan pencerah kulit yang populer. Sedangkan produk ini memiliki efek samping yang dapat terjadi saat terkena paparan hydroquinone pada kulit seperti iritasi, kemerahan, dan kulit terasa seperti terbakar. 

See Also
jenis Makanan

Oleh karena itu, efek ini akan langsung terasa setelah penggunaan hydroquinone konsentrasi tinggi. Sementara penggunaan hidrokuinon akan berpotensi menyebabkan leukoderma kontak dan ocronosis eksogen atau biasa disebut perubahan warna kulit.

Produk Oxybenzone

Oxybenzone merupakan salah satu produk yang memiliki bahan kimia dan dapat berisiko tinggi yang dapat ditemukan beberapa produk lainnya. Hal ini memiliki fungsi seperti hormon estrogen dalam tubuh, dan dapat mengubah produksi sperma pada hewan dan dikaitkan dengan endometriosis pada wanita. 

Sedangkan menurut seorang peneliti menunjukkan bahwa oksibenzon dan metabolitnya dapat mengganggu sistem hormon. Hal ini merupakan salah satu solusi yang dapat lakukan untuk memilih produk dengan zinc oxide atau titanium oxide atau avobenzene sebagai gantinya.

Asam Retinoat

Asam retinoat merupakan salah satu Jenis Produk Berbahan Kimia yang memiliki bahan kimia yang terdapat pada kosmetik dan dapat berbahaya. Hal ini merupakan turunan dari kandungan vitamin A dan sering disebut sebagai tretinoin. 

[zombify_post]
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top