Now Reading
5 Kandungan Berbahaya Skincare yang Sering Ditemui

5 Kandungan Berbahaya Skincare yang Sering Ditemui

Kandungan Berbahaya Skincare

Produk kecantikan memang tidak bisa lepas dari zat kimia yang bisa menjadi kandungan berbahaya skincare yang biasa kita pakai. Apalagi jika kita memakai produknya dalam jangka waktu lama dan dosis yang berlebihan. Tentu itu sangat tidak baik untuk kesehatan kulit kita. Jadi sebaiknya hindari skincare dengan bahan-bahan berbahaya yang sering ditemui berikut ini.

Parabens

Kandungan Berbahaya Skincare
Kandungan Berbahaya Skincare

Parabens memang sangat umum digunakan untuk produk kecantikan seperti makeup hingga skincare. Parabens biasanya paling sering ditemukan pada produk face cleanser, body wash, body lotion, foundation dan sampo. 

Kandungan dalam paraben masih ada kaitannya dengan kanker payudara, kulit, reproduksi hingga sistem endokrin. Selain itu, parabens juga bisa menimbulkan alergi, dermatitis dan kemerahan pada kulit. 

Phthalates

Kandungan Berbahaya Skincare
Kandungan Berbahaya Skincare

Kandungan berbahaya skincare selanjutnya yaitu Phthalates. Phthalates merupakan bahan kimia yang sering digunakan untuk melembutkan dan meningkatkan fleksibilitas plastik dalam kosmetik yang biasanya terkandung dalam deodoran, lotion dan hair spray.

Kandungan ini sangat berbahaya bagi anak-anak dan bisa menyebabkan cacat lahir. Selain itu, kandungan phthalates dalam skincare juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan endokrin. 

Phenoxyethanol

Kandungan Berbahaya Skincare

Phenoxyethanol adalah zat antiseptik yang sering ditemui pada berbagai macam kosmetik. Kandungan yang satu ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan  arabens, yaitu sebagai bahan pengawet. Sehingga, jika kulit terpapar zat ini terlalu banyak, akan berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Selain itu, kandungan phenoxyethanol juga bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit wajah.

Fragrance

Fragrance atau parfum adalah kandungan berbahaya skincare yang sebaiknya dihindari. Fragrance bisa menyebabkan sakit kepala, alergi, asma, gangguan pernapasan hingga merusak sistem reproduksi. Parahnya lagi, kandungan ini bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Produk-produk yang mengandung fragrance biasanya produk moisturizer, hand cream dan beberapa produk perawatan rambut.

See Also

Sodium lauryl sulfate

Produk yang mengandung sodium lauryl sulfate yaitu sampo, sabun mandi, obat kumur, alas bedak dan sabun muka. Kandungan ini dapat menyebabkan iritasi kulit, sariawan, gangguan keseimbangan minyak alami kulit hingga kerusakan mata. Kandungan ini pun dapat memicu timbulnya jerawat di sekitar mulut dan dagu.

Selain itu, kandungan sodium lauryl sulfate juga dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, kering, mengelupas dan menjadi sensitif. Produk yang mengandung sodium lauryl sulfate biasanya memiliki busa lebih banyak.

BHT

Bahan berbahaya yang perlu kamu hindari saat membeli skincare yaitu BHT. BHT yang merupakan antioksidan sintetis dapat menyebabkan gangguan hormon dan kerusakan hati. Jika fungsi utama hati tidak berfungsi dengan normal, makan organ-organ lain pun menjadi ikut terganggu. Kandungan BHT biasanya paling sering ditemukan pada lipstik, moisturizer dan diaper cream.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan tentang kandungan berbahaya skincare dengan penjelasan di atas. Jadi, sebaiknya kamu menghindari untuk membeli produk dengan kandungan bahan kimia tersebut ya. Terima kasih telah membaca semoga dapat bermanfaat!

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

Scroll To Top